Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Pelanggan OYO Kini Dapat Check-In Hotel Tanpa Sentuhan

2 461

Sejak awal pandemi berlangsung, salah satu jenis bisnis yang terkena dampak terbesar adalah bidang hospitality. Pemilik hotel maupun bisnis sejenis harus berupaya agar bisnisnya dapat terus berjalan, dengan mengadakan beragam promo. Seperti promo menginap dalam periode yang lebih lama, dengan standar jaminan protokol kesehatan.

OYO Hotels and Homes, salah satu bisnis yang bergerak dalam bidang perhotelan, juga terus berusaha untuk mengutamakan kesehatan para tamunya, terutama saat berkunjung ke lebih dari 1,500 properti OYO yang tersebar di Indonesia. Pada 7 September, OYO resmi memperkenalkan fitur check-in tanpa sentuhan. Ini sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk memperkuat protokol kesehatan.

Baca juga: Rambah Bisnis F&B, OYO Luncurkan Kopi Cinta

Fitur Check-In Baru, Pertama Kali Diterapkan di Indonesia

OYO Contactless Check-in

Menariknya, Indonesia menjadi negara pertama di jaringan OYO Global yang implementasikan fitur check-in ini. Dengan metode baru ini, tamu dapat melakukan check-in dan aktivitas terkait melalui perangkat pintar mereka, tanpa harus berinteraksi langsung dengan staf hotel.

Eko Bramantyo, Country Head, OYO Hotels & Homes Indonesia mengatakan jika pihaknya terus berupaya memastikan untuk bersama mitra hotel menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan secara ketat di setiap property. “Sebagai jaringan akomodasi terkemuka yang menggunakan pendekatan teknologi sebagai DNA perusahaan, kami juga secara proaktif berinovasi untuk mengubah pengalaman para tamu di hotel OYO menjadi lebih seamless dan contactless,” jelasnya.

Sistem check-in tanpa sentuhan ini adalah bagian dari inisiatif lanjutan program Sanitized Stay, komitmen jangka panjang OYO dalam memastikan penerapan protokol kesehatan dan keselamatan dalam operasional secara komprehensif, mulai dari proses check-in hingga check-out.

Protokol yang diterapkan pada program Sanitized Stay ini meliputi alur operasional, proses check-in dan check-out, penanganan barang bawaan, panduan kebersihan, penanganan virus Covid-19 di property, SOP untuk tamu yang diduga Covid-19, sampai regulasi untuk para tamu dan staf. Sejak diluncurkan bulan Juni lalu, lebih dari 550 properti mitra telah mengikuti pelatihan dan menerapkan protokol ini.

Mitra yang telah menerapkan program Sanitized Stay akan memiliki label dan logo tersendiri di aplikasi OYO, sehingga pelanggan dapat memastikan bila propertinya sudah lebih terjamin dalam hal kebersihan dan kesehatan. Sementara pemanfaatan fitur check-in tanpa sentuhan juga mudah, seluruh prosesnya terjadi di dalam aplikasi OYO, termasuk data diri tamu.

Untuk memastikan proses check-in selesai, tamu dapat mencari tanda “online check-in” pada pemesanan. Sesampainya di properti, tamu tidak perlu menyerahkan ID, cukup menunjukkan ID fisik untuk diverifikasi secara digital lewat aplikasi milik petugas. Sementara yang memesan lewat kanal lain dapat memindai kode QR dan mengikuti petunjuk selanjutnya untuk proses check-in.

Jumlah Tamu OYO Hotels Mulai Meningkat

Berdasarkan data internal OYO, tingkat okupansi kini sudah mulai tunjukkan tren yang positif. Tercatat peningkatan sebanyak 70%, dari titik okupansi terendah selama bulan Mei 2020. Setiap bulannya, tingkat okupansi naik rata-rata 20%, dengan 92% pemesanan selama pandemi dilakukan lewat kanal yang dikelola OYO, seperti aplikasi, web dan micro market selling.

OYO akan terus aktif mengajak mitranya untuk menjaga dan menerapkan protokol kesehatan serta keselamatan dalam operasional hotel. “Kami percaya bahwa dengan kerjasama yang baik dari para tamu dan mitra untuk terus menerapkan standar operasional tersebut, akan turut membangkitkan kembali gairah industri hospitality,” tutup Eko.