Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Microsoft Surface Pro 7 Plus, Tablet Windows Khusus Bisnis & Edukasi

0 3.282

Selain produsen laptop maupun notebook mainstream lainnya, Microsoft juga turut merilis perangkat Windows terbarunya di gelaran CES 2021 yang berlangsung awal tahun ini. Kali ini, produk yang ditawarkan cukup segmented. Menjadi varian terbaik, Microsoft perkenalkan Surface Pro 7 Plus yang didesain khusus untuk sekolah dan bisnis.

Ya, bukan Surface Pro 8, melainkan Surface Pro 7 Plus. Mungkin karena perubahannya yang tergolong minor, dengan desain luaran yang masih sama persis. Microsoft Surface Pro 7 Plus adalah penawaran perangkat terbaru mereka yang masuk ke dalam lini Surface for Business.

Menurut Microsoft, dirilisnya produk ini merupakan sebuah kesempatan bagi mereka untuk berikan kebutuhan akan komputer bagi kalangan bisnis yang sekolah, terutama di masa work from home (WFH) maupun pembelajaran jarak jauh secara daring. Daripada harus menunggu Surface Pro 8, mereka ingin rilis Surface Pro 7 Plus untuk penuhi kebutuhan kedua kalangan tersebut lebih cepat.

Baca juga: Inilah Spesifikasi & Harga Surface Duo, Smartphone Android Dua Layar Microsoft

Spesifikasi Microsoft Surface Pro 7 Plus, Punya Modem LTE

Microsoft Surface Pro 7 Plus

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, tampilan fisik Surface Pro 7 Plus masih sama persis. Layarnya sendiri berdimensi 12,3 inci dengan rasio 3:2, dan resolusi mencapai 1824p dengan kerapatan piksel 267ppi. Bobotnya berkisar antara 775 gram sampai 790 gram untuk varian Intel Core-i7. Ada dua opsi warna yang ditawarkan; Platinum & Black.

Microsoft sediakan kelengkapan konektivitas yang cukup prima untuk sebuah tablet. Surface Pro 7 Plus punya satu port USB-A, satu USB-C, slot kartu microSDXC, jack audio 3,5mm, serta konektor untuk keyboard dan pengisian daya. Ada kamera belakang 8MP dengan autofocus dan kamera depan 5MP yang dilengkapi sensor IR untuk Windows Hello.

Microsoft juga berikan dua mikrofon berkualitas studio untuk perekaman suara yang jernih, serta speaker yang ditenagai oleh Dolby Atmos. Lalu apa perbedaannya dari Surface Pro 7 biasa? Perangkat ini dilengkapi dengan sistem SSD yang bisa dilepas pasang, memungkinkan organisasi untuk memindahkan data atau konfigurasi dengan cepat.

Surface Pro 7 Plus

Seperti Surface Pro X, bagian bodi belakangnya bisa dilepas menggunakan SIM ejector, dan baut bisa dilepas pakai standar Torx T3. Selain itu, chipset yang digunakan sudah lebih baru, dengan Intel Core generasi ke-11. Performa prosesor meningkat 30%, serta grafis Intel Iris Xe yang berikan kemampuan 2,1 kali lebih kencang.

Chipset baru tersebut juga lebih efisien daya. Dengan kapasitas baterai lebih besar, Surface Pro 7 Plus bisa menyala hingga 15 jam pemakaian (atau 13,5 jam dengan LTE). Pengisian dayanya pun cukup cepat, hanya membutuhkan waktu 60 menit untuk top-up sampai 80%.

Ya, Surface Pro 7 Plus juga hadir dengan modem 4G LTE Snapdragon X20. Microsoft mengatakan, adanya modem 4G ini diperlukan bagi mereka yang bekerja secara remote, atau tidak bisa mengandalkan konektivitas Wi-Fi yang kurang lancar.

Harga Microsoft Surface Pro 7 Plus

Surface Pro 7 Plus

Dirilis untuk keperluan bisnis dan edukasi, Microsoft Surface Pro 7 Plus tidak akan dijual secara komersil seperti di toko ritel Best Buy. Namun konsumen biasa seperti freelancer juga masih bisa membelinya lewat reseller terpilih, atau toko resmi Microsoft Store. Dengan hadirnya tablet ini, Surface Pro 7 biasa juga tidak di-diskontinyu.

Varian termurah Surface Pro 7 Plus dengan Wi-Fi, Intel Core-i3, 8/127GB dijual seharga 899 USD. Sementara varian LTE dengan Core-i5 dan memori sama lebih mahal di 1,149 USD. Menurut Microsoft, saat ini konsumen belum membutuhkan konektivitas 5G, dan akan merilis varian 5G bila memang sudah lebih mainstream ke depannya.

Tinggalkan komen