Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Proyek Cloud Gaming Microsoft Masuki Masa Preview, Yuk Intip!

0 309

Squdah satu tahun sejak bulan November 2019 lalu, Project xCloud diperkenalkan kepada publik game di seluruh dunia. Sampai akhirnya pada tanggal 15 September 2020, Microsoft meluncurkannya dalam konsep beta untuk para subscriber Xbox Games Pass Ultimate. Dan pada tanggal 18 November mendatang Project xCloud akhirnya dapat dinikmati secara terbatas di beberapa negara.

Project  xCloud akan segera hadir di empat negara yakni Australia, Brazil, Jepang, dan Meksiko. Para gamer yang lebih dulu menikmati Project xCloud di empat negara tersebut akan menjadi bagian dari program preview yang dilaksanakan oleh Microsoft.

Peran para gamer yang berkesempatan memainkan cloud gaming itu nantinya sangat dibutuhkan terutama untuk memberikan feedback dalam rangka pengembangan Project xCloud. Apabila program preview ini berjalan dengan lancar, maka Microsoft akan segera membawa proyek ini ke ranah global. Sehingga lebih banyak gamer dapat menikmati, terutama yang sudah mendaftar lewat Xbox Game Pass Ultimate.

Selama dalam program preview, para gamer dapat mengakses koleksi game secara gratis, termasuk beragam judul dari Xbox Game Studios seperti Minecraft Dungeons, Halo: The Master Chief Colletion, dan Forza Horizon 4. Tidak ketinggalan beberapa judul dari partner publisher, seperti Black Desert, PlayerUnknown’s Battlegroudns, dan Yakuza 0.

Tentunya dalam program preview semacam ini, beragam bentuk masukan sangat dibutuhkan tim pengembang. Agar ketika peluncuran global nanti, Project xCloud dapat hadir semaksimal mungkin. Apalagi cloud gaming akan menjadi konsep baru dalam industri game global.

Baca juga: Ini Harga Resmi dan Waktu Rilis Playstation 5 di Indonesia

Project xCloud Mendukung Smartphone Android

Microsoft melihat cloud gaming menjadi bagian dari strategi bisnis game mereka di masa mendatang. Nantinya Microsoft akan menjadi penyedia jasa layanan untuk streaming dari berbagai judul yang ada dalam katalog mereka. Sehingga gamer tidak perlu lagi membeli konsol atau perangkat gaming tertentu untuk dapat memainkan judul game terbaru. Cukup dengan berlangganan Xbox Game Pass Ultimate saja.

Salah satu perangkat yang memungkinkan untuk dipakai bermain game secara streaming lewat Project xCloud adalah smartphone. Hal itu sudah sangat dipahami oleh Microsoft. Itulah sebabnya dalam program preview nanti, para pengguna smartphone khususnya Android, juga dapat mengakses game yang tersedia dalam katalog Xbox.

Cara untuk mendapatkan akses ke Project xCloud, gamer cukup mengunduh aplikasi Xbox Game Streaming yang tersedia di Pl-ay Store. Aplikasi ini nantinya akan menyediakan empat bahasa yakni Inggris, Spanyol, Portugal, dan Jepang. Empat bahasa dengan penutur terbanyak di dunia.

Apabila gamer ingin memainkan game di Project xCloud, maka mereka harus melakukan registrasi terlebih dulu. Namun sampai saat ini, Microsoft masih menggunakan model invite-only bagi para gamer. Model undangan terbatas ini masih terus dilakukan sampai beberapa hari ke depan. Jadi, tidak ada salahnya untuk terus mencoba mengajukan permintaan untuk bergabung sampai tanggal 18 November nanti.

Siapa tahu kamu jadi gamer yang beruntung meski berada di region yang berbeda, kan?