Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

TWS Nokia Power Earbuds Lite & Portable Wireless Speaker Dirilis

0 1.667

Dalam peluncuran lini produk Nokia yang diselenggarakan 22 September kemarin, HMD Global juga rilis sejumlah perangkat aksesori. Di antaranya merupakan perangkat audio portabel—yang satu merupakan earphone true wireless stereo, dan satu lagi adalah speaker nirkabel berdimensi kecil.

Masing-masing dinamakan Nokia Power Earbuds Lite dan Nokia Portable Wireless Speaker. Keduanya punya keunggulan fitur yang cukup menarik, punya daya tahan baterai cukup lama, serta dilengkapi mikrofon untuk kebutuhan panggilan suara. Hadir dengan harga yang cukup terjangkau, keduanya melengkapi jajaran aksesori audio yang telah dirilis HMD sebelumnya.

Baca juga: Smartphone Nokia 3.4 Bakal Hadir dengan NFC di Indonesia

Nokia Power Earbuds Lite Tahan Hingga 35 Jam Pemakaian

Nokia Power Earbuds Lite

Secara tampilan luar, Nokia Power Earbuds Lite punya desain yang serupa dengan Nokia Power Earbuds, sudah dirilis lebih dulu. Bedanya, varian lite yang satu ini punya desain lebih kompak pada charging case-nya. Meski begitu, daya tahan baterainya masih cukup impresif, di atas rata-rata TWS lainnya.

Untuk masing-masing earbud-nya sendiri, sekali pemakaian diklaim bisa tahan hingga 5 jam penggunaan. Sementara dengan charging case, bisa tujuh kali lipat lebih lama, mencapai 35 jam. Hal tersebut berkat kapasitas baterai 600 mAh pada case-nya. Hanya saja, case milik Nokia Power Earbuds Lite masih gunakan port micro-USB, belum USB-C seperti varian non-lite.

Masing-masing earbud juga dilengkapi driver grafit dengan diameter 6mm, tersambung ke smartphone lewat konektivitas Bluetooth 5.0 dan punya bobot total 48,4 gram. Dengan rating IPX7, perangkat ini tahan air hingga kedalaman 1 meter dalam waktu 30 menit. Hadir dalam tiga opsi warna; Charcoal, Fjord dan Snow. Setiap pembelian akan diberikan tiga pilihan ukuran eartip.

Nokia Portable Wireless Speaker Dilengkapi Mikrofon

Nokia Portable Wireless Speaker

Butuh Bluetooth speaker dengan dimensi kecil yang bisa digunakan untuk menelepon? HMD menyiapkan Nokia Portable Wireless Speaker. Desainnya sedikit mirip Google Nest Mini, hanya saja ini benar-benar nirkabel, dengan strap khusus supaya bisa digantungkan ke dinding. Desainnya minimalis, punya karet di bagian bawah agar tidak mudah terselip di berbagai permukaan.

Punya baterai berkapasitas 800 mAh, Nokia Portable Wireless Speaker bisa menyala hingga 4 jam pemakaian. Dengan mikrofon, speaker ini bisa digunakan untuk group call. Dan untuk pengalaman audio lebih imersif, antar perangkat bisa disambungkan untuk beri efek stereo. Bobotnya hanya 160 gram, dan port yang digunakan juga masih micro-USB.

Harga Perangkat Audio Nirkabel Terbaru Nokia

Nokia Power Earbuds

Untuk ketersediaan, Nokia Power Earbuds Lite bakal hadir secara global lebih dulu mulai Oktober 2020. Harga yang disarankan adalah 59,9 Euro (atau sekitar Rp1 jutaan). Sementara Nokia Portable Wireless Speaker menyusul di bulan November, dibanderol 34,9 Euro (Rp600 ribuan).

Selain varian Lite, HMD juga umumkan bila Nokia Power Earbuds sudah mulai tersedia secara global, dengan harga 79 Euro (Rp1,3 jutaan). Dengan dimensi case yang sedikit lebih besar, TWS yang satu ini punya total waktu pemakaian mencapai 150 jam, dengan kapasitas baterai 3.000 mAh.