Puan Maharani Ajak Perempuan Terlibat Aktif di Industri Digital

Jakarta, Gizmologi – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani mendorong peningkatan kapasitas dan keterlibatan perempuan di industri teknologi digital di Indonesia. Ia berharap dengan keterlibatan perempuan dapat membangun UMKM yang produktif dan berkualitas.

“Makin pesatnya perkembangan industri digital selama pandemi menjadi lahan subur bagi masyarakat luas termasuk perempuan untuk memulai bisnis dan teknologi digital membuka pintu bagi UMKM kita untuk naik kelas dan dengan demikian kita berpartisipasi aktif menggunakan teknologi digital untuk turut meningkatkan kesejahteraan umum,” kata Puan dalam lokakarya bertajuk “Women in Tech: Women Leadership in Digital Era”, Rabu (29/9).

Puan juga menekankan bahwa negara hadir untuk memberikan rasa aman dan jaminan perlindungan terhadap masyarakat atas dampak negatif dari penyalahgunaan teknologi digital, seperti hoaks dan perundungan siber.

Ia juga menegaskan peningkatan kesadaran dan pemahaman digital dari masyarakat, termasuk perempuan, menjadi kunci untuk mengatasinya sekaligus membuat perempuan mampu memanfaatkan teknologi digital secara lebih produktif untuk berkontribusi lebih besar.

Woman in Tech

SheHacks 2021
ilustrasi (Foto: unsplash/kobu-agency)

Dalam kesempatan yang sama Ketua Presidium Kaukus Perempuan Parlemen Republik Indonesia (KPP-RI) Diah Pitaloka mengatakan, bahwa literasi digital yang terus meningkat menjadi sebuah keniscayaan bagi para legislator perempuan untuk lebih produktivitas. Sebab menurutnya, aktivitas dan gaya hidup masyarakat luas kepada teknologi digital, menuntut legislator perempuan memahami peluang, tantangan, dan isu-isu terbaru era baru 4.0.

“Pemahaman dan penguasaan teknologi digital di kalangan legislator perempuan diharapkan akan membantu meningkatkan efektivitas program, aksi-aksi sosialisasi, dan komunikasi serta interaksi dengan masyarakat, serta memperkaya wawasan legislator dalam menyikapi isu-isu kritikal terkait keamanan siber dan perundungan siber yang marak di kalangan masyarakat,” ujar dia.

Tinggalkan komen