Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Jual 50 Juta Produk, realme Raih Pertumbuhan Tercepat di Dunia

1 598

Lembaga riset Counterpoint kembali merilis laporan baru terkait penjualan smartphone secara global. Setelah beberapa hari lalu rilis brand yang paling tepercaya, kali ini giliran laporan pertumbuhan atau pengiriman smartphone, untuk rentang kuartal ketiga 2020. Terdapat sebuah merek relatif baru yang punya skor cukup baik dalam laporan ini.

Ya, dialah realme. Merek yang satu ini baru saja dinobatkan oleh Counterpoint pada laporan pengiriman smartphone Q3 2020, sebagai merek dengan pertumbuhan tercepat. Karena telah menjual 50 juta produk smartphone. Realme catatkan dirinya sebagai merek dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

Pertumbuhan realme memang terhitung sangat cepat, berhasil saingi merek smartphone global lainnya dalam sembilan kuartal (mulai dari Q4 2018 hingga Q1 2020). Selama lima kuartal berturut-turut miliki penjualan per kuartal sebanyak 14,8 juta unit, hingga alami peningkatan 132% QiQ untuk Q3 2020, catat rekor baru.

Baca juga: realme Indonesia Siap Bawa narzo 20 Series & Rangkaian Produk AIoT Baru

realme Menjadi Top 3 Brand di Beberapa Negara Asia Tenggara

Pengiriman Smartphone - Counterpoint Q3 2020
Sumber: Counterpoint Q3 2020 Global Smartphone Shipments Report

Menurut Counterpoint, pertumbuhan dari jumlah penjualan ini menjadikan realme sebagai merek dengan pertumbuhan terkuat untuk merek OEM secara global. Telah berhasil menjual hingga 50 juta produk, yang berarti sukses merangkul anak muda di seluruh dunia, yang notabene menjadi kelompok yang berada di berbagai negara dan budaya.

Dalam sebuah rilis dari Counterpoint, Abhilash Kumar, Research Analyst lembaga riset tersebut mengatakan bila realme telah berkembang menjadi Top 5 bahkan Top 3 di beberapa pasar utama seperti India, Indonesia, Bangladesh, Filipina dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya. “Citra realme sebagai merek trendsetting technology telah berkontribusi untuk membangun reputasi realme, serta kepercayaan pelanggan untuk percayakan realme sebagai bagian dari mereka.”

Dari gambar di atas, terlihat bahwa realme hanya membutuhkan waktu sembilan kuartal untuk berhasil meraih 50 juta unit pengapalan smartphone. Lebih singkat dari Samsung, Xiaomi bahkan Apple. Namun juga yang perlu diketahui, kehadiran realme sudah ada di era di mana penjualan produk sudah jauh lebih mudah.

Tentu tidak sepenuhnya “Apple to Apple” seperti ketika Apple pertama kali hadir, tanpa ada penjualan secara daring yang masif dan mudah seperti sekarang. Meski begitu, pencapaian ini tetap dapat diapresiasi. Termasuk growth atau pertumbuhan yang tinggi, menemani Xiaomi di YoY Q3 2020.

Terus Hadirkan Inovasi Terbaik Untuk Anak Muda

Pengiriman Smartphone - Counterpoint Q3 2020
Sumber: Counterpoint Q3 2020 Global Smartphone Shipments Report

“Di realme, kami menjalankan filosofi kami, yaitu berani melangkah ke depan dalam hal inovasi, desain dan nilai produk. Hal ini merupakan sesuatu yang sangat identik oleh anak muda,” kata Sky Li – CEO realme. Ia menambahkan, beberapa inovasi teknologi terkini juga berhasil dihadirkan, seperti smartphone pertama dengan prosesor Snapdragon 865 & 765G, serta dengan kamera 64MP pertama.

“Menariknya lagi, inovasi ini telah memungkinkan realme untuk memperkenalkan smartphone dengan konektivitas 5G kepada pelanggan kami dan anak muda, sehingga meningkatkan popularitas dan reputasi kami di banyak pasar internasional,” tambah Sky Li. Walau Indonesia belum menjadi negara bagian yang relevan untuk itu, selain kehadiran realme X50 Pro 5G sebagai flagship.

Sepanjang tahun 2020, realme bakal meluncurkan 50 produk AIoT dan berencana untuk luncurkan lebih banyak produk lagi di tahun 2021. Dari sekian banyaknya produk AIoT yang sudah hadir di Tanah Air, apakah Gizmo friends termasuk dari salah satu penggunanya?