Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Dorong Transaksi Digital, ShopeePay Hadirkan Fitur Transfer Non Tunai

0 53

Platform e-commerce Shopee melihat adanya peningkatan masyarakat Indonesia memilih opsi pembayaran digital dalam memenuhi kebutuhan harian secara online. Shopee melihat adanya peningkatan jumlah pembayaran digital sejak awal pandemi. Kini lebih banyak orang menggunakan pilihan pembayaran seperti kartu kredit, transfer bank, dan ShopeePay untuk transaksi pembayaran mereka.

Tren ini diperkirakan akan terus berlanjut, sebagaimana mengutip laporan yang dirilis oleh Boston Consulting Group, “Wabah COVID-19 dan dampaknya yang diperkirakan akan mendorong lebih banyak rumah tangga di Asia Tenggara untuk menerapkan pembayaran digital”.

Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia mengatakan bahwa 2020 telah membawa perubahan yang signifikan dalam cara hidup, bekerja, dan berbelanja online di tengah masyarakat. Di antara perubahan ini, salah satunya dalam mewujudkan cashless society di Indonesia.

“Sejalan dengan upaya physical distancing, kami melihat kecenderungan masyarakat dalam menerapkan pembayaran digital untuk kenyamanan dan keamanan yang lebih efektif, dengan dukungan upaya dari pemerintah dalam mendorong langkah ini. Demikian pula, Shopee terus menawarkan berbagai pilihan pembayaran digital untuk memenuhi kebutuhan, termasuk ShopeePay, fitur layanan uang dan dompet elektronik terintegrasi yang terdapat di aplikasi Shopee,” ujar Handhika.

Baca juga: DANA Catat Kenaikan Transaksi 15%, Jumlah Pelanggan 40 Juta

Fitur Transfer di ShopeePay

aplikasi shopeepayShopee berupaya untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya. Melalui fitur layanan uang dan dompet elektronik terintegrasi, ShopeePay, perusahaan e-commerce asal Singapura ini berusaha memastikan bahwa pengguna dapat berbelanja dan melakukan pembayaran secara efektif.

ShopeePay juga menawarkan beberapa manfaat bagi pengguna yang meliputi kenyamanan, efisiensi, keamanan, dan penghematan biaya yang lebih besar. Selain pembayaran online, pengguna ShopeePay juga dapat melakukan pembayaran secara offline di ribuan merchant yang terdapat di lebih dari 200 kabupaten di Indonesia, serta menawarkan pengalaman belanja yang instan dan aman kepada pengguna.

ShopeePay diklaim menerapkan standar keamanan tertinggi. Selain memiliki tim Customer Service 24 jam khusus, privasi pengguna juga secara aman terlindungi melalui sistem dengan proses pendaftaran otomatis.

Belum lama ini, layanan dompet digital milik SeaMoney tersebut, menghadirkan program khusus transaksi transfer mulai tanggal 28 Juli hingga 2 Agustus.

Pada program ini, para pengguna berkesempatan untuk mendapatkan koin dan voucher Shopee dengan melakukan transfer ke sesama pengguna ShopeePay. Program ini dapat dinikmati oleh semua pengguna ShopeePay yang sudah melakukan verifikasi akun.

Cindy Candiawan, Marketing Manager ShopeePay mengatakan, “Transaksi transfer non-tunai yang mudah, aman, dan bebas biaya sangatlah penting bagi masyarakat, terutama di masa pandemi ini di mana aktivitas keluar rumah sebisa mungkin diminimalisir. Karena itu, ShopeePay menghadirkan program ini untuk melakukan edukasi akan keuntungan lebih dari pemanfaatan platform digital”

Berikut panduan cara melakukan transaksi transfer ke sesama pengguna lewat halaman ShopeePay:

  • Pilih transfer Ke Pengguna Shopee
  • Jika penerima transfer tidak termasuk dalam daftar Pengikut/Mengikuti, Anda dapat memasukkan username penerima transfer dan klik Lanjutkan.
  • Masukkan nominal saldo yang ingin Anda transfer dan PIN ShopeePay (Untuk transfer di atas Rp2.000.000 memerlukan verifikasi kode OTP). Klik Konfirmasi.
  • Setelah transfer berhasil, Anda dapat melihat rincian transfer dan penerima akan mendapatkan notifikasi.

Saldo ShopeePay dapat secara mudah diisi ulang melalui berbagai pilihan metode pembayaran, diantaranya adalah melalui kartu kredit/debit, transfer bank/online banking, dan melalui minimarket.

Melalui ShopeePay, pengguna dapat melakukan pembayaran secara non-tunai, melakukan pengisian saldo, hingga mentransfer dan menarik dana. Namun sayangnya, fitur transfer itu untuk saat ini hanya bisa dilakukan ke sesama pengguna ShopeePay saja, belum bisa lintas bank seperti yang ada pada Dana atau LinkAja.

Tren Pembayaran Digital di ShopeePay

Shopee #BelanjaDariRUmahShopee mencatatkan 3 hasil pengamatan pada tren pembayaran digital di Indonesia yaitu sebagai berikut:

Pertama, peningkatan pembayaran digital di antara pengguna berusia lanjut. Sebanyak 80% dari jumlah total pembelian menggunakan pembayaran digital, dilakukan oleh pengguna antara usia 18 hingga 34 tahun.

Namun, pengguna yang lebih tua juga mulai mengadopsi metode pembayaran digital saat berbelanja online. Sebanyak 45% jumlah transaksi menggunakan ShopeePay yang digunakan oleh pengguna Shopee di atas usia 50 tahun.

Mengingat pengguna yang lebih tua cenderung lebih sulit untuk beradaptasi dengan pembayaran digital, tren ini sekaligus menunjukkan kemudahan yang ditawarkan dalam penggunaan ShopeePay dan kepercayaan yang telah dibangun oleh pengguna.

Kedua, penerapan pembayaran digital oleh pria lebih tinggi daripada wanita. Tampaknya pria semakin menghargai kenyamanan dan keamanan dari metode pembayaran digital. Selama setahun terakhir, tercatat pertumbuhan pembayaran digital sebanyak 35% lebih tinggi untuk pria dibandingkan wanita.

Ketiga, pembayaran digital lebih umum di perkotaan: Kota-kota seperti DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Timur memiliki penerapan pembayaran digital tertinggi. Kota-kota besar yang merupakan pendorong utama pertumbuhan ekonomi Indonesia memiliki konektivitas yang lebih baik dan infrastruktur TIK yang lebih maju. Individu di kota-kota ini juga memiliki penetrasi smartphone yang lebih tinggi, yang berkontribusi pada adopsi pembayaran digital.