Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review Samsung Galaxy A51: Siklus yang Makin Pendek

Samsung makin produktif merilis smartphone baru. Khususnya untuk di seri A, siklusnya menjadi sangat pendek. Di tahun 2019, untuk kelas yang sama mereka telah merilis Galaxy A50 pada April, dilanjutkan dengan Galaxy A50s pada September. Selanjutnya, di pertengahan Januari 2020 mereka meluncurkan sekuelnya Samsung Galaxy A51.

Jika diperhatikan, jarak peluncurannya menjadi lebih pendek. Dari Galaxy A50 ke A50s hanya 5 bulan. Kemudian dari Galaxy A50s ke A51 hanya 4 bulan. Berbeda dengan produk flagship yakni seri S dan Note yang hanya setahun sekali dengan memberikan teknologi terbaiknya, seri A ini lebih terlihat sebagai respon untuk bersaing di pasar.

Produk di seri A dengan varian yang cukup luas dari low-end sampai high-end dirancang untuk bisa bertarung di pasar yang memang kompetisinya sangat ketat. Samsung Galaxy A51 sendiri dilengkapi dengan spesifikasi dan performa oke di kelasnya.

Baca juga: Daftar Harga Smartphone Terbaru 2020

Untuk bisa mengetahui seperti apa kemampuannya, simak review Samsung Galaxy A51 berikut ini.

Desain

Samsung Galaxy A51 desainTidak ada yang istimewa pada desain Samsung Galaxy A51. Bodinya mirip dengan seri sebelumnya Galaxy A50s. Ponsel ini memiliki tampilan casing dengan tarikan grafis holografis. Dengan garis-garis diagonal yang bertabrakan dipadu warna berbeda membuat segar. Di bawah pantulan cahaya terang membuat casing ponsel ini jadi lebih cantik dengan warna yang berbeda tergantung arah cahaya.

Desain dari smartphone Samsung Galaxy A51 ini sangat tipis dan memiliki ukuran dengan panjang 158.4 mm dan memiliki lebar 73.7 mm hingga ketebalan 7.9 mm. Untuk melengkapi fitur dan spesifikasi yang ditawarkan, Samsung Galaxy A51 dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari yang terdapat di dalam layar.

Tidak ikut-ikutan seri flagship, ponsel ini tetap pula menyediakan jack audio 3.5 mm agar yang punya earphone kabel lebih nyaman mendengarkan musik. Selain itu terdapat slot microSD. Sehingga pengguna bisa tetap nyaman menggunakan smartphone Galaxy A51 tersebut.

Nah, untuk bagian di belakang hp ini juga memiliki dan dibekali dengan 4 kamera yang menandakan langsung bahwa hp ini memang dipersiapkan sebagai salah satu smartphone dengan fotografi terbaik. Sebagaimana seri sebelumnya, Samsung Galaxy A51 tidak diproteksi dengan ketahanan terhadap air dan debu.

Layar

Smartphone ini dibekali  panel Super AMOLED yang menyajikan kualitas gambar lebih bersih, jernih dan juga tajam. Smartphone Samsung Galaxy A51 ini memiliki layar seluas 6.5 inci dan memiliki resolusi yang mencapai 1080 x 2340 pixels. Selain itu, hp ini juga memiliki kerapatan dengan sebesar 396 ppi dan rasio 19.5:9.

Tak hanya itu saja,  ponsel Samsung ini juga dibekali dengan pelindung Corning Gorilla Glass 3 sehingga layar smartphone bisa terlindungi dengan baik dari goresan ataupun lecet. Ada yang menarik yang ditawarkan oleh Samsung tipe ini. Yaitu dengan hadirnya sebuah lubang kamera depan yang memang sengaja dibuat secara simetris tepatnya pada bagian tengah atas smartphone tersebut. Konsepnya persis dengan yang ada di Galaxy Note10.

Kamera Samsung Galaxy A51

Samsung Galaxy A51 kameraDari segi kamera bisa dikatakan smartphone ini memiliki keunggulan tersendiri yang ditawarkan. Dimana Samsung Galaxy A51 ini dibekali dengan empat lensa kamera yang terletak pada bagian sisi belakang smartphone sehingga kemampuan untuk mengambil sebuah foto dan video sangat mendukung dan mumpuni sekali. Untuk kamera utama yang ditawarkan oleh smartphone Samsung ini dibekali dengan 48 MP dan didukung penuh dengan sensor 1/2”, 0.8 µm dan aperture f/1.8 serta dilengkapi pula dengan PDFA.

