Gizmologi
Take a fresh look at your lifestyle.

Spesifikasi OnePlus 8 Pro Bocor di Internet, Bawa Layar 120Hz & Sertifikasi IP68

Sudah saatnya bagi OnePlus untuk merilis smartphone flagship terbaru mereka, agar bisa bersaing dengan produsen lainnya di 2020. Perusahaan yang berada di bawah naungan BBK Electronics Corp. ini biasa merilis flagship dua kali dalam satu tahun.

Foto-foto render OnePlus 8 Pro pun sudah bermunculan di internet, hasil karya salah satu leaker atau pembocor informasi yang cukup terkenal di media sosial Twitter, @OnLeaks. Kini, spesifikasi lengkap baik OnePlus 8 maupun OnePlus 8 Pro sudah tersedia secara cukup lengkap.

Spesifikasi OnePlus 8 Pro

OnePlus 8 Pro
OnePlus 8 Pro

Informasi perihal spesifikasi OnePlus 8 & OnePlus 8 Pro didapat dari Ishan Agarwal lewat akun Twitter pribadinya. Ishan juga dikenal sebagai tipster yang cukup kredibel dalam memberikan bocoran smartphone yang belum dirilis. OnePlus 8 Pro bakal punya layar yang cukup besar, berdimensi 6,78 inci dengan resolusi tinggi Quad HD+. Layar tersebut juga nantinya sudah mendukung refresh rate sampai 120Hz, setara dengan ROG Phone II milik ASUS. Belum diketahui apakah refresh rate tersebut bisa berjalan di resolusi tertinggi, atau harus turun ke full HD seperti pada Samsung Galaxy S20 series.

Baca juga: Review Asus ROG Phone II: Layak Beli dari Segala Sisi

Selanjutnya, untuk urusan dapur pacu, OnePlus 8 Pro tentu sudah menggunakan Qualcomm Snapdragon 865 dengan dukungan 5G. Ada dua pilihan RAM LPDDR5 (8GB/12GB) serta penyimpanan berjenis UFS 3.0 (128GB/256GB). Baterainya sendiri berkapasitas 4510 mAh, dan sudah mendukung Warp Charge 30 watt, wireless fast charging 30 watt, dan 3 watt reverse wireless charging.

Setup empat kamera belakangnya cukup unik. OnePlus 8 Pro dilengkapi dua sensor kamera 48MP, plus tambahan kamera 8MP & 5MP. Belum ada informasi mengenai fungsi dari masing-masing kameranya, sementara kamera depannya beresolusi 16MP dan sudah menggunakan desain hole-punch. Ponsel ini juga bakal punya sertifikasi IP68 tahan air, pertama untuk flagship dari OnePlus. Akan ada tiga varian warna yang tersedia yaitu Blue, Black dan Green.

Spesifikasi OnePlus 8, Alternatif Versi Pro

OnePlus 8
OnePlus 8

Dengan dimensi yang sedikit lebih kecil, OnePlus 8 menggunakan layar Super AMOLED 6,55 inci full HD+, memiliki refresh rate hingga 90Hz. Varian warnanya juga ada tiga, hanya saja warna biru digantikan dengan warna lain yaitu Glow. Kapasitas baterainya 4300 mAh dan juga sudah mendukung 30W Warp Charge.

Performa yang dimiliki juga harusnya bakal sama, mengingat OnePlus 8 juga menggunakan Snapdragon 865 dengan pilihan RAM dan memori internal yang sama. Kamera belakangnya hanya tiga, dengan resolusi masing-masing 48MP, 16MP & 2MP. Tidak ada dukungan wireless charging serta IP rating pada ponsel ini.

Kedua ponsel dikabarkan akan dirilis pada bulan April mendatang, namun rumornya sedikit mundur ke akhir April atau bahkan Mei, mengingat adanya pandemi virus korona saat ini. Dari kedua varian yang sudah dijabarkan di atas, lebih nungguin yang mana nih, Gizmo lovers?