Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Nintendo Switch Catat Rekor Penjualan Saat Pandemi

0 3.298

Tahun 2020 dapat dikatakan sebagai masa yang kurang bersahabat bagi banyak orang. Ekonomi lesu akibat pandemi menyebabkan banyak usaha terpaksa gulung tikar. Tapi sepertinya hal tersebut tidak berlaku bagi  Nintendo. Pada awal bulan November, perusahaan game besar asal Jepang tersebut mencatatkan pencapaian finansial yang cukup tinggi untuk produk Nintendo Switch.

Konsol hybrid yang menyasar banyak pengguna di kelas keluarga tersebut terjual hingga 12,53 juta unit di seluruh dunia. Penjualan tersebut dicatatkan pada kurun waktu April sampai September tahun ini. Durasi waktu yang kurang lebih sama dengan dimulainya pembatasan aktivitas akibat Covid-19 di seluruh dunia.

Adakah relasi antara pembatasan aktivitas masyrakat dan naiknya penjualan Nintendo tersebut? Bisa jadi. Banyak orang berpikir keras caranya agar tidak bosan saat karantina mandiri di rumah. Dan salah satu caranya ialah dengan membeli perangkat gaming, agar dapat dimainkan bersama dengan keluarga.

Menurut laporan dari Analis industri video game, Mat Piscatella dari NPD (New Product Development), bahwa penjualan yang diraih Nintendo Switch di Amerika Serikat (AS) pada kuartal ketiga 2020 jadi yang tertinggi sejak penjualan Nintendo DS kuartal ketiga tahun 2009. Dan penjualan di AS jelas jadi pendorong rekor penjualan secara global.

Tingkat konsumsi masyarakat di AS terhadap perangkat, konten, dan aksesoris game mencapai angka US$ 11,2 miliar. Angka tersebut naik hingga 24% dibandingkan tahun sebelumnya. Dan untuk Nintendo sendiri, sampai saat ini, Switch telah mencatatkan angka penjualan global sebanyak 68,30 juta perangkat.

Wow, banyak banget ya!

Baca juga: Ini Harga Resmi dan Waktu Rilis Playstation 5 di Indonesia 

Animal Crossing Dorong Penjualan Nintendo Switch

Nintendo Switch
Paket bundle Animal Crossing turut mendongkrak penjualan Nintendo Switch.

Pasar milik Nintendo memang menjadi lebih tersegmentasi pada beberapa tahun belakangan. Arah perusahaan yang tidak memaksakan diri bersaing dalam perang teknologi dengan perangkat Playstation maupun Xbox, membawa Nintendo lebih menekankan pendekatan gaming revolusioner. Dan dapat kita lihat lewat kehadiran Nintendo Switch yang berkonsep hybrid. 

Sering juga Nintendo memanfaatkan daftar game yang mereka miliki untuk mendongkrak penjualan. Misalnya Mario Bros yang jadi langganan sebagai game klasik. Atau Legend of Zelda yang juga memiliki basis fan fanatik di seluruh dunia. Namun, nama game yang turut mendongkrak penjualan Switch tahun ini bukan berasal dari keduanya. Adalah Animal Crossing: New Horizon yang muncul ke permukaan.

Ya, lewat game Animal Crossing: New Horizons, Nintendo Switch berhasil mengatrol penjualannya. Itu dapat dilihat lewat angka penjualan game yang mencapai 26 juta kopi  sejak peluncurannya di bulan Maret 2020. Apalagi Nintendo juga menjual game ini dengan konsol dalam paket bundle yang menarik. Komunitas Animal Crossing yang makin membesar di era pandemi, juga sedikit banyak memberi efek bisnis positif bagi Nintendo.

Memang selalu ada dua sisi berlawanan dalam setiap peristiwa. Pandemi yang menjadi cobaan hidup bagi sebagian orang, ternyata membawa kebahagiaan bagi hidup orang di bagian yang lain. Apapun, semoga pandemi ini segera berakhir dan semua orang dapat segera beraktivitas seperti sedia kala serta berbahagia bersama.