Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Nubia Z20, Smartphone Flagship dengan Layar Ganda AMOLED

ZTE sudah kehilangan pamor di ranah smartphone. Tetapi sub-brandnya, Nubia, justru masih tetap eksis, setidaknya di negeri asalnya sana. Produsen ponsel dari negeri Tirai Bambu tersebut belum lama ini memamerkan ponsel flagship terbarunya Nubia Z20.

Nubia Z20 menggunakan sistem operasi Android Pie yang dikostumisasi dengan UI 7.0 milik perusahaan asal China itu. ini bukan yang pertama kali nya Nubia merilis ponsel dengan dua layar. pada 2018 lalu mereka juga merilis Nubia X yang juga menggunakan dua layar.

Ponsel ini selain diperkuat dengan prossesor Qualcomm Snapdragon 855+, memiliki keunikan berupa dua layar yang bisa beroperasi terpisah. Layar utama Nubia Z20 untuk perpindahan cepat antara aplikasi. Sementara layar belakang yang always on ini bisa diatur secara custom untuk keperluan bermain game.

Baca juga: Nubia Red Magic Mars, Smartphone Gaming 4D dengan RAM 10GB

Spesifikasi NubiaZ2

Spesifikasi layar utama Nubia Z20 menggunakan layar AMOLED melengkung berukuran 6,42 inch dengan resolusi FHD+. Sedangkan untuk layar kedua di bagian belakang berukuran 5,1″. Ponsel ini berjalan di atas sistem operasi Android 9 Pie yang dibalut dengan antarmuka Nubia UI 7.0.

Related Posts
1 daripada 32

Dari segi fotografi, ponsel ini memakai konfigurasi tiga kamera disertai lampu LED ganda. Sensor utama Sony IMX585 dengan resolusi 48MP dan OIS. Sensor kedua memiliki resolusi 16MP (ultra wide), dan lensa tele 8MP dengan 3x optical zoom.

Tidak ada kamera depan pada ponsel, karena sudah terdapat layar kedua di belakang ponsel. Pengguna tetap bisa selfie menggunakan tiga kamera belakangnya, begitu juga dengan video call. Pendekatan yang menarik untuk membuat layar utama bezelnya tipis. Berbeda dengan lainnya yang memakai kamera motorik.

Pada bagian dapur pacu, Nubia Z20 menggunakan chipset anyar Qualcomm Snapdragon 855 Plus yang dipasangkan bersama RAM 6GB atau 8GB RAM, serta penyimpanan internal 128GB atau 512GB berteknologi UFS 3.0. Dari segi daya tahan, smartphone ini ditenagai baterai 4.000 mAh yang telah mendukung pengisian cepat 27W.

Nubia Z20 juga mempunyai dua buah pemindai sidik jari yang terletak pada bagian samping ponsel. Bagian pinggir ponsel pun bisa diremas untuk mengaktifkan fungsi tertentu seperti Google Assistant.

Nubia Z20 tersedia dalam pilihan warna Black, Blue, dan Orange. Penjualan perdananya di China akan dimulai pada 16 Agustus dan tersedia secara global pada september. Harganya mulai dari USD 497 sampai USD 596.

Apakah akan mampir juga ke pasar Indonesia? Belum ada kabar mengenai ini. Tetapi jika melihat rekam jejak beberapa ponsel Nubia sebelumnya, kecil kemungkinan Nubia Z20 dipasarkan di Tanah Air.