Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Microsoft Tunda Perilisan Windows 10X untuk Komputer Layar Ganda

0 1.372

Microsoft memang diketahui sedang mengembangkan sistem operasi baru untuk kategori perangkat yang belum pernah ada sebelumnya, yaitu Windows 10X. Diperkenalkan pada Oktober 2019 lalu, Windows 10X direncanakan bakal digunakan untuk perangkat komputer dua layar, yaitu Surface Neo yang hingga kini belum diketahui kapan akan hadir secara final.

Namun melihat situasi pandemi saat ini dan kebutuhan konsumen secara menyeluruh, Microsoft memutuskan untuk mengubah fokus dengan membuat Windows 10X segera hadir pada perangkat komputer atau laptop konvensional, alias satu layar. Serta mengutamakan kebutuhan akan perangkat yang sederhana mengandalkan cloud, layaknya laptop dengan Chrome OS.

Informasi ini disampaikan oleh Panos Panay, Chief Product Officer untuk Windows & Devices, Microsoft. Ia dikenal dengan cara presentasinya mengenai perangkat Microsoft Surface yang sangat bersemangat. “Saat dunia dan rutinitas orang-orang berubah, penting bagi kami untuk fokus dalam memenuhi konsumen kami dimana mereka sekarang, dan membantu mereka mencapai apa yang mereka inginkan di masa mendatang.” Mulai pertengahan tahun 2020 ini, ia dan tim akan meningkatkan perkembangan inovasi Windows 10 dengan merilis pembaruan bulan Mei, serta ubah fokus pengembangan Windows 10X.

Baca juga: Mengenal Surface Neo dan Surface Duo, Tablet Layar Ganda Inovasi Microsoft

Windows 10X Hadir di Perangkat Satu Layar

Windows 10X
Rancangan resmi Windows 10X pada perangkat dua layar. (Sumber: Microsoft)

Menurut Panos, kebutuhan konsumen saat ini adalah pemanfaatan teknologi cloud yang semakin tinggi. Sementara Windows 10X didesain untuk fleksibilitas, dan hal tersebut memungkinkan mereka untuk mengubah fokusnya ke perangkat satu layar. Nantinya, Microsoft akan mencari momen yang tepat, bersamaan dengan menjalin kerjasama oleh para OEM untuk menghadirkan perangkat dua layar ke konsumen.

Hal tersebut juga berdasarkan statistik yang menunjukkan peningkatan waktu penggunaan perangkat Windows 10, yang naik hingga 75% year-on-year (YoY). Pihaknya menyatakan, selama masa pandemi, lebih banyak konsumen berpindah dari smartphone menggunakan perangkat komputer dan laptop Windows 10 mereka selama karantina di rumah baik untuk bekerja maupun belajar. Dengan tampilan yang dibuat lebih sederhana, serta mengutamakan cloud computing, bisa dibilang perangkat Windows 10X nantinya bersaing langsung dengan Chrome OS milik Google.

Selain Windows 10X, Pembaruan Windows 10 Sedang Disiapkan

Selain Windows 10X, sistem operasi Windows 10 juga akan mendapatkan pembaruan (major update) yang disebut “Windows 10 May 2020 Update”, secara gratis dan mulai digulirkan pada bulan ini. Panos menyampaikan beberapa fitur kunci yang dibawa, seperti cara yang lebih mudah untuk menyambungkan aksesoris Bluetooth serta pengalaman menggunakan tampilan mode tablet yang lebih mudah untuk perangkat komputer dengan keyboard yang bisa dilepas. Microsoft juga akan menambahkan daftar kaomoji lebih banyak, serta fungsi “drag and drop” dengan Eye Control (yang membutuhkan hardware tambahan).

Acara untuk pengembang yang diadakan tahunan, Microsoft Build juga akan diadakan secara digital pada 19 – 21 Mei mendatang. Microsoft bakal membagikan informasi bagaimana mereka bisa mengurangi kompleksitas dalam membuat aplikasi untuk perangkat Windows 10 yang kini jumlahnya sudah lebih dari 1 milyar perangkat aktif.