Berikutnya ada juga sensor kamera kedua yang merupakan lensa telephoto yang memiliki resolusi 5 MP, lalu ada juga lensa ultra wide dengan resolusi 12 MP hingga depth sensor yang beresolusi 5 MP. Nah, agar bisa memaksimalkan langsung kemampuan dari kamera tersebut, maka Samsung menyediakan pula beragam fitur fotografi yaitu seperti HDR, Panorama, Live Focus hingga sampai merekam video 4K.

Nah, untuk bagian kamera depan yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy A51 juga tidak kalah menarik. Pasalnya smartphone ini memiliki kamera depan dengan resolusi 32 MP yang ditempatkan langsung di bagian tengah layar smartphone. Untuk kemampuan dari kamera depan ini tentunya sangat mumpuni sekali sehingga pada saat Anda mengambil foto selfie ataupun video akan terlihat sangat jelas dan bagus, karena memang telah dilengkapi dengan fitur terbaik yaitu Live Focus.

Hasil foto

Ultra wide
Normal (zoom 1x)
Makro
Selfie dengan live focus

Untuk hasil foto selengkapnya, silakan lihat di galeri Google Photos.

Konektivitas

Meskipun memang harga jual smartphone Samsung Galaxy A51 ini lebih murah dibandingkan dengan smartphone dengan spesifikasi lainnya, tetap saja kualitas dari smartphone ini tidak boleh dipandang rendah ataupun sebelah mata.

Mengapa demikian? karena memang Samsung ini telah dibekali langsung dengan fitur-fitur konektivitas yang sangat lengkap dan mumpuni sehingga membuat para pengguna menjadi nyaman menggunakannya. Untuk fitur konektivitas yang ada di smartphone ini yaitu seperti Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac Dual Band.

Kemudian ada juga fitur Bluetooth v5.0, lalu port USB Type-C, NFC dan GPS. Selain itu, koneksi internet smartphone ini dibekali dengan HSPA, LTE dan didukung pula dengan Dual SIM card yang membuat pengguna bisa menggunakan dua kartu sim card sekaligus.

Performa

Selanjutnya yaitu performa hp Samsung Galaxy A51. Dimana hp ini tidak kalah dengan smartphone lainnya karena untuk sektor pacunya hp ini sudah sangat bagus sekali. Sebab smartphone ini mengandalkan chipset Exynos 9611 dengan fabrikasi 10mm. Jadi, nantinya chipset tersebut akan memiliki kecepatan dengan processor Octa Core yang nantinya akan terbagi menjadi dua inti seperti Quad core 1.7 Ghz Cortex-A53 dan juga Quad Core 2.3 Ghz Cortex-A73.

Selain itu, hp ini juga tersedia pula dengan pengolahan grafis Mali-G72 MP3 dan juga sistem operasi Android 10 yang mana nantinya akan dibalut dengan OneUI. Nah, untuk memori yang tersedia di smartphone ini juga sangat beragam, yakni mulai dari RAM 4GB/64GB, lalu ada juga RAM 4GB/128GB hingga RAM 6GB/128GB. Jadi, apabila nantinya para pengguna merasa memori internalnya kurang dan ingin lebih besar lagi maka Anda bisa menambahkan pula MicroSD hingga up to 512GB.

Sedikit informasi buat Anda mengenai smartphone Samsung Galaxy A51 ini, dimana untuk pasar Indonesia kini Samsung hanya menyediakan dan menawarkan satu varian memori saja yaitu dengan versi RAM 6GB dan memori internal 128GB. Jika Anda merasa memori internal kurang maka Anda bisa menggunakan memori tambahan seperti MicroSD sebesar 512GB.

