Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

LG K42, Smartphone Tahan Banting MIL-STD-810G Rp2 Jutaan

0 7.148

Meski sedang dilanda kabar yang kurang menyenangkan, LG masih merilis smartphone baru di awal tahun 2021 ini. Walau sudah lama absen di Indonesia, LG India masih tetap rilis produk baru. Kali ini, LG K42 diperkenalkan sebagai opsi smartphone tahan banting paling murah dari LG.

Sejatinya smartphone ini sudah diperkenalkan pertama kali sejak September 2020 lalu. Namun baru di awal 2021, LG memutuskan untuk hadirkan LG K42 di India. Berbeda dengan smartphone kelas entri kebanyakan yang cenderung punya daya tahan mendasar, smartphone kelas entri dari perusahaan asal Korea Selatan ini punya eksterior yang terlihat tangguh.

Tidak hanya secara tampilan, LG K42 memang didesain sebagai smartphone luar ruangan. Smartphone ini sudah mengantongi sertifikasi MIL-STD 810G, yang terdiri dari serangkaian uji pengetesan seperti temperature, getaran hingga shock proof. Selain itu, bodi belakangnya diberi lapisan UV coating agar lebih nyaman dan tidak licin saat digenggam.
Baca juga: Laptop LG Gram (2021) Punya Bobot 1 Kilogram, Daya Baterai Hampir 20 Jam

Spesifikasi LG K42

LG K42

Untuk berikan rasa aman bagi konsumen, LG juga berikan masa garansi selama dua tahun, alias lebih lama satu tahun dari produk smartphone biasa. Tak hanya itu, konsumen juga dibebaskan dari biaya pergantian layar satu kali, bila memang terjatuh dan pecah.

Spesifikasinya tergolong standar untuk sebuah smartphone kelas entri. Layar depan LG K42 sudah mengusung desain punch-hole untuk peletakan kamera depannya, dengan resolusi HD+ dan dimensi 6,6 inci. Bezel di sekelilingnya memang terlihat sedikit tebal, namun hal tersebut mungkin ditujukan agar layar lebih aman saat terjatuh.

Di bagian depan, disematkan kamera 8MP untuk keperluan swafoto. Sementara di belakang terdapat setup empat kamera lengkap. Dengan sensor utama 13MP, super wide-angle 5MP, dan dua sensor 2MP untuk macro serta depth sensor, di mana pengguna bisa mengatur simulasi efek potret saat sedang menjepret secara real time.

Dapur pacunya tergolong standar dan tidak gunakan varian chipset gaming dari MediaTek, alias menggunakan Helio P22 octa-core dengan RAM 3GB dan penyimpanan internal 64GB. Kapasitas tersebut masih bisa ditambahkan dengan kartu microSD hingga kapasitas 256GB.

Dan seperti smartphone LG terbaru lainnya, LG K42 juga dilengkapi dengan tombol pintasan khusus untuk akses Google Assistant. Tombol tersebut juga bisa dialih fungsikan untuk akses fitur walkie-talkie. Sementara di sisi samping lainnya, terdapat tombol power yang juga menjadi sensor sidik jari.

Meski dibuat tangguh, LG masih sediakan clear case dalam paket penjualannya. Sementara kapasitas baterainya pun bukan yang terbesar di kelasnya, ‘hanya’ 4,000 mAh tanpa dukungan fast charging. Setidaknya, pengisian daya cukup fleksibel karena sudah pakai port USB-C.

Harga LG K42 di India

LG K42

Hadir resmi di India, LG K42 hadir dalam dua opsi warna yaitu hijau dan abu-abu. LG menjualnya secara daring lewat situs e-dagang Flipkart. Harganya sendiri tergolong murah, hanya INR10,900 atau sekitar Rp2,1 jutaan saja.

Sangat sulit untuk menemukan smartphone dengan sertifikasi militer pada rentang harga yang sama, sehingga LG K42 hadir dengan diferensiasi yang cukup kuat bila dibandingkan dengan smartphone lain. Meski sedang dilanda rumor yang kurang mengenakkan, di mana santer kabar bila CEO dari LG sedang mempertimbangkan untuk melepas divisi mobile dan sedang bernegosiasi dengan pihak ketiga.