Jakarta, Gizmologi – Apakah Gizmo friends pernah datang ke sebuah toko, kedai kopi, atau tempat makan lalu mendengar suara digital yang menyatakan sebuah transaksi sudah berhasil? Besar kemungkinan bila suara tersebut muncul dari sebuah perangkat berjenis QRIS Soundbox, kini banyak digunakan untuk mempercepat transaksi secara lebih aman dan transparan.
Sejak adanya pandemi 2020 lalu, kini transaksi digital lebih diminati oleh masyarakat. Selain lebih praktis karena tidak harus membawa uang fisik, juga nirkontak alias contactless, bisa diakses langsung dari smartphone. Metode pembayaran melalui QRIS pun semakin populer, bahkan sudah bisa diimplementasikan di sejumlah negara Asia Tenggara lainnya.
Namun begitu, metode pembayaran QRIS juga memiliki tantangan atau ancaman tersendiri. Untuk itu, hadir teknologi QRIS Soundbox yang sudah diluncurkan oleh DANA beberapa waktu lalu. Sesuai namanya, tidak hanya berupa gambar QR, perangkat ini juga bisa memunculkan suara. Telah digunakan di cukup banyak merchant termasuk toko kopi Burno Coffee, membantu percepat transaksi.
Baca juga: Begini Cara Pakai QRIS di Singapura, Bayar Jadi Lebih Instan
Apa Saja Fungsi QRIS Soundbox?
Perangkat pemindai statis QRIS berbasis suara alias QRIS Soundbox dihadirkan oleh DANA Indonesia sejak awal Maret lalu, merupakan bagian dari inisiatif komitmen berkelanjutan DANA sebagai inovasi lebih inklusif, demi meningkatkan kepercayaan pelaku usaha dalam bertransaksi lewat platform digital.
Ya, setelah metode pembayaran melalui QRIS lebih populer, tidak sedikit muncul kasus penipuan yang memanfaatkan celah tertentu. Seperti konsumen yang menipu pemilik usaha dengan menunjukkan bukti bayar palsu dan semacamnya, yang tentu menyebabkan kerugian besar bila terjadi secara berulang.
Sementara bila pemilik usaha harus melakukan pengecekan satu persatu secara manual, tentu proses pembayaran bisa memakan waktu lebih lama dan menghabiskan lebih banyak tenaga. Untuk itu, QRIS Soundbox hadir tak hanya bagi mereka pemilik atau pelaku usaha yang juga menyandang disabilitas, namun juga wirausahawan lainnya.
“QRIS Soundbox diharapkan dapat menjadi solusi tambahan dan inklusif bagi banyak usaha di berbagai skala yang hendak mendigitalisasi usahanya, tak terkecuali pelaku usaha perempuan penyandang disabilitas,” jelas Debora Bangun, Chief of People & Strategy DANA Indonesia saat meluncurkan QRIS Soundbox dalam acara sosialisasi program Disberdaya (8/3).
Ketika pelanggan berhasil melakukan proses pembayaran, QRIS Soundbox bakal secara otomatis memunculkan suara untuk diketahui oleh pemilik usaha. Dengan begitu, kedua pihak dapat membangun kepercayaan atas keberhasilan transaksi. Sekaligus meminimalisir risiko penyalahgunaan transaksi digital.
Juga Berikan Benefit Kepada Pelanggan
Salah satu kedai kopi yang telah merasakan manfaat dari QRIS Soundbox adalah Burno Coffee. Ilham selaku pemilik mengatakan bila ia sudah menggunakan teknologi baru tersebut sejak empat bulan lalu. Hadir sebagai solusi untuk mengatasi sejumlah masalah seperti antrean panjang saat pembayaran, umumnya bisa mencapai 2 menit.
“Sebelum menggunakan QRIS Soundbox, antrean panjang sering terjadi ketika pembayaran. Ini membuat waktu pelayanan lebih lama. Setelah menggunakan Soundbox, waktu dari pemesanan hingga pick-up menjadi tepat 1.5 menit, proses menjadi lebih efektif dan efisien,” jelas Ilham.
Tidak hanya pemilik usaha yang mendapatkan benefit transparansi, dari sudut pandang pelanggan, adanya QRIS Soundbox juga membuat mereka tak lagi harus menunjukkan layar smartphone yang menampilkan proses pembayaran sudah berjalan sukses. Transaksi bisa langsung selesai dan diproses secepatnya.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