Baterai 

Jika berbicara dari segi baterai tentu smartphone ini dibekali dengan kapasitas baterai yang terbilang cukup besar yaitu berkapasitas 4.000 mAh dan dilengkapi pula dengan fast charging 15W sehingga pengisian baterai bisa terisi dengan cepat. Bagi para penggemar game maka Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli smartphone ini karena salah satu keunggulan yang ditawarkan memang tidak hanya dari segi kamera, layar dan lainnya, melainkan kapasitas baterai yang digunakan di smartphone ini jauh lebih besar sehingga bisa bertahan lama khususnya pada saat bermain game.

Selain itu, berkat dukungan teknologi AI sehingga membuat Samsung Galaxy A51 ini bisa menghasilkan performa yang jauh lebih baik dan efisien. Nah, berkat fitur tersebut, Galaxy A51 mampu untuk menyesuaikan kemampuan konsumsi daya baterai dan mengoptimalkannya dengan baik sehingga para pengguna bisa dengan nyaman menggunakan smartphone Galaxy A51 ini.

Kesimpulan

Jadi, itulah ada sedikit informasi yang bisa Anda lihat mengenai review dari smartphone Samsung Galaxy A51. Nah, jika Anda tertarik dengan smartphone yang satu ini setelah Anda membaca review seperti diatas maka Anda bisa membelinya dengan nyaman. Sebab smartphone Samsung ini ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau yakni dibanderol seharga Rp 4.399.000 saja untuk kapasitas RAM 6GB/128GB.


Beli Samsung Galaxy A51 di E-commerce:

BLIBLI LAZADA eraspace erafone Shopee Samsung Estore

Spesifikasi Samsung Galaxy A51

Samsung Galaxy A51
Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih lengkap

General

  • Device Type
    smartphone
  • Model / Series
    Samsung Galaxy A51
  • Released
    14 Januari, 2020
  • Status
    Available
  • Price
    Rp 4.399.000 (6/128GB) (launch price)

Platform

  • Chipset
    Exynos 9611 (10nm)
  • CPU
    Octa Core (Quad 2,3GHz + Quad 1,7GHz)
  • GPU
    Mali-G72 MP3
  • RAM (Memory)
    6 GB RAM
  • Storage
    128 GB, support Micro SD Slot Up to 512 GB
  • Operating System
    Android 10
  • User Interface
    Samsung One UI 2.0

Design

  • Dimensions
    158.5 x 74.5 x 7.7mm
  • Weight
    166 g
  • Design Features
    3D Curved Edge Design Front glass, plastic body
    Warna: Prism Crush Black, Prism Crush White, dan Prism Crush Green
  • Battery
    Non-removable 4,500 mAh battery
    Fast battery charging 15W

Network

  • Network Frequency
    GSM/ HSPA/ LTE
  • SIM
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Display

  • Screen Type
    Infinity-U SuperAMOLED
  • Size and Resolution
    6.4-inch FHD+ (1080x2340), 19.5:9 ratio (~403 ppi density)
  • Touch Screen
    capacitive touchscreen
  • Features
    Corning Gorilla Glass 3

Camera

  • Multi Camera
    Yes (Rear)
  • Rear
    Main: 48MP, F2.0 Depth: 5MP, F2.2 Macro: 5MP, F2.4 Ultra Wide: 12MP, F2.2
  • Front
    32MP (F2.0) wide
  • Flash
    Yes
  • Video
  • Camera Features
    LED flash, panorama, HDR

Connectivity

  • Wi-fi Wi-Fi is a popular wireless networking technology using radio waves to provide high-speed network connections that allows devices to communicate without cords or cables, Wi-Fi is increasingly becoming the preferred mode of internet connectivity all over the world.
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
  • Bluetooth Bluetooth is a wireless communications technology for exchanging data between mobile phones, headsets, computers and other network devices over short distances without wires, Bluetooth technology was primarily designed to support simple wireless networking of personal consumer devices.
    5.0, A2DP, LE
  • USB
    2.0, Type-C 1.0 reversible connector
  • GPS GPS The Global Positioning System is a satellite-based radio navigation system, GPS permits users to determine their position, velocity and the time 24 hours a day, in all weather, anywhere in the world, In order to locate your position, your device or GPS receiver must have a clear view of the sky.
    Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS
  • HDMI HDMI (High-Definition Multimedia Interface) is a compact audio/video interface for transferring uncompressed video data and compressed or uncompressed digital audio data from a HDMI-compliant source device to a compatible computer monitor, video projector, digital television, or digital audio device.
    No
  • Wireless Charging Wireless Charging (Inductive Charging) uses an electromagnetic field to transfer energy between two objects. This is usually done with a charging station. Energy is sent through an inductive coupling to an electrical device, which can then use that energy to charge batteries or run the device.
    No
  • NFC NFC (Near field communication) is a set of standards for smartphones and similar devices to establish peer-to-peer radio communications with each other by touching them together or bringing them into proximity, usually no more than a few inches.
  • Infrared Infrared connectivity is an old wireless technology used to connect two electronic devices. It uses a beam of infrared light to transmit information and so requires direct line of sight and operates only at close range.
    No

