Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

LG Q92 5G Dirilis, Alternatif Lebih Murah dengan Snapdragon 765G

0 5.777

Sejak dirilisnya LG Velvet, LG telah mengumumkan jika mereka akan menggunakan bahasa desain baru untuk produk-produknya di masa mendatang. Desain simetris, kamera raindrop tanpa tonjolan yang masif, berbeda dengan kebanyakan smartphone masa kini. Juga penggunaan material kaca yang dirancang lebih elegan, tak seperti generasi-generasi sebelumnya.

Setelah sukses merilis LG Velvet, pabrikan asal Korea Selatan ini telah meluncurkan sebuah alternatif smartphone 5G yang lebih murah. Diberi nama LG Q92 5G, ini adalah yang pertama kalinya pada seri Q yang mendukung konektivitas masa depan tersebut. Desainnya pun dibuat mirip dengan Velvet, ditambah sedikit penyesuaian mengingat harga lebih terjangkau.

Baca juga: Pabrik LG Cibitung di Indonesia Jadi Pusat Produksi TV Asia & Australia

Keunggulan LG Q92 5G

LG Q92 5GMeski lebih murah, LG tetap tidak mengurangi proteksi pada smartphone ini. LG Q92 5G tetap mengantongi sertifikasi MIL-STD 810G, dan masih ditambah dengan sertifikasi IP68 agar tahan air serta debu. Setup kameranya juga dirancang mirip, dengan dua kamera yang sedikit menonjol, sementara dua sensor lainnya rata dengan bodi dan lampu kilat.

Tidak ditemukan sensor sidik jari di belakang, karena LG menyematkannya di sisi kanan smartphone, menyatu dengan tombol power. Hal ini dikarenakan jenis panelnya yang ‘turun’ ke IPS LCD. Dimensinya sendiri cukup besar di 6,67 inci, beresolusi full HD+. Di bagian tengah atas, terdapat kamera punch-hole beresolusi tinggi 32MP.

Ketebalan bezel atas dan bawah, serta desain layarnya yang flat sedikit mengingatkan kita terhadap seri pendahulunya, LG Q6 yang sempat rilis resmi di Indonesia. Bedanya, dulu LG Q6 hadir sebagai alternatif smartphone kompak berlayar 5,5 inci, sementara LG Q92 5G punya layar jauh lebih luas.

Tidak menggunakan chipset yang lebih murah seperti MediaTek, LG Q92 5G tetap ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 765G, dipadukan dengan RAM 6GB. Sementara kapasitas baterainya berada di 4,000 mAh, dan sudah mendukung fast charging 15 watt. Smartphone ini bakal menjalankan Android 10 dengan tampilan antarmuka LG UX 9.

Untuk kebutuhan fotografi, dua sensor kamera besar yang ada di belakang, masing-masing beresolusi 48MP (wide) serta 8MP (ultra wide-angle). Sementara dua sensor lainnya yang berukuran lebih kecil adalah depth sensor 5MP dan macro sensor 2MP.

Smartphone yang memiliki ketebalan 8,5mm dengan bobot 193 gram ini juga sudah memiliki sensor NFC untuk metode pembayaran digital. Sementara untuk menunjang konsumsi konten multimedia, disiapkan setup speaker stereo.

Harga LG Q92 5G

LG Q92 5G

Diperkenalkan di negara asalnya, LG Q92 5G hanya hadir dalam satu varian saja, dengan penyimpanan internal 128GB. Memiliki tiga varian warna, smartphone ini mulai dijual pada 26 Agustus 2020 mendatang dengan harga KRW499,000 atau sekitar Rp6 jutaan. Harga tersebut memang terpaut jauh lebih murah dari LG Velvet, yang dijual seharga Rp11 jutaan saat pertama kali dirilis.

Namun akan terasa lebih mahal, terutama jika dibandingkan dengan smartphone kelas menengah lain yang juga mendukung 5G lewat chipset MediaTek seri Dimensity. Sebut saja ZTE Axon 11 SE 5G yang punya banderol harga hanya Rp4,1 jutaan, memiliki spesifikasi yang kurang lebih sama.