Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OnePlus 8 Series Bakal Dirilis 14 April Mendatang dengan Warna Baru

0 9.852

OnePlus akhirnya mengumumkan jadwal resmi perilisan flagship terbaru mereka di tahun 2020, OnePlus 8 series. Sebelumnya, dirumorkan bahwa produsen ponsel yang berada di bawah naungan induk perusahaan, BBK Electronics ini akan meluncurkan OnePlus 8 di tanggal 15 April. Namun pihak OnePlus telah mengonfirmasi bahwa peluncurannya diadakan satu hari lebih awal.

Ya, OnePlus 8 series bakal diperkenalkan secara online pada tanggal 14 April mendatang, pukul 11 AM EDT (alias pukul 10 malam WIB). Tak hanya OnePlus 8, seri OnePlus X yang sempat hadir resmi di Indonesia juga akan diperbarui dengan nama baru dan spesifikasi yang sesuai untuk ponsel Android menengah tahun 2020.

Baca juga: Spesifikasi OnePlus 8 Pro Bocor di Internet, Bawa Layar 120Hz & Sertifikasi IP68

Selain OnePlus 8, Akan ada OnePlus Z

OnePlus 8 Pro
OnePlus 8 Pro

OnePlus kini sudah membuka halaman teaser resmi yang bisa kamu akses di sini, menampilkan sebuah video yang memperlihatkan sedikit bentuk dari OnePlus 8, seperti frame dan tombol yang terbuat dari metal. Beberapa fitur kuncinya juga ditunjukkan seperti dukungan 5G dan layar 120Hz Fluid Display, dengan tagar baru, “Lead With Speed”. Tagar tersebut selaras dengan layar refresh rate tinggi, serta dukungan pengecasan yang cepat (30 watt lewat kabel maupun wireless).

Selain OnePlus 8 series, penulis dari XDA Developers, Max Weinbach juga menginfokan jika OnePlus akan memperbarui OnePlus X, ponsel menengah kelas premium yang dulu dikenal dengan desainnya yang kompak. Dua hari setelah info tersebut, Max mengonfirmasi jika penamaan untuk produk penerusnya akan dinamakan “OnePlus Z” dan bukan “OnePlus 8 Lite”. Jika memang iya, maka dimensinya tak bisa dibilang kecil, mengingat @OnLeaks mem-publish render foto ponsel tersebut dengan keterangan dimensi layar 6,5 inci. Kamera depannya sudah berjenis punch-hole, sementara bagian belakangnya dibuat berbeda dari OnePlus 8 series, dan punya tiga kamera utama.

OnePlus 8 Lite Z
Foto render OnePlus 8 Lite yang kini dipercaya sebagai OnePlus Z.

Kembali ke OnePlus 8 series. Ishan Agarwal, tipster yang cukup kredibel dalam dunia smartphone, menambahkan beberapa spesifikasi OnePlus 8. Untuk varian Pro, layar 120Hz dengan sisi lengkungnya diklaim punya akurasi warna yang lebih baik. Dukungan always-on 10bit HDR serta sertifikasi HDR10+ juga tersedia, dan layarnya bisa menyala terang sampai 1200 nits. Dari sisi software, OxygenOS akan terasa lebih halus dan cepat berkat kombinasi layar dan chipset Snapdragon 865. OnePlus juga memperbarui modul getarnya agar terasa lebih imersif.

Spesifikasi Kamera & Warna Baru OnePlus 8

warna baru OnePlus 8
OnePlus 8 Interstellar Glow (kiri) & Glacier Green (kanan).

Masing-masing sensor kameranya juga sudah diketahui. OnePlus 8 Pro menggunakan dua kamera 48MP, IMX689 f/1.78 sebagai sensor utama, dan IMX586 f/2.2 untuk ultra wide-angle dengan sudut pandang 120 derajat. Selain itu, ada lensa telefoto 8MP f/2.44 dengan 3x optical zoom & 30x digital zoom, plus satu sensor 5MP yang berperan sebagai color filter. Smartphone ini juga bakal dilengkapi mode Night Portrait baru, ‘3-HDR Video’, serta OIS dan efek sinematik yang lebih baik.

OnePlus juga akan memperkenalkan warna baru untuk OnePlus 8. Selain Onyx Black dan Glacial Green yang sudah diketahui sebelumnya, ada warna menarik, Interstellar Glow yang dapat berubah sesuai pantulan cahaya.

Pihak OnePlus sebelumnya telah mengumumkan bahwa peluncuran nanti akan terdiri dari seri smartphone yang mendukung 5G. Dengan begitu, tentu harganya akan semakin naik dari generasi sebelumnya. Belum lagi kabar OnePlus 8 Pro yang akhirnya dilengkapi dukungan wireless charging plus sertifikasi IP68 tahan debu dan air, yang tentunya menambah biaya produksi. Kita nantikan bersama-sama ya.