Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

LG Q52, Smartphone Mid-Range dengan Standar MIL-STD-810G

0 4.684

Perusahaan elektronik asal Korea Selatan yang sudah stop merilis smartphone di Tanah Air, LG baru saja hadirkan produk baru di negara asalnya. Bukan flagship, melainkan lini kelas menengah, dengan spesifikasi yang cukup pas-pasan. LG Q52 hadir sebagai penerus generasi sebelumnya, Q51 yang rilis Februari lalu.

Smartphone ini hadir dengan pembaruan desain. Bila seri sebelumnya miliki desain kamera horizontal, kali ini modul kamera utamanya sudah dibuat kekinian dengan peletakan persegi di bagian kiri atas. Sementara tampilan depannya juga sudah mengusung desain kamera punch-hole, diletakkan di tengah. Dengan sensor sidik jari menyatu di samping, bersama tombol power.

Baca juga: LG Wing Hadir dengan Layar Putar & Kamera Gimbal

Spesifikasi LG Q52

LG Q52

Gunakan material plastik polikarbonat, bodi belakangnya diberikan lapisan tambahan agar bebas dari bekas sidik jari. Dan meski bukan termasuk flagship, LG Q52 sudah mengantongi standar MIL-STD-810G alias tahan banting dan suhu ekstrim, sebuah standar yang sepertinya menjadi ciri khas smartphone LG saat ini.

Di bagian depan, terdapat bentang layar luas 6,6 inci, dengan resolusi yang hanya HD+. Panel IPS tersebut miliki bezel yang sedikit tebal di keempat sisinya. Sementara kamera punch-hole di bagian atas tengah beresolusi 13MP untuk keperluan swafoto maupun panggilan video.

Lalu di bagian belakang, terdapat empat sensor kamera yang cukup lengkap. Sensor utamanya beresolusi 48MP f/1.8, sementara di sampingnya ada sensor 8MP ultra wide-angle untuk pengambilan foto dengan sudut pandang lebar. Dua lainnya adalah sensor 2MP, masing-masing untuk foto makro serta depth sensor.

Pada sektor performanya, LG Q52 membawa peningkatan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan seri sebelumnya. Meningkat dari Helio P22, smartphone LG terbaru ini mengusung chipset Helio P35 dari MediaTek. Meski chipset tersebut terhitung lawas, masih ada juga brand smartphone lain yang menggunakannya, sebut saja OPPO A15 yang juga baru rilis awal Oktober lalu.

Cip tersebut dipasangkan dengan RAM 4GB serta penyimpanan internal 64GB, tentunya masih bisa ditambah dengan kartu microSD. Sementara baterainya berkapasitas 4,000 mAh, bukan yang terbesar, namun juga tidak kecil. Pada sektor software, LG sudah benamkan sistem operasi Android 10.

Selain sertifikasi militer, bagian konektivitas juga cukup lengkap. Sudah gunakan port USB-C dan mendukung dual SIM 4G, LG Q52 dilengkapi sensor NFC. Mungkin sensor tersebut cukup penting dihadirkan di Korea, untuk beragam keperluan termasuk metode pembayaran digital.

Harga LG Q52

LG Q52

LG Q52 dirilis dalam dua warna yaitu Silky White dan Silky Red, sudah mulai dijual di Korea Selatan dengan harga KRW330,000 atau Rp4,2 jutaan. Belum ada informasi apakah bakal menyusul ke negara lainnya atau tidak.

Yang pasti, bila LG masih produksi smartphone di Indonesia dan merilis smartphone ini dengan harga tersebut, sudah pasti akan kalah bersaing dengan brand lainnya yang mampu tawarkan spesifikasi lebih tinggi. Kecuali konsumen benar-benar membutuhkan sertifikasi MIL-STD-810G (yang mungkin bisa diakali dengan penggunaan case tambahan).