Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

realme Perkenalkan Buds Air Pro & Buds Wireless Pro dengan ANC

0 2.249

Setelah merilis banyak tipe smartphone dalam beberapa pekan belakangan ini, giliran realme untuk perkenalkan seri perangkat AIoT mereka, melalui sebuah gelaran acara daring bertajuk “Leap To Next Gen”. Diadakan di India, realme juga baru saja perkenalkan realme 7i, yang memang hadir resmi pertama kali di Indonesia.

Dari beberapa perangkat AIoT yang diperkenalkan, dua di antaranya merupakan perangkat audio nirkabel, membawa fitur lebih canggih dari yang sudah tersedia saat ini. Keduanya adalah realme Buds Air Pro dan realme Buds Wireless Pro. Sesuai namanya, perangkat pertama memiliki jenis earphone TWS, sementara Buds Wireless Pro memiliki neckband yang lebih cocok untuk olahraga.

Dari berbagai seri perangkat earphone realme yang hadir saat ini, memang belum ada yang membawa teknologi active noise cancellation (ANC), sebuah fitur yang kini mulai banyak ditemukan di earphone yang lebih terjangkau. Di realme Buds Air Pro, akhirnya fitur tersebut dibawa, beserta fitur baru lainnya.

Baca juga: Bakal Hadir 14 Oktober, Ini Fitur Menarik realme 7 Pro & realme C17

realme Buds Air Pro Punya Daya Tahan Baterai Hingga 25 Jam

realme Buds Air Pro

Dengan noise cancellation hingga 35dB, masing-masing earbud dilengkapi dengan dua mikrofon (FeedBack dan FeedForward), yang khusus menangkap noise di luar maupun di dalam telinga. Keduanya berikan efek kedap sehingga pengguna bisa lebih fokus mendengarkan musik. Ketika perlu mendengarkan suara luar, Transparency Mode hadir agar kita lebih aware dengan suara pengumuman di MRT, misalnya.

Dan untuk tingkatkan kualitas telepon, ada fitur environmental noise cancellation (ENC) yang otomatis aktif saat bertelepon. realme Buds Air Pro gunakan cip S1 28mm, hadir dengan Game Mode yang ditingkatkan, dengan latensi 94ms saja. Masing-masing earbud berbobot 5 gram, dengan driver berukuran 10mm.

Kapasitas baterai masing-masing earbud tidak diinformasikan, kecuali charging case-nya yang memiliki bobot hampir 40 gram dengan baterai 486mAh. Dengan baterai tersebut, realme Buds Air Pro sanggup digunakan hingga 25 jam, atau 5 jam lebih singkat dengan ANC aktif. Ketika baterai habis, pengisian 10 menit bisa digunakan sampai 3 jam, dan isi penuh dalam waktu 60 menit saja.

Dan sama seperti seri realme Buds lainnya, perangkat ini hadir dengan berbagai gestur sentuh. Mulai dari 2x tap untuk play/pause, 3x tap untuk ke lagu selanjutnya, sentuh dan tahan untuk masuk ke mode ANC/Transparency serta tahan kedua earbud untuk masuk ke gaming mode. Earbud-nya sendiri sudah tersertifikasi IPX4 splash resistant.

Dengan dukungan Bluetooth 5.0, realme Buds Air Pro sudah mendukung Google Fast Pair, serta smart wear detection untuk memulai dan stop lagu otomatis ketika dipasangkan ke dalam telinga. Meski gunakan embel-embel Pro, TWS terbaru realme satu ini belum dilengkapi dukungan wireless charging.

realme Buds Wireless Pro Dukung High-Quality Codec

realme Buds Wireless Pro

Selain Buds Air Pro, juga dihadirkan realme Buds Wireless Pro yang punya fitur ANC. Dengan dimensi fisik yang lebih besar, realme bisa memberikan beberapa fitur tambahan seperti dukungan codec LDAC hingga 990kbps untuk kualitas audio lebih baik, serta driver lebih besar di 13,6mm.

Port micro-USB pada seri sebelumnya telah digantikan dengan USB-C. Dengan baterai 160 mAh, realme Buds Wireless Pro sanggup digunakan sampai 22 jam (dan 16 jam dengan ANC). Mengisi penuh membutuhkan waktu 1,5 jam, sementara 5 menit charge dapat digunakan hingga 1,7 jam dengarkan musik.

Harga realme Buds Air Pro & Buds Wireless Pro

realme Buds Air Pro

Kedua perangkat ini bakal dapat disambungkan ke smartphone Android lewat aplikasi realme Link, dimana pengguna dapat mengaktifkan mode tambahan seperti Bass Boost+. realme Buds Air Pro hadir dalam warna Rock Black dan Soul White, mulai tersedia di India 16 Oktober mendatang secara daring dan luring.

Harga ritelnya INR4,999 atau sekitar Rp1 juta. Sementara realme Buds Wireless Pro dijual mulai dari INR3,999 (Rp800 ribuan), bakal tersedia di hari yang sama dalam warna Party Yellow dan Disco Green. Semoga segera hadir juga di Tanah Air ya.