JioPhone Next, Android Rp1,2 Jutaan Rancangan Google Untuk India

Jakarta, Gizmologi – Meski kini jumlah smartphone 5G terjangkau sudah mulai menjamur, masih ada beberapa negara berkembang yang masyarakatnya baru memutuskan untuk beralih dari feature phone ke smartphone pertamanya. Di India, misalnya, di mana Google meluncurkan JioPhone Next yang hadir sebagai opsi terbaik di kelasnya.

Smartphone Android baru ini memang bukan sepenuhnya dibuat oleh Google—pihaknya bekerja sama dengan vendor pihak ketiga, Reliance Jio untuk merancang perangkat yang benar-benar tepat sasaran. Bila Gizmo friends ingat, beberapa tahun lalu, Indonesia sempat kebagian “proyek” yang sama. Tepatnya di awal tahun 2015, di mana Google bekerja sama dengan Mito, Evercoss dan Nexian.

Kerja sama tersebut menghasilkan tiga smartphone yang cukup laris di pasaran, karena harganya yang bahkan menyentuh Rp699 ribu saja. Bisa dibilang, JioPhone Next hadir dalam bentuk yang sama. Hanya saja harganya lebih mahal, diikuti dengan spesifikasi yang jauh lebih memadai untuk kebutuhan harian.

Baca juga: Google Buat Pragati OS, Sistem Operasi Android dengan Sentuhan India

Spesifikasi JioPhone Next, Punya Kamera dengan Mode Malam

JioPhone Next

Secara desain, JioPhone Next terlihat mirip dengan Nokia C3 yang sempat kami ulas beberapa waktu lalu. Desainnya bisa dibilang simpel dan agak jadul, memiliki bezel tebal pada bagian layarnya. Setidaknya diberikan opsi tambahan warna biru, selain warna hitam yang terlihat sangat polos. Tak ditemukan spesifikasi bobot dan ketebalannya dalam situs resmi Jio.

Tampilan depannya didominasi dengan layar 5,45 inci yang masih gunakan rasio 16:9. Layar tersebut beresolusi HD+, mendukung input sentuh lebih dari satu jari, punya refresh rate 60Hz dan sudah terlapisi Gorilla Glass 3. Masih ditambah lapisan khusus untuk membuatnya lebih tahan dari bekas sidik jari, agar selalu nampak bersih.

Ketika dibalik, bodi belakang JioPhone Next dilengkapi speaker mono, logo Jio, serta satu sensor kamera 13MP yang mendukung autofokus. Menariknya, dalam lembar spesifikasi resmi, kamera depan 8MP juga mendukung autofokus, plus bisa merekam video hingga resolusi full HD 30fps.

Meski harganya sangat terjangkau, tak membuat fitur kameranya jadi terbatas. Cukup mengejutkan karena JioPhone Next dilengkapi fitur-fitur seperti mode malam, mode potret sampai efek augmented reality. Padahal, chipset yang digunakan hanyalah Qualcomm Snapdragon 215 dengan arsitektur CPU quad-core, memiliki kecepatan clock speed maksimum 1,3GHz, sama seperti Nokia 1.4.

Jalankan OS Kustom dengan Fitur Terjemah Lengkap

JioPhone Next

Dipasangkan dengan RAM 2GB dan penyimpanan internal 32GB, JioPhone Next tentu dilengkapi slot kartu microSD yang mendukung kapasitas sampai 512GB. Sementara untuk performa yang optimal, perangkat ini menjalankan Pragati OS, yakni Android Go yang sudah dikustomisasi khusus untuk kebutuhan pengguna di India. Apa saja fitur khusus yang ditawarkan?

Selain fitur kamera yang lengkap, JioPhone Next juga dirancang agar pengguna bisa gunakan perintah suara untuk akses semua fitur yang ada, dengan mengakses asisten Google. Plus, fitur untuk membacakan semua teks yang ada pada layar, hanya dengan menekan sebuah tombol. Dan menerjemahkan objek menggunakan kamera lewat Google Lens.

Baterainya sendiri berkapasitas 3,500 mAh, belum mendukung fast charging dan masih gunakan port micro-USB. Untuk fitur yang cukup oke plus dukungan jaringan 4G, JioPhone Next dibanderol INR1,999 atau sekitar Rp1,2 jutaan. Jio menyediakan opsi kredit hingga 24 bulan demi memudahkan pembelian perangkat.

Tinggalkan komen