alexa

Hampir Ditutup, Ini Alasan Sony Tetap Buka Playstation Store di PS3 dan PS Vita

Belum lama ini Sony merilis pernyataan bahwa mereka membatalkan rencana untuk mengakhiri layanan Playstation Store. Menurut rencana awal, layanan toko digital tersebut akan disudahi untuk tiga jenis platform yakni Playstation 3, Playstation Vita, dan Playstation Portable.

“Melalui refleksi lebih jauh, bagaimanapun, (penutupan layanan) ini jelas bahwa kami melakukan keputusan salah. Jadi hari ini saya bahagia mengatakan bahwa kami akan tetap membuka operasional layanan Playstation Store untuk PS3 dan PS Vita,” ujar Jim Rya, President & CEO, Sony Interactive Entertainment, dalam artikel resmi.

Diberitakan sebelumnya bahwa layanan untuk kedua platform tersebut akan berakhir pada 27 Agustus 2021. Dengan pembatalan ini, artinya masa hidup Playstation Store untuk PS3 dan PS Vita akan lebih lama lagi. Meski begitu, keputusan untuk menyudahi layanan bagi Playstation Portable (PSP) akan tetap dilakukan sesuai rencana pada 2 Juli 2021.

Respon Gamer Hidupkan Eksistensi Playstation Store

playstation store
Playstation Portable (PSP) tidak akan mendapatkan layanan pembelian di Playstation Store.

Keputusan Sony untuk menarik kembali keputusan ini dilandasi respon dari para gamer pengguna PS3 dan PS Vita. Keberatan gamer berangkat dari aktivitas mereka yang masih banyak menikmati layanan dan game klasik di Playstation Store. Yang akhirnya hal tersebut cukup memberi keyakinan pada Sony untuk meneruskan layanan Playstation Store.

Padahal ketika mengambil keputusan sebelumnya, Sony beralasan bahwa mayoritas penikmat layanan Playstation Store banyak berasal dari platform baru seperti PS4 dan PS5. Dan itu yang membuat mereka memilih untuk fokus dikedua platform utama mereka saat ini. Ditambah proyeksi penggunaan VR pada game baru di masa mendatang.

Kita lihat saja berapa lama Sony akan tetap menjaga eksistensi layanan Playstation Store bagi PS3 dan PS Vita. Yang lambat laun akan tergerus dengan keberadaan platform baru di masa mendatang.

Tinggalkan komen