Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Huawei Band 4e, Smartband Rp300 Ribuan Khusus Pesepeda

0 4.184

Dinamakan sebagai activity tracker, perangkat seperti smartband maupun smartwatch memiliki peran multifungsi, untuk tingkatkan aktivitas penggunanya sehari-hari. Jenisnya sendiri macam-macam, ada yang fokus untuk berenang, ada yang didesain stylish dengan fitur basic dan lainnya. Huawei lewat perangkat barunya, Huawei Band 4e mencoba berikan alternatif untuk pesepeda dan pemain basket.

Huawei sendiri, selain rilis smartphone dan laptop, juga telah hadirkan berbagai macam perangkat wearables bagi konsumen. Mulai dari Watch GT2e, sampai kacamata pintar Huawei Gentle Monster Eyewear II yang sudah kami ulas sebelumnya. Nah, Huawei Band 4e mungkin bukan yang paling lengkap secara sensor, tapi tetap hadir sebagai perangkat multifungsi.

Secara eksterior, Huawei Band 4e adalah sebuah smartband yang tampilannya biasa saja, alias mirip dengan banyak kompetitor. Yang cukup menarik adalah opsi warnanya yaitu Mineral Red dan Graphite Black. Yang berbeda dan tidak ditawarkan oleh smartband lain, adalah bagaimana cara mengenakan perangkat ini.

Baca juga: Huawei Mate40 Pro Hadir di Indonesia, Flagship dengan Kamera 50MP

Spesifikasi Huawei Band 4e

Huawei Band 4e

Saat digunakan di pergelangan tangan, Huawei Band 4e dapat digunakan untuk mencatat data informasi sehari-hari seperti step tracker dan sleep tracker. Nah, modulnya bisa dilepas dari bagian strap silikon, lalu dipasangkan ke buckle khusus. Untuk apa? Untuk dipasangkan ke sepatu penggunanya.

Ini adalah pembeda yang menarik ditawarkan oleh Huawei Band 4e. Dengan dipasangkan ke bagian tali sepatu, perangkat ini bisa mencatat informasi data saat bersepeda dan saat bermain basket dengan lebih presisi. Di dalamnya, terdapat 6-axis motion sensor yang bisa mengukur 9 informasi lari, seperti pola langkah, bagaimana sepatu mendarat ke permukaan aspal, cadence dan lainnya.

Dipasangkan dengan aplikasi Huawei Health yang bisa sajikan informasi mendetil, hasil kolaborasi bersama lembaga riset profesional, CISS (China Institute of Sport Science). Dari statistik yang ditampilkan, pengguna bisa meminimalisir risiko celaka saat berolahraga. Dengan sertifikasi tahan air 5ATM (50m), perangkat ini juga aman saat digunakan untuk berenang sampai berselancar.

Tanpa strap, bobotnya hanya 6 gram saja, sehingga tidak membebani langkah saat dipasangkan di atas sepatu. Layarnya sendiri berdimensi 0,5 inci PMOLED, mendukung input sentuh. Sensornya memang hanya dua, akselerometer serta giroskop. Huawei menyarankan untuk menggunakan perangkat ini bersama wearable lainnya untuk lengkapi informasi seperti denyut jantung di Huawei Health.

Perangkat ini bisa disambungkan baik ke Android (versi 4.4 ke atas) dan iOS (9 ke atas). Selain fitur olahraganya yang lengkap, juga ada pengingat untuk berdiri maupun bergerak, fungsi alarm, notifikasi pesan dan panggilan serta fitur untuk membunyikan smartphone.

Harga Huawei Band 4e

Huawei Band 4e

Ingin membeli perangkat wearable terbaru dari Huawei yang satu ini? Penjualan perdana Huawei Band 4e bakal diadakan secara eksklusif di Shopee, diadakan pada periode 1 – 14 Februari 2021. Harga resminya Rp349 ribu, namun hingga 7 Februari 2021 bakal diadakan flash sale dengan cashback Rp100 ribu.

Selain promo cashback, Huawei juga bakal menyediakan perangkat ini dalam bentuk bundling khusus menyambut Valentine’s Day. Dengan harga Rp499 ribu, konsumen bisa mendapatkan dua unit Huawei Band 4e, masing-masing dalam warna merah dan hitam.