Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Meluncur di India, OPPO Reno3 Pro Bawa Dua Kamera Depan 44MP

0 1.128

OPPO India secara resmi memperkenalkan Reno3 Pro kemarin (2/3). Yup, tanpa embel-embel 5G di belakangnya, ponsel ini merupakan varian yang berbeda dari Reno3 Pro 5G yang sudah diperkenalkan Desember lalu di China. Varian India punya chipset yang berbeda, serta beberapa fitur yang di antaranya merupakan yang pertama di dunia.

Dirilis di India, tentu kemungkinan OPPO Reno3 Pro versi ini lebih besar untuk juga hadir di Indonesia. Ponsel ini punya fokus pada sektor fotografi, baik kamera belakang maupun kamera depan sama-sama dilengkapi sensor beresolusi tinggi, hingga 108MP.

Baca juga: OPPO Reno3 Pro 5G Meluncur, Ngebut dengan Snapdragon 765G dan Koneksi 5G

Fitur OPPO Reno3 Pro

Fokus pada sisi depan, OPPO Reno3 Pro didominasi oleh layar minim tepian berdimensi 6,4 inci. Di atas kertas, spesifikasinya cukup impresif. Panel yang digunakan adalah E3 S-AMOLED beresolusi full HD+, menggunakan rasio 20:9 dan sudah mendukung 100% DCI-P3 color gamut. Rasio kontrasnya juga tinggi (2400000:1), serta layar bisa menjadi terang sampai 1200 nits bila diperlukan. Layar ini sudah tersertifikasi oleh TUV Rheinland untuk melindungi mata dari gangguan radiasi cahaya biru.

Meski cukup besar, bobotnya hanya 175 gram dengan ketebalan 8,1mm, lebih tipis dari dua generasi OPPO Reno sebelumnya. OPPO Reno 3 Pro hadir dalam tiga pilihan warna; Sky White, Midnight Black, dan warna utama Auroral Blue.

Tidak menggunakan chipset dari Qualcomm, Reno3 Pro versi India menggunakan chipset besutan MediaTek yaitu Helio P95 octa-core hingga 2.2GHz, dengan Neural Processing Unit (NPU) untuk peningkatan kemampuan AI. RAM 8GB LPDDR4x serta pilihan storage hingga 256GB UFS 2.1 memastikan ponsel dapat bekerja lancar meskipun menjalankan banyak aplikasi sekaligus. Fitur Hyper Boost juga tersedia, diklaim dapat meningkatkan stabilitas frame rate sampai 38% dan performa sentuh sampai 16%. Multi-cooling System pada Reno3 Pro juga siap meredam panas ketika digunakan untuk main game atau nonton HD video.

Baterainya berkapasitas 4025mAh, dan dapat diisi secara cepat berkat VOOC Flash Charge 4.0 30 watt. Pengisian ke 50% hanya memerlukan waktu 20 menit, dan kurang dari 60 menit hingga penuh. Sensor sidik jarinya berada di dalam layar, dan hanya memerlukan waktu singkat 0,3 detik untuk membuka kunci ponsel.

Kamera depan OPPO Reno3 Pro tak hanya satu, melainkan dua kamera 44MP+2MP, dual punch-hole dengan resolusi tertinggi saat ini. Kamera 44MP tersebut menggunakan sensor berdimensi 1/2.8 inci dengan bukaan f/2.4,  sedangkan kamera sekundernya digunakan untuk hasilkan efek bokeh yang natural. OPPO memberikan fitur Ultra Night Selfie Mode dengan bantuan AI Noise Reduction, untuk hasil swafoto terbaik meski dalam kondisi gelap.

Kamera belakang OPPO Reno3 Pro juga dilengkapi segudang fitur pendukung fotografi serta pengambilan video. Urutan paling atas, ada kamera 13MP telefoto yang bisa hasilkan hybrid zoom 5x dan digital zoom sampai 20x. Di bawahnya, ada kamera 64MP f/1.8 berdimensi 1/1.72 inci, mengadopsi teknologi Tetracell dan bisa menghasilkan foto hingga resolusi 108MP lewat interpolasi. Lalu ada kamera mono 2MP, dan yang terakhir, ultra wide-angle 8MP f/2.2 yang juga bisa ambil foto jarak dekat hingga 3cm. Baik kedua sisi kamera dilengkapi mode Ultra Steady Video 2.0 dan video bokeh.

Harga OPPO Reno3 Pro

OPPO Reno3 Pro

Ponsel yang belum dilengkapi sensor NFC ini akan dijual seharga 29,999 INR (atau sekitar Rp5,8 jutaan) untuk varian termurahnya (8GB+128GB), dan 32,999 INR (Rp6,4 jutaan) untuk varian 8GB+256GB. Pre-order ponsel ini sendiri sudah dibuka di india melalui Amazon, dan mulai dijual secara umum di tanggal 6 Maret nanti. Apakah kamu tertarik untuk membelinya jika tersedia resmi di Indonesia, Gizmo lovers?


Beli smartphone OPPO di:

Blibli.com Shopee.co.id Bukalapak.com Eraspace (Erafone) Lazada.co.id