Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

HTC Desire 20+, Smartphone Mid-Range Rp4 Jutaan dengan Snapdragon 720G

0 3.723

Sejak pertengahan tahun 2020, brand smartphone asal Taiwan yang satu ini bisa dibilang kembali aktif merilis produk baru, setelah sebelumnya seperti vakum tanpa kehadiran flagship baru. Sebagian divisinya memang telah diakuisisi oleh Google, demi sempurnakan Google Pixel mereka. Namun tak lantas membuat HTC setop rilis produk.

Setelah meluncurkan smartphone 5G mereka di bulan Juni kemarin, diikuti dengan smartphone sejutaan, kali ini HTC menyasar segmen Android kelas menengah atau mid-range. HTC Desire 20+ hadir dengan opsi warna yang cukup menarik, memiliki gabungan desain unik nan lawas. Prosesor yang cukup bertenaga tak diimbangi dengan spesifikasi layar yang prima.

Baca juga: Kembali Ramaikan Pasar Smartphone, HTC Rilis U20 5G & Desire 20 Pro

Spesifikasi HTC Desire 20+

HTC Desire 20+

Jika dilihat dari belakang saja, HTC Desire 20+ cukup menarik dengan back cover yang memiliki pola bergaris, mengingatkan kita kepada realme C15 dan C series lainnya. Desain kameranya sudah kekinian, memiliki empat sensor kamera utama. Peletakan sensor sidik jari di belakang mungkin terasa outdated, namun Pixel 5 pun gunakan letak sama.

Bagian depan smartphone ini terlihat seperti smartphone low-end, masih gunakan desain kamera depan waterdrop notch, sementara bezel bawahnya juga cukup tebal. Dimensi layar yang besar di 6,5 inci hanya miliki resolusi HD+ alias 720p. Yah setidaknya sudah gunakan panel IPS, dan kamera depannya beresolusi cukup tinggi di 16MP f/2.0.

Kamera depan tersebut mendukung fitur HDR, dan sanggup rekam video hingga resolusi full HD. Sementara di bagian belakang, terdapat empat kamera dengan sensor utama 48MP f/1.8. Lalu ada 5MP ultra-wide dengan sudut pandang 115 derajat, 5MP depth sensor dan 2MP macro. Ditemani dual-LED flash, HTC sematkan fitur seperti AI scene detection dan perekaman video 4K.

Prosesor Qualcomm Snapdragon 720G pada HTC Desire 20+ sama seperti r, miliki clockspeed tertinggi hingga 2,3GHz. Dengan resolusi layar yang lebih rendah, seharusnya performa smartphone yang jalankan Android 10 ini bakal berjalan mulus. Kapasitas RAM-nya cukup lega di 6GB, ditambah penyimpanan internal 128GB, masih bisa ditambah kartu microSD.

Kapasitas baterainya juga sudah mengikuti standar smartphone Android mid-range 2020. Dengan 5,000 mAh, HTC juga berikan dukungan Quick Charge 4.0 agar pengisian dayanya tak memakan waktu lama. Smartphone ini hadir dalam dua opsi warna, yaitu Dawn Orange dan Twilight Black.

Harga HTC Desire 20+

HTC Desire 20+

Dirilis di taiwan, HTC Desire 20+ dijual seharga TWD8,490 atau sekitar Rp4,3 jutaan. HTC sendiri belum menyebutkan penjualan baik di negara asal maupun ketersediaanya secara global, namun perkiraan menyebutkan akhir Oktober ini.

Harga tersebut bisa dibilang cukup fantastis untuk spesifikasi yang dibawa. Meski sudah gunakan Snapdragon 720G, bagian lain seperti sensor kamera belakang maupun layarnya sangat tertinggal. Terutama ketika brand lain sudah berlomba gunakan sensor kamera 64MP, serta layar full HD dengan refresh rate mencapai 120Hz seperti Poco X3 NFC, di harga yang jauh lebih murah.