OPPO Find X3 Gunakan Snapdragon 870, Harga Jauh Lebih Murah

Tahun ini, OPPO meluncurkan seri smartphone terbaiknya dengan sedikit berbeda. Kalau tahun lalu hanya dua varian, kini total ada empat varian OPPO Find X3 series yang diluncurkan. Versi Pro hadir sebagai yang terbaik, varian non-Pro dengan spesifikasi yang sedikit lebih sederhana, lalu juga hadir versi Neo dan Lite.

Menjadi varian tengah-tengah, OPPO Find X3 sejatinya hadir cukup menarik. Pasalnya, dengan banyaknya kesamaan fitur seperti versi Pro, harganya hampir setengah lebih murah. Mengusung setup kamera belakang yang berkualitas lengkap dengan sensor mikroskop. Meski sayangnya hanya tersedia di China, setidaknya hingga saat ini.

OPPO Find X3 mungkin punya peletakan sensor kamera yang mirip dengan iPhone 12 Pro. Namun bila dicermati, bodi belakangnya terlihat lebih mewah berkat lekukan kaca yang halus hingga ke ujung modul kamera, menggunakan teknik manufaktur yang kompleks. Opsi warnanya pun lebih banyak, ditambah warna Pearl White dengan permukaan matte.

Baca juga: OPPO Find X3 Pro, Flagship Kamera Mikroskop & 50 MP, Harga Rp19 Jutaan

Spesifikasi OPPO Find X3 Kurang Lebih Sama

OPPO Find X3

Dimensi keseluruhannya pun dibuat serupa dengan versi Pro, termasuk dengan bagian layarnya. Tetap superior dengan panel AMOLED LTPO 6,7 inci beresolusi Quad HD+, dengan adaptive refresh rate mulai dari 5 – 120Hz menyesuaikan konten yang ditampilkan. Mampu tampilkan 1 milyar warna dengan kecerahan maksimum 1,300 nits.

Setup kamera belakangnya pun sejenis, punya total empat sensor di mana keduanya gunakan jenis yang sama. Baik sensor utama maupun ultra wide-angle sama-sama pakai Sony IMX766 beresolusi 50MP, hanya berbeda diafragma saja, serta tambahan OIS di sensor utama.

Selain sensor telefoto 13MP f/2.4 yang bisa berikan 5x hybrid optical zoom, disematkan pula kamera mikroskop 3MP. Kamera ini bisa hasilkan foto dengan pembesaran 60x, selayaknya menggunakan mikroskop, bukan sekadar sensor makro biasa. Sementara di depan ada kamera 32MP dalam bentuk punch-hole.

Perbedaan utama hanya ada pada bagian chipset serta kapasitas RAM. OPPO Find X3 ditenagai cip yang tergolong baru dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 870 octa-core dengan fabrikasi 7nm, punya clock-speed CPU tertinggi saat ini. Dipadukan dengan RAM 8GB dan pilihan memori internal mencapai 256GB.

Kapasitas baterai 4,500 mAh yang diusungnya bisa diisi penuh secara instan lewat dukungan 65W SuperVOOC 2.0 wired charging, dan secara nirkabel hingga 30W. Jalankan ColorOS 11.2 berbasis Android 11, OPPO Find X3 punya fitur “AI Color Palette” yang berikan warna ulang pada sebuah foto, memanfaatkan AI.

Harga OPPO Find X3 di China

OPPO Find X3

Penjualan perdana dari OPPO Find X3 di China sudah dimulai saat ini, bekerja sama dengan situs e-dagang JD.com dan unit bakal dikirim 19 Maret mendatang. Punya tiga pilihan warna, harganya mulai dari CNY4,499 saja, atau sekitar Rp9,9 jutaan untuk opsi memori 8/128GB.

Sementara varian memori 8/256GB lebih mahal di CNY4,999 atau mencapai Rp11 jutaan. Harganya menjadi lebih terasa layak dibandingkan varian Pro yang hampir menyentuh Rp20 juta. Namun berbeda chipset, berbeda pula ISP yang digunakan. Sehingga bakal pengaruhi kualitas foto dan video, meski mungkin tidak terpaut jauh.

Tinggalkan komen