Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OPPO A93 5G Meluncur dengan Snapdragon 480 & Memori 256GB

0 5.857

Beberapa hari yang lalu, OPPO Indonesia baru saja meresmikan OPPO Reno5 dengan kenggulan pada teknologi perekaman videonya. Di negara asalnya, OPPO baru saja perkenalkan smartphone 5G murah terbarunya yaitu OPPO A93 5G. Smartphone ini gunakan chipset yang juga terbaru dari Qualcomm.

Dengan kepopuleran jaringan 5G yang semakin naik di China, maka sangat wajar bila OPPO terus merilis smartphone yang mendukung konektivitas tersebut. OPPO A93 5G adalah perangkat yang berbeda dari OPPO A93 versi global, di mana varian non-5G tersebut adalah nama lain dari OPPO Reno4 F kalau di Indonesia.

Desain dari OPPO A93 5G bisa dibilang terlihat lebih mirip seperti OPPO A53, dengan desain modul kamera belakang dibuat besar dan peletakan sensor kameranya yang sejajar. Smartphone ini hadir dalam tiga opsi warna, dengan satu warna yang berikan efek beragam warna sekaligus, yaitu Aurora.

Spesifikasi OPPO A93 5G, Usung Layar 90Hz

OPPO A93 5G

Selain modul kamera, tak terlihat adanya sensor sidik jari, karena diletakkan di samping alias menyatu dengan tombol power. Sementara di bagian depan, smartphone ini sudah mengusung desain kamera punch hole dengan bezel relatif tipis. Dimensi layarnya sendiri mencapai 6,5 inci, dengan resolusi full HD+.

Mengingat seri yang lebih rendah pun kini sudah mengusung refresh rate 90Hz, maka tak heran bila OPPO A93 5G juga sudah gunakan teknologi yang sama, ditambah touch sampling rate 180Hz. Kamera depannya sendiri beresolusi 8MP, dilengkapi fitur AI Smart Beauty dan efek AR khusus untuk berikan sentuhan animasi di hasil fotonya.

Setup kamera belakangnya bisa dibilang cukup sederhana, malah mengalami penurunan dari seri OPPO A92. OPPO A93 5G hanya dilengkapi tiga sensor kamera di bodi belakangnya. Tanpa sensor ultra wide-angle, yang tersedia hanya sensor utama 48MP, plus dua sensor 2MP untuk depth sensor dan kamera makro.

Yang lebih menarik, OPPO A93 5G langsung hadir menggunakan chipset Snapdragon 480 dari Qualcomm, baru saja diperkenalkan ke publik secara resmi awal Januari 2021 kemarin. Cip ini sudah memiliki modem 5G terintegrasi, mendukung baik jaringan mmWave dan Sub-6 GHz. performanya CPU dan GPU-nya diklaim dua kali lebih baik dibandingkan Snapdragon 460.

Di situs resminya, OPPO memasarkan smartphone ini dengan RAM 8GB dan kapasitas penyimpanan internal yang tergolong sangat luas di kelasnya, yaitu 256GB. OPPO mengklaim pengguna bebas mengambil foto hingga 60 kali setiap hari dan baru penuh setelah tiga tahun pemakaian. Dan untuk menjaga performa, disiapkan teknologi pendingin tiga lapis di dalamnya.

Menjalankan ColorOS 11 berbasis Android 11, OPPO A93 5G dilengkapi fitur Hyper Boost 4.0 untuk tingkatkan pengalaman bermain gim. Kapasitas baterai 5,000 mAh bakal cocok untuk temani kebutuhan gaming, ditambah dukungan fast charging 18W.

Harga OPPO A93 5G

OPPO A93 5G

Selain warna Aurora, OPPO A93 5G juga dijual dalam opsi warna Elegant Silver dan Dazzle Black. Harga untuk varian memori 256GB dibanderol CNY1,999, atau sekitar Rp4,3 jutaan. Tergolong terjangkau untuk sebuah smartphone 5G kelas menengah.

OPPO juga bakal merilis smartphone murah terbarunya dalam opsi memori 128GB, namun belum diketahui harga jual beserta ketersediaannya. Menurut Gizmo friends, perlukah smartphone ini hadir di Tanah Air?