Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

MacBook Air M1 Sudah Dipajang di Situs Apple Indonesia

0 5.188

Sejak pertama kali dirilis beberapa pekan lalu, laptop tipis terbaru dari Apple yang satu ini sangat menarik perhatian masyarakat. Beberapa pengulas teknologi luar maupun lokal memuji performanya yang sangat tinggi, meski bukan sebuah laptop flagship. Yup MacBook Air M1 adalah laptop yang cukup fenomenal, rilis bersamaan dengan MacBook Pro M1.

Dari tampilan luarnya memang sama persis, namun penggunaan cip Apple M1 sangat mengubah performa dan fitur secara keseluruhan yang dihadirkan. Masyarakat pun sangat menanti kehadiran laptop ini, termasuk di Indonesia. Kini, halaman produk MacBook Air M1 sudah tersedia di situs resmi Apple Indonesia. Menjadi pertanda positif akan kehadirannya dalam waktu dekat.

Sebelumnya, lama resmi MacBook Air di situs Apple Indonesia mempertunjukkan varian yang rilis 20 Maret 2020. MacBook Air adalah laptop tertipis Apple saat ini, dan umumnya ditujukan bagi mereka yang inginkan perangkat portable untuk kebutuhan komputasi ringan. Saat itu hadir dengan chipset Intel Core generasi ke-10.
Baca juga: MacBook Air dan MacBook Pro Kini Tersedia di Erafone & Urban Republic

Apple Indonesia Tampilkan Keunggulan MacBook Air M1

MacBook Air M1 - Apple Indonesia
Halaman produk MacBook Air M1 di situs Apple Indonesia.

Meski sama-sama disebut sebagai “MacBook Air”, saat ditelusuri lebih jauh, Apple Indonesia sudah memperbaruinya menjadi varian dengan chipset terbaru bikinan sendiri oleh Apple. Memang, secara tampilan masih sama saja, namun penggunaan Apple M1 membuat MacBook Air M1 bisa jauh lebih baik daripada seri sebelumnya (yang sudah punya peningkatan performa 2x).

Lantas apakah harganya bakal melambung tinggi, mengingat peningkatan performanya cukup jauh? Tenang, masih sama kok. Dilihat dari harga jual yang ada di Apple Singapura, hanya ada dua varian MacBook Air M1. Yaitu dengan memori penyimpanan 256GB serta 512GB, di mana masing-masing dijual seharga SGD1,449 (Rp15 jutaan) & SGD1,799 (Rp19 jutaan).

Umumnya, harga resmi MacBook Air di Indonesia tak terpaut jauh dari negara tertangga, bisa berkisar Rp1 jutaan, alias tak jauh atau bahkan lebih murah dari harga MacBook Air M1 non-resmi yang sudah dijual di e-commerce saat ini. Melihat sudah ada di situs resmi, dan bagaimana iPhone 12 series masuk jauh lebih cepat, ada baiknya untuk menunggu kehadirannya secara resmi saja.

Lebih Kencang, MacBook Air M1 Tahan 18 Jam Penggunaan

MacBook Air M1

Diperkenalkan secara resmi 10 November kemarin, MacBook Air M1 menjadi satu dari tiga perangkat komputer pertama yang diluncurkan Apple dengan chipset buatan sendiri, selain MacBook Pro 13 dan iMac. Tak hanya berikan peningkatan performa, Apple M1 juga membuat seri MacBook punya baterai yang jauh lebih awet.

Membawa performa CPU 3,5 kali lebih cepat dan GPU 5x lebih kencang, penggunaan dayanya bisa dihemat hingga 1/10 dari generasi sebelumnya. Dengan begitu, MacBook Air M1 punya daya tahan baterai hingga 18 jam untuk pemutaran video dalam sekali charge, paling lama dalam sejarah MacBook Air.

Sementara sisanya masih sama, miliki layar Retina display yang mendukung P3 color gamut, Touch ID, dua port USB-C yang sudah mendukung Thunderbolt 4.0 serta webcam FaceTime HD. Walaupun hardware-nya sama persis, ISP baru di cip M1 membuat kualitas kameranya lebih baik, dengan white balance lebih akurat dan dynamic range lebih lebar.

Bisa dibilang, performanya tak jauh dari varian MacBook Pro M1. Namun jika Gizmo friends membutuhkan laptop yang punya performa kencang lebih konsisten, tentunya varian Pro bakal lebih cocok. Desainnya yang lebih tebal dilengkapi kipas di dalamnya membuat MacBook Pro M1 minim throttling saat digunakan untuk aplikasi seperti video editing.

Tinggalkan komen