Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Disebut Siapkan Model ke-4 Galaxy S10, Apa Keunggulannya?

0 299

Ragam rumor seakan tiada habis mengiringi perjalanan produksi model Samsung Galaxy S10. Samsung Electronics memang mempunyai harapan besar smartphone flagship berikutnya ini bakal mengubah bisnis ponsel cerdas produsen asal Korea Selatan ini yang belakangan menunjukkan tren menurun.

Model Samsung Galaxy S10 sebelumnya telah direncanakan akan dirilis hingga tiga jenis. Ke-3 model Samsung Galaxy S10 tersebut, yakni kelas entry dengan nomor model SM-G970x dan dua pilihan model premiumnya, yaitu SM-G973x dan SM-G975x. Kesemua model Samsung Galaxy S10 ini telah mengantongi sertifikat dari Kementerian Industri dan Teknologi Informasi Tiongkok atau CMIIT.

Kini, beredar laporan bahwa Samsung masih mempersiapkan model Samsung Galaxy S10 yang ke-4, dimana tipe ini nantinya sudah mendukung koneksi 5G dan total menghadirkan enam kamera; dua di depan dan empat di belakangnya.

Menurut sammobile.com, model nomor 4 Galaxy S10 akan menawarkan layar display yang jauh lebih leluasa dibanding tiga tipe sebelumnya. Jika terealisasi, pengguna bisa menikmati visual yang lebih lega dengan ukuran display 6,7 inci, lebih luas dari 5,8 inci pada SM-G970x dan SM-G973x, atau 6,4 inci untuk model SM-G975x.

Inilah salah satu yang membuat model ke-4 Galaxy S10 akan menjadi bintang dari lini S10, sekaligus untuk merayakan ulang tahun ke-10 dari seri Samsung S. Normalnya, versi ke-4 ini akan menjadi yang termahal dari S10 sekaligus mengusung teknologi yang superior dibanding tiga model sebelumnya. Model ke-4 tersebut juga akan menjadi smartphone pertama Samsung yang mengadopsi empat kamera belakang dan dua kamera di sisi depannya.

Model Samsung Galaxy S10 keempat ini dikabarkan akan menyematkan pula fitur baterai nirkabel yang bisa mengisi daya perangkat lain selain smartphone ini sendiri. Fitur ini telah diusung oleh Huawei dalam Huawei Mate 20 Pro.

Bocoran desain lainnya dari Galaxy S10

Baca juga: Rumor: Samsung Galaxy S10 Tak Akan Pakai Sensor Iris Mata

Baru-baru ini, Samsung menyebut Galaxy S10 akan menjalankan Exynos 9820. Prosesor flagship generasi berikutnya ini mendukung pemrosesan kecerdasan buatan on-device. Kecanggihan lain yang bakal ada di Galaxy S10 yakni adanya sensor ultrasonik in-display untuk menggantikan sensor iris mata, setidaknya untuk dua model premiumnya.

Di kalangan internalnya, model Samsung Galaxy S10 yang ke-4 dikenal sebagai “Beyond X” dan dijadwalkan akan dipasarkan pada musim semi 2019. Ke-4 akan diluncurkan dalam sebuah acara pertengahan Februari tetapi hanya tiga model yang diperkenalkan terlebih dahulu. Sedangkan model yang ke-4 baru dijual saat Samsung mulai mengefektifkan jaringan 5G mereka pada akhir kuartal pertama 2019 atau awal kuartal ke-2 pada 2019.