Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OPPO TV S1 & R1, Smart TV Premium dengan Kamera Pop-Up

0 4.359

Rumor akan kehadiran perangkat ini sebenarnya sudah bermunculan sejak beberapa minggu belakangan. Dikabarkan, OPPO bakal hadirkan sebuah perangkat jenis baru yaitu smart TV, dengan fitur spesial yang mungkin belum bisa ditemukan di smart TV pada umumnya. Melalui sebuah acara konferensi daring, akhirnya smart TV pertama OPPO diresmikan.

Tak hanya satu varian saja, OPPO perkenalkan dua seri smart TV sekaligus, yaitu OPPO TV S1 & OPPO TV R1. Seri pertama adalah seri premium dengan penggunaan panel QLED beresolusi tinggi, sementara seri kedua hadir dalam dua pilihan ukuran, menjangkau lebih banyak konsumen.

Baca juga: Review OPPO Reno4 Pro: Desain Premium yang Bikin Mahal

Spesifikasi OPPO TV S1

OPPO TV S1

Menjadi varian flagship untuk smart TV, OPPO TV S1 punya panel layar 65 inci dengan spesifikasi yang memukau. Selain resolusinya yang sudah mencapai 4K, panel QLED ini sudah meng-cover 120% NTSC color gamut, serta dapat menyala terang sampai 1,500 nits. Mendukung local dimming hingga 210 partisi, panel OPPO TV S1 mendukung variable refresh rate (VRR) layaknya smartphone.

Menyesuaikan dengan konten yang ditampilkan, refresh rate-nya variatif mulai dari 48Hz hingga yang tertinggi di 120Hz, sudah seperti layar smartphone flagship. Tentunya sudah pula mendukung konten HDR & HDR10+. Sementara untuk audionya, OPPO bekerja sama dengan Dynaudio, produsen speaker premium asal Denmark yang sudah ditemukan sejak 1977.

Secara total, OPPO TV S1 miliki 18 speaker dengan output 85W, dan mendukung kanal 5.1.2. Dengan begitu, penggunaan speaker tambahan serasa opsional. Menjadi smart TV, perangkat ini dilengkapi far-field microphones untuk memanggil asisten suara. Tak hanya itu, pengguna juga bisa melakukan panggilan video lewat smart TV OPPO pertama ini.

Kamera OPPO TV

Memang tidak terlihat, karena kameranya dihadirkan dengan mekanisme pop-up, dan hanya akan muncul ketika dibutuhkan. Mengingat aplikasi seperti Google Duo sudah tersedia untuk smart TV, maka timing OPPO luncurkan smart TV berkamera ini terasa sangat pas. Meski menjalankan ColorOS TV, bukan Android TV. Mungkin karena rilisnya di China ya.

Chipset yang digunakan adalah besutan MediaTek seri MT9950, punya kapasitas RAM jauh lebih besar dari Android TV pada umumnya di 8,5GB, dengan penyimpanan internal 128GB. Mendukung Dolby Vision plus Dolby Atmos, remote-nya juga punya sensor NFC untuk kemudahan fitur screen share dari smartphone OPPO yang mendukung.

OPPO TV R1 Hadir Lebih Murah, Dalam Dua Ukuran Layar

OPPO TV R1

Lalu untuk OPPO TV R1, hadir dalam dimensi 65 inci dan 55 inci. Sama-sama beresolusi 4K, panelnya berjenis LED dan belum mendukung refresh rate tinggi, meng-cover 93% standar warna DCI-P3. Tetap dilengkapi mikrofon dan kamera pop-up, speakernya cukup standar dengan output 20W.

Kapasitas RAM dan penyimpanan internalnya juga jauh lebih kecil, masing-masing 2GB & 32GB. Dan meski gunakan chipset berbeda (MT9652), OPPO tetap janjikan waktu nyala satu detik di OPPO TV R1, plus dukungan pemutaran video 8K. Bezelnya juga masih cukup tipis, dengan rasio layar ke bodi mencapai 96%.

Penasaran dengan harga dari seri smart TV pertama dari OPPO? Dimulai dari yang paling murah, OPPO TV R1 dijual seharga CNY3,299 (Rp7,2 jutaan) dan CNY4,299 (Rp9,4 jutaan), masing-masing untuk varian ukuran 55 inci & 65 inci. Masih sangat wajar, mengingat spesifikasi yang dibawa seperti resolusi 4K, belum lagi mekanisme kamera pop-up yang jarang ditemukan di produk lainnya.

Sementara untuk smart TV flagship, OPPO TV S1 dibanderol dengan harga ritel CNY7,999 (Rp17 jutaan). Ketiganya bakal tersedia mulai November mendatang di negara asal OPPO. Belum diketahui apakah smart TV ini akan dirilis secara global, terlebih dibawa ke Indonesia.