Smartphone Features

  • Multimedia Features
    - Active noise cancellation with dedicated mic
  • FM Radio
    Yes
  • Web Browser Web Browser => a web browser is a software application used to locate, retrieve and display content on the World Wide Web, including Web pages, images, video and other files, The primary function of a web browser is to render HTML, the code used to design or markup webpages.
    HTML5
  • Messaging
    SMS; MMS
  • Sensors Sensors are electronic components that detects and responds to some type of input from the physical environment. The specific input could be light, heat, motion, moisture, pressure and location, The output is generally a signal that is converted to use in computing systems, a location sensor, such as a GPS receiver is able to detect current location of your electronic device.
    Fingerprint (under display), accelerometer, gyro, proximity, compass
    ANT+
  • Other
    Samsung Pay, Bixby Home, Bixby Reminder3, Dolby Atmos, Samsung Knox
79%
Okay

Review Samsung Galaxy A51

b smartphone Samsung ini ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau yakni dibanderol seharga Rp 4.399.000 saja untuk kapasitas RAM 6GB/128GB.

Beli
Samsung Galaxy A51 di Erafone
  • Design
  • Display
  • Camera
  • Performance
  • Battery
14 Komen
  1. Diestra berkata

    terimakasih reviewnya!

    jadi tertarik cuma harganya masih lumayan ya hehehe

    1. Bambang Dwi Atmoko berkata

      Nabung dulu. Hehehe

  2. Cjb berkata

    Alhamdulillah Taiwan 10.300 NTD
    sudah memilikinya

    1. Bambang Dwi Atmoko berkata

      Keren. Gimana pengalaman memakainya?

  3. Simprinas Erwan berkata

    Terimakasih, puas pemakainnya. Kamera yg bagus dan RAM yg lumayan besar jadi bagus buat kerja.

  4. Simprinas Erwan berkata

    Terimakasih, puas pemakainnya. Kamera yg bagus dan RAM yg lumayan besar jadi bagus buat kerja.

  5. Ryan berkata

    Main pubg ngelek parah smpe mata sakit

  6. […] menarik dari hp Samsung terbaru ini adalah desainnya. Pasalnya Galaxy A51 memiliki desain mirip Galaxy Note 10 Series yang sama-sama memiliki layar punch hole ditengah. Banyak orang yang menyebut layar tersebut […]

  7. Deedad berkata

    Keren banget , sayangnya punyaku hilang jatuh dijalan, andaikan bsa dilacak melalui imei

    1. Darmansyah berkata

      Untuk buat kerjaan da bisa atau untuk kuliah.
      Pas ngambil video untuk tugas rupanya ada stabil video nya, awal” nya gak tau. Wkwkkwk
      Tpi pas dikasih tau sma teman kuliah yg di kampus UMA (www.uma.ac.id) aalagi sekarang udah menggunakan elearning.uma.ac.id gak putus” sih pas make buat kuliah online nya.

  8. Aliya berkata

    Sangat lengkap review nya. Terima kasih

  9. prastiwi berkata

    NFC di daftar kenapa x padahal aslinya ada, sebab hp ini yg sekarang sy pakai..

  10. Danty berkata

    Sy beli 4.6 jt malah.
    Mau beli OL saat flight ditutup ke Batam gini takut lama atau malah ga sampai.
    Untuk foto selfie sih sy kurang puas, tp kalo foto pemandangan memang keren hasilnya jernih banget.

  11. Bachtiar berkata

    Tertarik , tapi turun harga dongg ??

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.