OPPO Enco X, Earphone TWS Premium Bekerja Sama dengan Dynaudio

0 2.256

Pabrikan elektronik yang berpusat di Guangdong, China satu ini baru saja merilis sejumlah perangkat terbarunya, lewat sebuah acara daring dari negara asal. Setelah merilis beberapa smartphone serta aksesori baru di Indonesia, OPPO kali ini perkenalkan smart TV pertamanya, serta sebuah earphone TWS flagship.

Artinya, TWS ini menjadi penawaran paling premium dari OPPO, hingga bekerja sama dengan perusahaan pihak ketiga yang dikenal atas kualitas speakernya. Perangkat tersebut dinamakan OPPO Enco X, miliki desain earbud yang mengingatkan kita terhadap perangkat TWS premium milik Apple. Dengan desain case yang berbeda, serta tiga opsi warna lebih menarik.

Ya, mengusung desain in-ear menggunakan karet silikon di bagian eartip-nya, OPPO Enco X gunakan desain serupa seri Enco W51. Masing-masing earbud miliki bobot 4,8 gram, dan memiliki dual speaker yang cukup unik; masing-masing 6mm dan 11mm. Sementara bagian case-nya berbentuk oval, gunakan frame berbahan metal, serta miliki tulisan “co-created with Dynaudio”.

Baca juga: OPPO TV S1 & R1, Smart TV Premium dengan Kamera Pop-Up

Teknologi Audio OPPO Enco X

Dynaudio sendiri adalah sebuah produsen loudspeaker yang sudah cukup terkenal asal Denmark, dikenal atas perangkat Hi-Fi audionya. Proses campur tangan pihak Dynaudio cukup mendetil, hingga melakukan riset dan pengembangan di pusat R&D milik Dynaudio di Skanderborg. Daniel Emonts, seorang profesional dalam Acoustic Engineering di Dynaudio ikut turun tangan mengatur keluaran audio milik OPPO Enco X.

Menggunakan sistem suara DBEE 3.0 untuk standar audio Hi-Fi, OPPO menyebutkan bila sistem tersebut merupakan peningkatan dari efek suara DBEE buatan mereka sendiri, yang dikembangkan sejak 2007. Untuk fleksibilitas, OPPO Enco X mendukung codec SBC, AAC maupun LHDC (low latency high-definition codec), transmisi audio tinggi agar dapat salurkan audio terbaik.

Dengan penggunaan cip dual-core, OPPO Enco X miliki empat mode khusus untuk noise cancellation. Selain off, ada dua tingkatan untuk noise reduction (strong & weak), serta mode transparency (ambient sound) untuk membiarkan suara luar terdengar oleh pengguna. Fitur ini hadir berkat penggunaan tiga mikrodon serta algoritma khusus.

Sementara untuk tingkat latensi, bisa direduksi hingga 47ms, agar tetap nyaman untuk gaming. OPPO Enco X kompatibel baik untuk smartphone Android dan iOS, serta bebas digunakan baik satu earbud atau satu pasang. Daya tahan baterainya juga cukup impresif, diklaim punya total waktu penggunaan mencapai 25 jam.

Sekali penggunaan bisa bertahan hingga 5,5 jam non-stop dengan mode noise reduction aktif. Sementara untuk mode strong noise reduction, waktu pemakaian total berkurang menjadi 20 jam. Fitur lainnya meliputi sensor sentuh untuk kendalikan fungsi noise reduction, dukungan Qi wireless charging, sertifikasi IP54 serta Bluetooth 5.2 (untuk dukung mode LHDC).

Harga OPPO Enco X

Hadir sebagai earphone TWS terbaik dari OPPO, tentunya OPPO Enco X punya banderol harga premium. Di negara asalnya, bakal dijual seharga CNY999 atau sekitar Rp2,2 juta. Lebih mahal bila dibandingkan dengan beberapa seri OPPO Enco yang ada di Indonesia, namun masih tergolong murah dibandingkan TWS flagship merek lainnya.

Mulai dijual secara pre-order di China, OPPO Enco X hadir dalam warna hitam, putih serta hijau yang terlihat cukup kalem. Dengan harga dan fitur yang ditawarkan, apakah Gizmo friends tertarik untuk membelinya saat nanti tersedia di Indonesia?