Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Nikon Z5, Mirrorless Full-Frame Termurah dengan Dua Slot Kartu SD

0 5.960

Sekitar penghujung tahun 2018 lalu, Nikon debut dengan sebuah kamera mirrorless full-frame yaitu Nikon Z7. Dengan harga kisaran USD3,400, kamera tersebut memang memiliki spesifikasi tinggi seperti perekaman full-frame 4K, IBS serta resolusi sensor yang cukup tinggi di 45,7MP. Tak lama kemudian, seri Z6 dirilis dengan spesifikasi identik, namun lebih kecil di sensor serta harganya.

Kini Nikon kembali merilis kamera sejenis, dalam seri yang sama, namun dengan harga yang lagi-lagi lebih terjangkau. Nikon Z5 hadir tanpa mengunggulkan fitur perekaman video, fokus untuk penggunaan para fotografer. Beberapa fitur maupun kombinasi hardware harus dipangkas agar kamera ini bisa dijual di kelas harga yang lebih murah.

Baca juga: Resmi Mendarat di Indonesia, Ini Fitur dan Spesifikasi Kamera Nikon Z Series

Meski Lebih Murah, Nikon Z5 Bawa Beberapa Peningkatan

Nikon Z5

Bentuk bodinya sendiri masih identik dengan dua seri lainnya yang sudah disebutkan. Hanya saja materialnya telah diubah—dari magnesium alloy di seri Z6, kini Nikon Z5 menggunakan material plastik polikarbonat untuk bagian belakang serta bawahnya. Namun fotografer outdoor tak perlu khawatir, karena masih terlindungi dari cairan serta debu.

Bobotnya juga sama persis dengan seri Z6 di 675 gram. Sementara bagian atas Nikon Z5 dibuat lebih sederhana, dengan tombol dial yang menggantikan layar informasi di seri lebih mahal. Di dalamnya, sensor yang dimiliki sedikit berbeda. Beresolusi 24MP dengan format FX, jenisnya adalah CMOS dan bukan BSI.

Namun prosesor yang digunakan masih sama yaitu Expeed 6, plus in-body image stabilization (IBS) yang dapat meredam getaran hingga 5 stop. Sistem fokusnya juga sama, dengan 273 titik fokus dan mode continuous shooting hingga 4,5fps. Sementara rentang ISOnya mencapai 51,200, bisa diekspansi sampai 102,400.

Layar OLED di bodi belakangnya cukup besar di 3,2 inci, mampu menampilkan 3,69 juta titik serta mendukung input sentuh. Peningkatan yang justru dibawa ke kelas yang lebih murah ini adalah dalam sektor penyimpanannya. Nikon Z5 memiliki dua slot kartu SD yang mendukung kecepatan hingga UHS-II, sehingga tak perlu sering mengganti memori ketika digunakan untuk ambil banyak foto/video.

Baterai barunya juga dapat mengambil foto hingga 470 frame (390 lewat viewfinder). Kamera ini mendukung USB PD untuk pengisian dayanya. Sektor video tak terlalu diunggulkan pada Nikon Z5. Ketika digunakan untuk merekam video 4K 30fps, akan ada pemotongan frame hingga 1,7 kali.

Jika ingin memanfaatkan sensor secara penuh, pengguna harus merekam dalam resolusi 1080p 30/60fps. Tak ada mode video khusus, meski tersedia soket khusus untuk headphone dan mikrofon. Nikon juga akan membuat kamera ini bisa digunakan sebagai webcam, lewat sebuah perangkat lunak yang bakal dirilis Agustus mendatang.

Harga Nikon Z5, Mulai Rp20 Jutaan

Nikon Z5

Nikon akan mulai menjual kamera ini pada bulan Agustus mendatang. Untuk versi body only, harga yang disarankan untuk Nikon Z5 yaitu USD1,399 atau sekitar Rp20 jutaan. Nikon juga menyediakan paket bundle dengan dua lensa—satu lensanya adalah lensa baru, Nikkor Z 24-50mm f/4-6.3, lensa format FX terkecil untuk Nikkor Z Lens.

Lensa tersebut cocok untuk segala situasi, termasuk portrait, landscape dan street photography, dapat dibeli secara terpisah seharga USD399 atau Rp5,8 jutaaan. Juga tersedia kit dengan lensa Nikkor Z 24-200mm f/4-6.3 VR, dibanderol USD2,199 (Rp32 jutaan).