Program Apple Self Service Repair Mungkinkan Pemilik iPhone Ganti Baterai Sendiri

Jakarta, Gizmologi – Makin ke sini, desain perangkat smartphone dibuat makin stylish, tipis dan menjauh dari kata konvensional. Namun meski begitu, Apple justru meluncurkan Self Service Repair. Sebuah program yang, sesuai namanya, mungkinkan pemilik produknya untuk lakukan perbaikan secara mandiri tanpa perlu ke service center.

Masalah umum yang kerap dihadapi oleh pengguna perangkat Apple, terutama di Indonesia adalah mendapatkan layanan purnajual. Seperti yang kita ketahui bersama, Apple tidak menjual suku cadang di luar pusat perbaikan resmi maupun ritel resmi (seperti iBox dan Digimap). Sehingga sulit untuk mencari layar atau baterai orisinil dengan harga yang lebih miring.

Adanya program Self Service Repair dari Apple bisa dibilang mengejutkan, mengingat dengan begitu, konsumen bisa lakukan perbaikan dari yang paling umum seperti mengganti baterai hingga yang lebih kompleks tanpa perlu bantuan orang lain. Langkah positif dan menjadi awal yang sangat baik, terutama untuk keberlangsungan umur perangkatnya.

Baca juga: Apple Jual Kain Lap Premium Harganya Rp267 Ribu

Bisa Daur Ulang Bagian Perangkat yang Rusak

Apple Self Service Repair -

Lewat sebuah rilis yang diterbitkan di situs resminya, Jeff Williams selaku Chief Operating Officer, Apple mengatakan bila berikan akses lebih luas ke suku cadang orisinil Apple berikan pelanggan lebih banyak pilihan ketika dibutuhkan sebuah perbaikan. Dalam tiga tahun terakhir, Apple sendiri sudah gandakan jumlah pusat perbaikan bagi para konsumennya.

Sehingga dengan begitu, kini tak hanya pihak Apple saja yang bisa membetulkan perangkat baik secara luring di toko maupun pengiriman, AASP maupun penyedia perbaikan resmi lainnya, namun juga pemilik produk. Nantinya, bakal disediakan “Repair Manual” untuk dipahami lebih dulu sebelum konsumen melakukan pemesanan suku cadang.

Pemesanan nantinya dilakukan lewat Apple Self Service Repair Online Store. Dan untuk konsumen yang mengembalikan bagian yang telah rusak atau diganti, bakal mendapatkan kredit khusus untuk pembeliannya. Self Service Repair sendiri dikhususkan bagi para teknisi individu yang memang memiliki pengetahuan dan pengalaman untuk memperbaiki perangkat elektronik termasuk smartphone.

Apple Self Service Repair Bakal Tersedia Mulai 2022

Apple Self Service Repair -

Mengingat tak sedikit pengguna iPhone yang cenderung mengunjungi tempat perbaikan individu, Apple ingin berikan akses yang sama dalam hal suku cadang orisinil. Dengan begitu, lebih banyak konsumen bisa dapatkan kualitas perbaikan prima dari lebih banyak tempat. Sehingga bakal awet dan bisa tetap dipakai hingga beberapa tahun mendatang—sebuah ciri khas perangkat Apple selain pembaruan perangkat lunak yang jempolan.

Namun jangan terlalu senang terlebih dahulu. Program Self Service Repair dari Apple ini bakal hadir mulai awal tahun 2022 mendatang dan dimulai di Amerika Serikat lebih dulu. Belum ada estimasi kapan akan hadir di negara lainnya. Sementara untuk jenis perangkat, baru mencakup iPhone 12 & iPhone 13 series saja.

Fokus utama dalam program Self Service Repair milik Apple ini adalah memberikan bagian yang paling sering dilakukan perbaikan, seperti layar, baterai hingga kamera. Selain dua generasi iPhone tersebut, juga akan merambah ke komputer Mac yang gunakan cip M1. Belum ada informasi apakah iPhone yang lebih lawas bakal ikutan didukung di masa mendatang.

Tinggalkan komen