Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Permudah Proses Pembayaran & Refund, OYO Gandeng E-Wallet OVO dan GoPay

0 172

Pada masa pandemi seperti sekarang, berbagai lini bisnis berusaha keras agar tidak kehilangan pelanggannya. Termasuk bisnis penginapan atau hospitality, di mana keamanan beserta kesehatan pelanggannya harus terjamin. Untuk tingkatkan kedua hal tersebut, OYO sebelumnya telah merilis fitur supaya pelanggan dapat melakukan proses check-in tanpa sentuhan.

Untuk kembali mengukuhkan komitmen berikan pelayanan terbaik bagi tamunya, OYO menggandeng dua e-wallet terkemuka di Indonesia, yaitu OVO dan GoPay. Kerjasama tersebut dimaksud untuk mengintegrasikan sistem pembayaran elektronik di aplikasi OYO. Dengan begitu, proses pembayaran maupun refund untuk tamu dapat dibuat lebih mudah, sembari perkuat penerapan protokol kesehatan di ekosistem OYO, mengurangi kontak fisik.

Melalui sebuah rilis yang diterima Gizmologi (6/10), Agus Hartono Wijaya selaku Country Head OYO Hotels and Home Indonesia mengatakan bila hadirnya integrasi fitur e-wallet ini merupakan komitmen untuk terus tingkatkan pelayanan bagi para tamunya. OYO juga secara proaktif berinovasi untuk mendigitalisasi pengalaman menginap para tamunya, terutama saat pandemi sekarang ini.

Baca juga: Pelanggan OYO Kini Dapat Check-In Hotel Tanpa Sentuhan

Penggunaan E-Wallet Kukuhkan Program Sanitized Stay OYO

OYO Townhouse

“Hadirnya e-wallet ini diharapkan dapat mempermudah sekaligus mempercepat proses refund dan pembayaran, serta mengurangi kontak fisik pada point-of-purchase yang biasanya dilakukan di meja resepsionis hotel saat bertransaksi,” tambah Agus. Integrasi ini juga hadir sebagai inisiatif lanjutan dari Sanitized Stay, memastikan penerapan protokol kesehatan mulai dari check-in hingga check-out.

Cara penggunaannya sama seperti memesan kamar di OYO pada umumnya. Setelah melakukan pencarian dan pemesanan hotel yang diinginkan di aplikasi OYO, tamu akan diarahkan pada pemilihan metode pembayaran yaitu transfer bank, kartu debit/kredit, atau e-wallet.

Sementara bila tamu ingin melakukan proses refund, nantinya OYO akan mengirimkan konfirmasi melalui email untuk pengajuan. Kemudian link yang ada di dalam email tersebut dapat diakses untuk mengisi detil pemesanan, seperti booking id, email dan nomor telepon. Kemudian tamu dapat memilih metode pembayaran melalui e-wallet ataupun transfer bank.

Melalui digitalisasi sistem pembayaran, ditambah dengan fitur contactless check-in yang diluncurkan beberapa waktu yang lalu, memungkinkan tamu dapat melakukan seluruh proses pemesanan kamar, check-in dan pembayaran dengan lebih seamless lewat smartphone mereka. Tanpa harus berinteraksi langsung dengan staf hotel.

Diharapkan Proses Refund Terselesaikan Lebih Cepat

Menurut data yang dihimpun oleh OYO, adanya peraturan pembatasan wilayah berdampak pada peningkatan permintaan refund atau pengembalian dana. Namun selama 6 bulan terakhir, hanya sekitar 2% dari total pelanggan OYO di Indonesia yang membuat permintaan refund, dan lebih dari 99,4% permintaan refund telah diselesaikan oleh OYO.

Sisanya akibat tamu yang tak kunjung menginputkan nomor rekening atau e-wallet mereka lewat link yang diberikan, bukan dari pihak OYO yang tak ingin menyelesaikan proses refund ya. Dengan integrasi pembayaran lewat e-wallet, OYO targetkan konsumen dapat melakukan refund lebih mudah, dalam jangka waktu paling lama 1 minggu.

“Prioritas utama OYO dalam menjalankan bisnis adalah selalu berusaha untuk memberikan nilai tambah serta hasil yang terbaik bagi mitra pemilik aset, tamu, dan karyawan kami. Kami berharap bahwa kombinasi fitur pembayaran e-wallet, program Sanitized Stay serta contactless check-in dapat memudahkan dan memberikan peace of mind pada tamu kami dalam pengalaman menginap mereka di OYO,” tutup Agus.