Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Rilis Galaxy A21, Smartphone Termurah dengan Empat Kamera

0 58.876

Dalam kuartal pertama tahun 2020, Samsung secara rutin merilis produk penyegaran dari seri-seri yang sudah ada sebelumnya. Selain flagship dan kelas menengah, Samsung tentu tidak melupakan seri varian terjangkau, dengan merilis Galaxy A01, Galaxy A11 hingga Samsung Galaxy A21.

Yup, masih tersisa satu seri yang belum dihadirkan pembaruannya, yaitu belum ada versi baru dari Samsung Galaxy A20s. Di minggu pertama kuartal kedua ini, Samsung resmi menghadirkan Galaxy A21. Bisa dibilang, smartphone ini merupakan empat kamera termurah dari produsen ponsel asal Korea Selatan tersebut.

Baca juga: Samsung Galaxy M11 Hadir dengan Triple Camera & Baterai 5000 mAh

Smartphone ini dirilis bersamaan dengan peresmian kehadiran seri Galaxy A lainnya untuk pasar Amerika Serikat. Samsung Electronics America Inc. membawa Galaxy A01, Galaxy A11, Galaxy A21 serta Galaxy A51 untuk pertama kalinya ke konsumen AS, disatukan dalam rangkaian peluncuran “2020 A Series” untuk musim panas 2020.

“Jika Anda mencari perangkat yang andal dan terjangkau dengan baterai tahan lama, layar berkualitas tinggi, kamera multi-lensa dan banyak penyimpanan, ada perangkat seri Galaxy A untuk Anda,” kata Drew Blackard, Head of US Mobile Product Management, Samsung Electronics America.

Spesifikasi Samsung Galaxy A21

Samsung Galaxy A21

Samsung Galaxy A21 tentunya punya desain identik layaknya varian smartphone terjangkau seri Galaxy A lainnya. Mengingat kelasnya, maka wajar jika bezel bawah sedikit lebih tebal dari ketiga sisi lain bezel depannya. Bagian depan Galaxy A21 memiliki layar 6,5 inci yang cukup besar, meski hanya beresolusi HD+. Tapi sudah mengusung desain kamera punch-hole atau yang Samsung sebut dengan “Infinity-O display”, jadi sudah terlihat lebih kekinian.

Sensor sidik jari terletak di bagian belakang, bersama dengan setup empat kamera yang dibuat sejajar, diletakkan di sisi atas kiri ponsel. Secara keseluruhan, desain back cover Samsung Galaxy A21 malah mengingatkan saya ke Redmi Note 8.

Yup, kamera utamanya ada empat, meningkat dari seri sebelumnya, membuat smartphone ini jadi opsi termurah untuk smartphone Samsung empat kamera. Sensor utamanya beresolusi 16MP, ditemani kamera 8MP ultra wide-angle, 2MP depth sensor serta 2MP macro untuk jarak dekat. Kamera depannya sendiri beresolusi 13MP, lebih dari cukup untuk sekadar swafoto atau melakukan panggilan video.

Kapasitas baterainya tetap berukuran besar, 4.000 mAh dan sudah mendukung pengecasan cepat 15 watt. Samsung sendiri tidak menyebutkan spesifikasi prosesor yang digunakan, tapi menurut informasi yang sudah terlihat di Geekbench, smartphone ini menggunakan chipset Helio P35 octa-core dari MediaTek. Chipset tersebut dipasangkan dengan RAM 3GB dan penyimpanan 32GB, bisa ditambah dengan kartu microSD sampai 512GB.

Harga Samsung Galaxy A21

Samsung Galaxy A Series US 2020
Jajajaran smartphone Samsung Galaxy A series yang baru masuk pasar AS awal 2020.

Di Amerika Serikat, Samsung Galaxy A21 akan dijual seharga USD 249,99 atau sekitar Rp3,9 jutaan rupiah. Samsung belum menyebutkan kapan pastinya smartphone ini mulai dirilis, selain musim panas untuk Amerika Serikat. Kalau harganya dirasa mahal, wajar saja, karena selain kurs dollar sedang tinggi, harga untuk pasar AS memang lebih mahal dari Indonesia. Sebagai contoh, Samsung Galaxy A51 yang sudah kami ulas sebelumnya, dijual seharga USD 400, atau sekitar Rp6,4 jutaan.


Beli produk Samsung di:

 Eraspace (Erafone) Lazada.co.id Urban Icon Shopee