alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

HTC Desire 21 Pro 5G Meluncur dengan Snapdragon 690 & Layar 90Hz

Bersamaan dengan euforia keramaian acara Consumer Electronics Show (CES) 2021, pabrikan smartphone asal Taiwan, HTC turut merilis sebuah smartphone baru. Namun tidak dirilis pada acara yang sama, melainkan hadir secara tiba-tiba di situs resmi. Hadir penuhi segmen mid-range, HTC Desire 21 Pro 5G diperkenalkan.

Ya, lagi-lagi HTC tidak merilis sebuah smartphone flagship, melainkan lebih ke smartphone mid-range dengan dukungan 5G. Sudah lama HTC tidak menunjukkan tajinya, terutama setelah beberapa karyawannya diambil oleh Google untuk sempurnakan lini Google Pixel mereka. Di Indonesia sendiri, HTC juga telah pamit lama sebelum aturan TKDN diterapkan.

Meski begitu, HTC masih belum menyerah dengan rilis HTC Desire 21 Pro 5G. Setidaknya smartphone ini sudah mengusung desain yang cukup kekinian; modul kamera belakang modern, material bodi yang dibuat matte dengan efek warna menarik, serta tampilan depannya yang sudah mengusung kamera punch-hole. Bagaimana dengan spesifikasinya?

Baca juga: HTC Desire 20+, Smartphone Mid-Range Rp4 Jutaan dengan Snapdragon 720G

Spesifikasi HTC Desire 21 Pro 5G

HTC Desire 21 Pro 5G

Sensor sidik jari HTC Desire 21 Pro 5G diletakkan di bodi samping, menyatu dengan tombol power. Hal tersebut karena panel yang digunakan berjenis IPS. Punya lebar 6,7 inci beresolusi full HD+, layar smartphone HTC pertama di 2021 ini cukup baik. Punya refresh rate 90Hz plus mendukung konten dengan standar HDR10.

Untuk urusan performa, dipercayakan kepada Qualcomm dengan chipset Snapdragon 690. Chipset tersebut dirilis pada Juni 2020 lalu, di mana saat itu Qualcomm sebutkan bila cip ini hadir untuk smartphone 5G Rp4 jutaan. Varian memorinya hanya satu, yaitu 128GB dengan RAM 8GB dan slot kartu microSD.

Sementara demi penuhi keperluan foto dan video, di depan disiapkan kamera 16MP yang dilengkapi fitur AI Beauty, bahkan untuk video. Sementara di belakang disiapkan sensor utama 48MP f/1.8, sensor ultra-wide 8MP f/2.2, dan dua sensor 2MP untuk hasilkan efek bokeh dan tangkap objek dekat (macro).

Fitur kamera yang diberikan cukup banyak, mulai dari mode malam, membuat gambar format bergerak (GIF) sampai efek augmented reality. Ditambah mode profesional dengan pengaturan ISO, white balance sampai exposure value. Perekaman videonya bisa sampai 4K, ditambah dengan EIS.

Selain sensornya yang lengkap termasuk NFC, HTC Desire 21 Pro 5G juga punya kapasitas baterai cukup besar di 5,000 mAh, yang bisa diisi secara cepat lewat protokol Qualcomm Quick Charge 4 Plus hingga 18W. Sayangnya, meski tergolong baru, sistem operasinya masih jalankan Android 10.

Ketersediaan & Harga HTC Desire 21 Pro 5G

HTC Desire 21 Pro 5G

Sementara ini, HTC Desire 21 Pro 5G baru dijual secara pre-order di negara asalnya. Belum diketahui apakah smartphone 5G menengah ini bakal hadir di wilayah lain atau tidak. Ada dua pilihan warna yang bisa dipilih, di mana keduanya memiliki aksen warna emas yang menarik.

HTC menawarkan Desire 21 Pro 5G seharga TWD11,990, atau sekitar Rp6 jutaan. Smartphone ini menjadi yang pertama dalam seri Desire dengan dukungan 5G. Dengan spesifikasi yang dibawa, sepertinya bakal cukup sulit untuk melawan kompetitornya di rentang harga sama.

Tinggalkan komen