Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Lima Fitur Menarik iOS 14.3, Hadir untuk iPhone 6s Hingga iPhone 12

0 13.849

Setelah merilis perangkat aksesori terbarunya, AirPods Max, Apple memutuskan untuk rilis pembaruan perangkat lunak smartphone mereka. Ya, iOS 14.3 kini sudah tersedia untuk iPhone 6s ke atas, membawa peningkatan keamanan, perbaikan bug hingga penambahan fitur baru. Sudah bisa diunduh secara langsung mulai pagi ini.

Saat memperkenalkan iPhone 12 series, Apple berikan fitur kunci khusus untuk iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max. Yaitu fitur ProRAW, dimana kedua smartphone tersebut bisa mengambil foto dalam format yang biasanya digunakan para fotografer untuk olah foto lebih jauh pasca pengambilan. iOS 14.3 akhirnya hadir untuk berikan fitur tersebut, serta beberapa fitur ekstra lainnya.

Baca juga: MacBook Air M1 Sudah Dipajang di Situs Apple Indonesia

Cara Update iPhone ke iOS 14.3

Cara mengunduh atau update ke iOS 14.3 tentu saja mudah. Gizmo friends pengguna iPhone 6s atau iPhone SE ke atas cukup masuk ke menu Settings – General – Software Update. Bila belum muncul, cukup tekan tombol pengecekan pembaruan, dan iOS 14.3 bakal muncul. Ukurannya bakal variatif di tiap seri, berkisar 300MB di iPhone XR.

Setelah proses pengunduhan, disarankan bagi kamu untuk mengisi daya iPhone hingga cukup untuk lakukan proses selanjutnya, yaitu pemasangan iOS 14.3. Tak perlu ada data yang harus di-backup, karena tidak akan menghilangkan data sebelumnya. Hanya saja luangkan waktu karena bakal menyita waktu sedikit lama, terutama di seri lawas.

Lima Fitur Menarik yang Baru di iOS 14.3

iOS 14.3

Dalam changelog yang dipajang di halaman Software Update, selain fitur ProRAW, iOS 14.3 juga bakal beri dukungan untuk AirPods Max, headphone nirkabel over-ear pertama dari Apple. Namun sebenarnya tak hanya itu saja fitur baru yang bisa ditemukan, alias masih banyak bagian-bagian kecil lainnya. Apa saja?

1. Opsi Kamera Baru

Kini Apple berikan opsi tambahan dalam opsi perekaman video di iOS 14.3. Selain format NTSC secara default, ada opsi untuk format PAL, format yang biasa digunakan pada tayangan televisi di beberapa negara tertentu. Bila diaktifkan, opsi untuk rekam video dalam 25fps bakal muncul, selain 24fps, 30fps dan 60fps (untuk seri yang mendukung).

Selain itu, bagi pengguna iPhone 6s hingga iPhone X kini bisa menikmati opsi untuk mirror hasil foto selfie. Kedua opsi baru ini bisa diakses di menu Settings – Camera, bersama dengan pengaturan lainnya seperti petunjuk komposisi, HDR, scan QR code (yang bermanfaat selama mengunjungi restoran di waktu pandemi) dan beragam lainnya.

2. Dukungan Apple Fitness+

Diluncurkan bersama dengan layanan Apple One, Apple Fitness+ adalah layanan subscription terbaru dari Apple. Sesuai namanya, layanan satu ini lebih fokus ke kebugaran. Harganya sendiri mulai dari USD9,99 per bulan. Mungkin terasa mahal, namun integrasi dan fiturnya memang sangat lengkap. Dan sampai saat ini belum hadir di Indonesia.

Seluruh petunjuk olahraganya dimentori oleh para pelatih yang sudah disertifikasi oleh Apple. Dan bisa tersinkron oleh ekosistem perangkat Apple, mulai dari iPhone, iPad, Apple Watch sampai Apple TV. Saat sedang menonton instruksi di TV, tampilan statistik dari Apple Watch bisa diteruskan ke sudut layar TV, mudahkan pemantauan proses olahraga.

3. App Shortcuts Lebih Instan

Selain fitur Widgets, iOS 14 memungkinkan pengguna untuk menambah pintasan (shortcuts) aplikasi tertentu dengan ikon yang kita pilih sendiri. Namun yang sedikit mengganggu adalah jeda tiap kali buka pintasan, mengantarkan pengguna ke aplikasi Shortcuts dulu, baru ke aplikasi yang dituju.

Di iOS 14.3, proses tersebut dihilangkan. Jadi ketika pengguna menekan ikon pintasan aplikasi, masih ada jeda singkat tetapi bakal langsung masuk ke aplikasi yang memang ingin dituju. Dengan begitu, lebih nyaman untuk gunakan custom icons, layaknya smartphone Android yang sudah punya fungsi serupa sejak lama.

4. Kemampuan Baru Siri

Siri di iOS 14 kini punya kemampuan untuk mereplikasi beragam suara. Nggak cuma hewan aja, tapi termasuk beberapa lainnya seperti suara alarm sampai instrumen musik.

5. Pembaruan Apple Music

Sama seperti beberapa playlist di Spotify, Apple sedang bereksperimen untuk berikan tampilan animasi visual di Apple Music. Kini mulai merambah ke tampilan album, di mana saat mengaksesnya, bakal muncul latar gambar bergerak. Contoh yang bisa dicoba adalah album Gigaton milik Pearl Jam. Dan mungkin akan ditambahkan ke beberapa album lainnya di masa mendatang.

Fitur baru lainnya adalah tampilan kualitas udara di beberapa negara tertentu, tambahan opsi search engine “Ecosia”, dukungan resmi fitur App Clips serta perbaikan pada MagSafe Duo Charger. Dan selain iOS 14.3, Apple juga hadirkan pembaruan perangkat lunak iPadOS 14.3 serta macOS Big Sur 11.1. Dari kelima fitur baru di atas beserta fitur ProRAW, mana yang paling menarik bagi Gizmo friends?