Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Ini Bocoran Spesifikasi ZTE Axon 11 5G

0 392

ZTE adalah salah satu dari berbagai produsen ponsel yang berlomba untuk merilis beberapa seri produk dengan dukungan 5G. Sebagai contoh, ZTE Axon 10 Pro yang dirilis tahun lalu, meski masih menggunakan chipset Snapdragon 855, sudah dilengkapi dengan modem 5G. Sub-brand milik ZTE, Nubia, juga baru saja rilis RedMagic dengan dukungan 5G.

Hari ini, ZTE mengumumkan bahwa ponsel pintar 5G baru mereka, ZTE Axon 11 akan diluncurkan 23 Maret mendatang di Tiongkok, melalui sebuah acara daring (online) mengingat situasi wabah pandemik saat ini. ZTE Axon 11 dikabarkan dapat dipakai dalam moda 5G SA dan NSA, ditujukan untuk menyajikan pengalaman 5G luar biasa kepada kalangan konsumen dengan data saingnya di sektor 5G.

Rumor Spesifikasi ZTE Axon 11

Tanggal peluncuran ZTE Axon 11

Ponsel ini dikabarkan akan rilis menggunakan prosesor kelas menengah, Qualcomm Snapdragon 7-series, yang menjadikannya rival dari Redmi K30 5G atau Nokia 8.3 5G dengan prosesor serupa. Kabar tersebut bisa dikonfirmasi dari informasi yang didapat di Geekbench. Dikutip dari NotebookCheck, ditemukan ponsel ZTE dengan nomor model A2021, menggunakan atribut prosesor yang sesuai dengan Snapdragon 765G dan kapasitas RAM 6GB. Ponsel tersebut juga sudah menjalankan Android 10 secara bawaan.

Baca juga: Nubia Red Magic 5G Dirilis dengan Layar Canggih 144Hz

Selain itu, dari sebuah sumber disebutkan jika ZTE Axon 11 5G akan memiliki layar dengan bentang luas 6,6 inci Full HD+, 60Hz yang memiliki waterdrop notch di sisi atasnya. Untuk setup empat kamera belakang, ZTE dikabarkan memilih sensor 64MP milik Samsung (ISOCELL S5KGW1), bukan Sony IMX686. Kapasitas baterainya belum diketahui, tetapi Axon 11 bakal mendukung pengecasan 18 watt.

Dari spesifikasi yang dibocorkan oleh Digital chat station (Weibo) di atas, sepertinya ZTE Axon 11 bukanlah penerus dari Axon 10 Pro, melainkan ponsel kelas menengah baru yang sudah mendukung 5G. Apakah ZTE juga akan merilis varian Pro dengan Snapdragon 865? Atau Axon 10s Pro? Kita nantikan saja ya.

Foto promosi ZTE Axon 11
Poster Promosi ZTE Axon 11 5G.

Kiprah ZTE Merilis Ponsel 5G Sebelum Axon 11

Pada 2019 lalu, ZTE merilis ponsel pintar 5G andalannya yang pertama, ZTE Axon 10 Pro 5G, dan kini tersedia di lebih dari 10 negara. ZTE Axon 10 Pro 5G juga diakui sebagai ponsel pintar 5G pertama yang hadir di Eropa Utara, Timur Tengah, dan Tiongkok.

ZTE bertekad untuk menyediakan beragam portofolio perangkat terminal 5G. Dengan portofolio tersebut, ZTE memenuhi berbagai jenis kebutuhan kalangan operator telekomunikasi, pengguna korporat, dan konsumen di banyak skenario layanan. ZTE juga telah bermitra dengan lebih dari 30 operator seluler di sektor terminal 5G.

Lewat kolaborasi dengan operator seluler terkemuka di Jepang SoftBank, ZTE berhasil merambah pasar 5G mapan lainnya. Hal ini dilakukan ZTE dengan meluncurkan ponsel pintar 5G andalannya yang pertama, ZTE Axon 10 Pro 5G, di Jepang. SoftBank ialah operator seluler pertama di Jepang yang menyediakan jaringan 5G dan memberikan layanan 5G bagi konsumen lokal. Awalnya, layanan 5G dari SoftBank akan dikelola di beberapa area, lalu secara bertahap diperluas ke kota-kota besar, seperti Tokyo, Osaka dan Nagoya. Berkat kehadiran ZTE Axon 10 Pro 5G, konsumen bisa menikmati berbagai layanan 5G yang luar biasa, seperti AR, VR, Free View point Reality (FR), serta pengalaman gaming yang tercepat.

Hingga kini, ZTE telah meraih 46 kontrak komersial 5G di seluruh dunia, tersebar di Tiongkok, Eropa, Asia Pasifik, Timur Tengah, dan pasar-pasar utama 5G lain. ZTE juga menjalin kerja sama 5G yang luas bersama lebih dari 70 operator seluler di seluruh dunia.