alexa

OPPO Pamerkan Teknologi Pengisian Daya MagVOOC 40W & Kunci Kendaraan Digital

Jakarta, Gizmologi – Pengembangan teknologi pengisian daya pada smartphone kini sudah jauh berkembang. Tak hanya melalui kabel saja, bahkan secara nirkabel pun mendukung nilai watt besar, punya kecepatan yang tak kalah kencang. Kemarin (24/8), OPPO baru saja umumkan teknologi pengisian daya nirkabel terbarunya, MagVOOC.

Teknologi tersebut dipamerkan dalam Smart China Expo 2021, memiliki tema “Smart Technology: Empowering Economy, Enriching Life” dan berlangsung di Chongqing, China hingga 26 Agustus mendatang. Selain pamerkan teknologi MagVOOC, juga turut diperkenalkan konektivitas baru untuk kendaraan. Memungkinkan pengguna OPPO Find X3 & OPPO Watch 2 menyalakan kendaraan dari jarak jauh.

Henry Duan, Wakil Presiden dan Presiden Produk Smartphone OPPO mengatakan bila pihaknya terus berupaya untuk terapkan strategi baru di bidang IoT dan area yang lebih luas terkait Internet of Experience, bertujuan untuk berdayakan pelanggan dalam beragam skenario.

Baca juga: OPPO Pamerkan Teknologi Kamera Baru, Mulai Sensor RGBW & Zoom 85-200mm

“Dengan teknologi pengisian daya cepat magnetik dan konektivitas dalam mobil yang baru, kami melakukan yang terbaik untuk meningkatkan pengalaman pengguna pada setiap aspek,” jelas Henry melalui sebuah rilis yang diterima Gizmologi Selasa (24/8) lalu.

MagVOOC Flash Charge Tersedia dalam 3 Bentuk Perangkat

MagVOOC ultra-thin flash charger

Seperti yang kita ketahui bersama, OPPO telah hadir sebagai pionir teknologi pengisian daya kencang pada smartphone lewat VOOC. Mulai dari 65W hingga 125W, teknologi tersebut diperluas hingga metode tanpa kabel dengan AirVOOC.

Selain kencang, OPPO juga pastikan tingkat keamanan baterai serta memastikan agar suhu perangkat tidak panas, dengan mengalihkan panas tersebut ke adapter pengisi daya, supaya bisa tetap digunakan sambil isi daya. Kali ini, untuk pertama kalinya pengisian daya flash magnetik dipertunjukkan ke publik lewat seri OPPO MagVOOC.

Bila terasa familiar dengan namanya, sejatinya teknologi serupa diterapkan lebih dulu oleh Apple lewat MagSafe. Berbeda dengan wireless charger lainnya, “Mag” pada MagVOOC mengindikasikan penggunaan magnet, agar perangkat tersambung lebih aman. Saat ini diperkenalkan tiga jenis pengisi daya berbeda.

Yang pertama, MagVOOC ultra-thin flash charger yang berupa charging pad berbentuk sirkular dengan desain sangat ramping. Dirancang agar dapat menempel ke belakang bodi smartphone, arusnya lebih tinggi dari MagSafe, hingga 20W. Juga bisa isi daya perangkat lain dengan standar Qi hingga 10W.

MagVOOC wireless flash charging stand

Lalu jenis kedua adalah MagVOOC wireless flash charging stand, berjalan pada arus lebih kencang mencapai 40W. Sebagai simulasi, OPPO Ace 2 yang memiliki baterai 4,000 mAh dapat terisi penuh lewat perangkat ini hanya dalam waktu 56 menit saja. Persingkat proses isi daya 60% daripada menggunakan kabel.

Terakhir adalah MagVOOC wireless power bank. Dirilis sangat kompak dan mungil, dimensinya tak lebih besar dari bodi OPPO Find X3 Pro. Aksesori satu ini punya kapasitas 4,500 mAh, dan bisa isi daya secara nirkabel hingga 20W. Terdapat port USB-C untuk penggunaan kabel dan bisa alirkan daya 10W.

Dalam pengujian MagVOOC, OPPO seperti menggunakan versi kustom dari flagship terbaiknya di 2021. Belum ada informasi terkait kapan teknologi ini bakal tersedia di produk resminya. Namun bila dilihat jumlah perangkat yang tersedia, semoga tidak lama lagi ya.

Bekerja Sama dengan Vendor Kendaraan Ternama

OPPO VOOC wireless flash charging in the car

Dalam ajang pameran teknologi yang sama, OPPO juga ikutan unjuk gigi untuk perkenalkan kemampuan konektivitas smartphone di dalam mobil. Beberapa di antaranya berbentuk kunci digital, kontrol kendaraan jarak jauh hingga pengisian daya cepat di dalam mobil.

Dengan kunci digital, smartphone OPPO bisa membuka kunci mobil lewat koneksi Bluetooth bebas internet. Sementara untuk kendali jarak jauh, didemokan fungsi seperti menyalakan AC dan membunyikan klakson langsung dari Find X3 maupun OPPO Watch 2.

Teknologi pengisian daya 65W VOOC flash charge & 40W VOOC wireless charge juga bisa disematkan di dalam interior kabin. OPPO telah jalin kemitraan dengan beberapa merek kendaraan seperti NIO, BYD Auto hingga Geely. Sehingga teknologi-teknologi baru ini bakal hadir di beberapa kendaraan terbaru nantinya. Dari kedua teknologi tersebut, mana yang paling kamu tunggu-tunggu?

Tinggalkan komen