Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

realme V15 5G Diperkuat dengan Dimensity 800U, Harga Rp3 Jutaan

3 6.427

Setelah rumornya bermunculan selama beberapa pekan terakhir, pabrikan smartphone dan aksesori AIoT asal Shenzhen, China yang satu ini merilisnya secara resmi. Ya, realme V15 5G menjadi smartphone pertama yang dirilis oleh realme untuk menyongsong tahun 2021. Seperti ciri khas produk realme, punya spesifikasi mumpuni dengan harga murah.

realme V15 5G adalah perwujudan dari “realme Koi”, yang sebelumnya dikabarkan adalah wujud lain dari “realme Race”. Saat itu, diperkirakan bila smartphone ini bakal jadi yang pertama dari realme untuk gunakan chipset Snapdragon 888. Nyatanya, perkiraan tersebut meleset. Sepertinya kita harus menunggu lebih lama lagi untuk flagship dari realme.

Bila dilihat dari desainnya, realme V15 5G terlihat sedikit mirip dengan OPPO Reno5 yang sebentar lagi hadir di Tanah Air. Hanya saja, gradasi warnanya terlihat lebih ekstrim, dengan teks “Dare to Leap” yang sangat besar. Sensor kameranya pun diletakkan secara vertikal di bagian atas kiri layar.

Ada tiga versi warna; Crescent Silver, Mirror Lake Blue serta Koi. Versi warna terakhir memiliki bobot 3 gram lebih berat serta lebih tebal sekitar 2mm. Hal tersebut karena realme perlu melakukan proses tambahan agar bodi bisa refleksikan cahaya dari seluruh sisi.

Baca juga: Perjalanan realme di 2020: Bangun Ekosistem AIoT Hingga Pertumbuhan Tercepat

Spesifikasi realme V15 5G

realme V15 5G

Namun bila dilihat dari depan, smartphone ini terlihat sangat identik dengan realme 7 Pro yang juga sudah kami ulas. Mulai dari ketebalan bezel, peletakan kamera punch-hole hingga lubang earpiece di atas. Begitu pula spesifikasinya, punya dimensi 6,4 inci AMOLED beresolusi full HD+.

Layar tersebut belum mendukung refresh rate tinggi, alias masih 60Hz saja. Namun setidaknya bakal cukup responsif saat digunakan untuk bermain gim, berkat touch sampling rate 180Hz. Sensor sidik jarinya disematkan di balik layar. Sementara kamera depannya sendiri beresolusi 16MP.

Di belakang, sensornya memang tidak sebanyak seri realme lainnya bahkan kelas entri seperti realme C15. realme V15 5G mengusung sensor utama beresolusi 64MP, ditemani ultra wide-angle 8MP dan sebuah sensor 2MP untuk foto jarak dekat (makro). realme sediakan beberapa fitur khusus seperti Super Night Mode, Movie Mode hingga stabilisasi UIS Max.

Untuk urusan performa, di balik bodi dan layar terdapat sebuah chipset yang sudah cukup umum dari MediaTek, yaitu seri Dimensity 800U. Chipset tersebut ditemani penyimpanan internl 128GB, dan pilihan RAM 6/8GB. Agar performa tetap terjaga, disematkan punya pendingin khusus untuk penyebar panas.

Kapasitas baterai 4,310 mAh pada realme V15 5G bisa diisi secara cepat hingga arus 50W lewat port USB-C. Meski begitu, realme bakal sematkan adaptor charger yang mendukung hingga 65W. Tanpa jack audio, realme juga berikan adapter dari USB-C ke 3,5mm.

Meski tergolong baru, realme V15 5G bakal hadir dengan Android 10 dan tampilan antarmuka realme 1.0. Dijanjikan bakal segera mendapat pembaruan realme UI 2.0 berbasis Android 11. Untuk tingkatkan kualitas audio, smartphone realme terbaru ini juga punya sertifikasi Hi-Res Audio.

Harga realme V15 5G

realme V15 5G

Pertama kali dijual di negara asalnya, realme V15 5G memiliki banderol harga yang cukup terjangkau. Varian RAM 6GB dijual seharga CNY1,499 (Rp3,2 jutaan), sementara RAM 8GB di CNY1,999 (Rp4,3 jutaan). Bakal tersedia mulai 14 Januari 2021 mendatang.

Namun selama masa pre-order yang dimulai 7 Januari, konsumen bisa mendapatkannya dengan harga promo CNY1,399 saja, alias Rp3 jutaan. Tergolong murah untuk spesifikasi yang diusung. Sayangnya, belum ada informasi mengenai ketersediaannya di luar China.

Tunjukkan Komen (3)