Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Poco X3 Hadir Tanpa NFC di India, Bakal Masuk ke Indonesia?

0 4.114

Pada awal bulan September kemarin, Poco baru saja merilis smartphone kelas menengahnya, POCO X3 NFC yang menjalankan chipset Snapdragon 732G. Yang menarik dari smartphone tersebut adalah desainnya yang original, tak menirukan merk kakaknya yaitu Xiaomi, seperti yang dilakukan Poco pada flagshipnya yaitu Poco F2 Pro.

Yang membuat agak mengernyitkan dahi adalah penamaan smartphone terbaru Poco kemarin, menambahkan kata “NFC” yang biasanya hanya dikenal sebagai fitur saja, tak sampai digunakan pada penamaan produk. Namun ternyata, hal tersebut punya alasan tersendiri. Karena baru-baru ini, Poco X3 tanpa NFC dirilis di India. Absennya fitur tersebut digantikan dengan peningkatan lainnya.

Spesifikasi Poco X3

Poco X3

Mungkin menurut Poco, fitur NFC memang belum diperlukan di beberapa negara tertentu, sehingga mereka merilisnya dengan dua varian, yaitu NFC dan tanpa NFC. Memiliki penamaan yang sama, tentu saja spesifikasinya juga identik. Usung desain kamera yang unik, Poco X3 juga dilengkapi layar lebar 6,67 inci full HD+ yang mendukung refresh rate hingga 120Hz.

Selain refresh rate tinggi, touch sampling rate pada Poco X3 juga dibuat dua kali lebih tinggi, untuk responsivitas yang baik ketika digunakan untuk main gim. Agar nyaman di mata, panelnya sudah tersertifikasi oleh TUV Rheinland, dan mendukung standar HDR10 untuk konten film. Belum AMOLED, sensor sidik jarinya disematkan di samping kanan bodi, menyatu dengan tombol power.

Dengan bezel tipis, Poco menyematkan kamera punch-hole di bagian tengah atas. Kamera tersebut beresolusi 20MP f/2/2. Sementara di belakang, terdapat empat sensor kamera dengan sensor utama SONY IMX682, beresolusi 64MP f/1.89. Kamera tersebut ditemani sensor 13MP f/2.2, dan dua sensor 2MP untuk macro dan depth sensor.

Memiliki bobot 215 gram, dapur pacu milik Poco X3 juga tentunya masih sama. Dengan chipset Snapdragon 732G octa-core, tersedia kapasitas RAM 6/8GB LPDDR4x serta penyimpanan internal 64/128GB UFS 2.1. Yang dibuat berbeda adalah kapasitas baterainya.

Kalau Poco X3 NFC dibekali baterai berkapasitas 5,160mAh, Poco X3 dibuat jauh lebih besar di 6,000mAh. Kombinasi baterai besar, serta pengisian daya cepat 33 watt akan sangat pas untuk Gizmo friends yang hobi bermain gim. Ditambah lagi dengan setup speaker stereo, serta jack audio 3,5mm sehingga masih bisa menggunakan earphone kabel favorit.

Mulai Rp3 Jutaan, Poco X3 Bakal Masuk Indonesia?

Untuk menjaga performa gaming, disematkan teknologi pendingin LiquidCool 1.0 Plus yang terdiri dari pipa penyebar panas serta lembaran grafit di dalamnya. Dirilis di India, Poco X3 dijual mulai INR16,999 (Rp3,4 jutaan) untuk varian 6/64GB, dan INR19,999 untuk varian 8/128GB (Rp4 jutaan).

Apakah smartphone ini bakal masuk resmi ke Indonesia? Akun Poco Indonesia sendiri seperti sudah memberikan teaser lewat Instagram resminya, membahas performa dari chipset Snapdracon 732G. Karena tidak ada smartphone Poco resmi dengan chipset tersebut, besar kemungkinan bakal dibawa ke Indonesia di masa mendatang. Membuatnya menjadi pesaing menarik untuk realme 7 di segmen harga yang setara.