One UI 4 Berbasis Android 12 Digulirkan Untuk Samsung Galaxy S21 Series

Jakarta, Gizmologi – Selain Google Pixel yang memang smartphone rilisan pembuat sistem operasi Android, smartphone Samsung kini juga dikenal cukup rajin untuk hadirkan pembaruan software. One UI 4 sendiri sudah diperkenalkan ke publik sejak beberapa pekan lalu, bawa peningkatan-peningkatan dari Android 12.

Setelah konsumen diberikan kesempatan untuk menjajalnya dalam versi Beta, kini Samsung sudah siap berikan pembaruan perangkat lunak tersebut ke cukup banyak penggunanya. Namun bukan untuk pengguna smartphone Samsung terbaik di 2021, melainkan yang lebih mainstream, yakni Galaxy S21 series lebih dulu. Tepatnya Galaxy S21, S21+ dan S21 Ultra.

Baca juga: Review Samsung Galaxy S21 5G: Flagship Kecil Bertenaga

Ketiga smartphone tersebut sudah diresmikan sejak awal tahun, rilis dalam tiga dimensi fisik yang berbeda serta memiliki keunggulan masing-masing. Seperti yang kita ketahui bersama, tahun ini Samsung tidak merilis seri Galaxy Note. Melainkan “meleburkan” fitur unggulannya seperti stylus S Pen, dibuat kompatibel ke Galaxy S21 Ultra, termasuk smartphone layar lipat terbaiknya yakni Galaxy Z Fold3.

Galaxy S21 Series Sudah Bisa Icip One UI 4 Sejak 15 November

One UI 4

Dalam sebuah rilis resmi yang diterbitkan lewat situs Samsung global, Janghyun Yoon selaku Executive VP & Head of Software Platform Team untuk Mobile Communications Business, Samsung Electronics mengatakan, “kami berkomitmen untuk memberikan semua orang akses ke pengalaman seluler terbaik, sesegera mungkin, dan One UI 4 memenuhi janji itu.”

Dengan diluncurkannya One UI 4 dalam fase pertama, kapan pengguna Galaxy S21 series bisa mendapatkannya? Yang jelas, roll out atau peluncuran ke konsumen sudah dimulai sejak 15 November lalu. Sayangnya tak disebutkan secara gamblang di negara mana yang lebih dulu kebagian update—besar kemungkinan baru di negara asal alias Korea Selatan.

Jadi bagi Gizmo friends yang membeli unit Galaxy S21 series secara resmi, pastikan untuk terus lakukan pengecekan pembaruan One UI 4 atau ditunggu saja dalam beberapa pekan mendatang, hingga akhirnya datang secara otomatis. Berbasis Android 12, One UI 4 sendiri bakal memiliki sejumlah peningkatan baik dari tampilan yang lebih segar, plus fitur keamanan lebih lengkap nan memudahkan.

Seperti Color Palettes di One UI 4 yang memungkinkan pengguna memilih palet warna spesifik untuk diaplikasikan ke seluruh bagian mulai dari tombol-tombol aplikasi hingga lainnya. Widget juga diperbarui dengan beragam ukuran dan tampilan, sementara untuk fitur privasi, kamu bisa menentukan apakah sebuah aplikasi dapat mengakses lokasi persis, atau hanya perkiraan saja.

Pembaruan Juga Digulirkan Untuk Galaxy Watch

Samsung Galaxy Watch 4 Classic

Tentunya, kehadiran One UI 4 versi final di Galaxy S21 series ini baru tahap awal saja. “Nantinya, pengguna smartphone dan tablet (Samsung) lainnya juga akan dapat memanfaatkan pembaruan perangkat lunak ini, memungkinkan pengalaman yang lebih mulus di ekosistem kami,” tambah Janghyun.

Selain Galaxy S21 series, Samsung juga berikan pembaruan perangkat lunak khusus untuk Galaxy Watch series, mulai dari generasi pertama hingga Galaxy Watch3. Disebutkan bila pembaruan ini membawa fitur kesehatan serta watchface baru.

Sementara untuk perangkat seri lain, One UI 4 bakal segera menyusul ke Galaxy S20 series, Galaxy Note20 series, Galaxy S10 series, Galaxy Note 10 series, Galaxy Z Fold/Flip series dan beberapa Galaxy A series. Dari beberapa seri yang dituliskan, setidaknya pengguna Galaxy A52, Galaxy A52s 5G dan Galaxy A72 saja. Bisa jadi bakal ditambahkan ke depannya.

Tinggalkan komen