Perangkat AIoT realme Kini Kompatibel dengan iPhone

Kabar gembira untuk para pengguna produk Apple seperti iPhone dan iPad. Sejak perilisan lini wearable pertamanya di awal tahun 2020 ini, realme AIoT hanya bisa tersambung ke perangkat Android saja. Pasalnya, aplikasi realme Link iOS belum ada, alias hanya ada di Google Play Store.

Dengan begitu, otomatis produk-produk seperti realme Band dan realme Watch tidak bisa digunakan. Kecuali earphone TWS realme yang tidak mewajibkan terhubung ke realme Link, meski bakal kehilangan benefit seperti software update dan fungsi untuk mengatur pintasan gestur di masing-masing earbud. Aplikasi realme Link iOS baru saja tersedia beberapa hari lalu.

Kabar ini disampaikan langsung oleh Madhav Sheth, VP & CEO realme India & Eropa, melalui akun Twitter pribadinya. Meski di dalam cuitannya malah menggunakan tampilan smartphone Android, realme Link di iOS punya tampilan sama persis. Karena memang tujuan utamanya sama, menjadikan aplikasi ini sebagai penghubung dari seluruh perangkat AIoT dari realme.

Baca juga: Berkembang Pesat, Ini Langkah realme Capai 50 Juta Pengguna

Masih Baru, realme Link iOS Belum Kompatibel Untuk Semua AIoT

realme Link iOS

Namun konsumen tidak bisa terlalu senang lebih dulu. Pasalnya, aplikasi realme Link iOS masih sangat-sangat baru. Ketika kami berkunjung ke Apple App Store, baru ada 7 rating di mana rata-rata nilainya hanya 1,9 dari 5 saja. Masih banyak pengguna iPhone dan iPad yang kecewa akan kehadiran aplikasi AIoT realme satu ini.

Hal tersebut bukan tanpa alasan. Karena ternyata ketika kami buka, opsi perangkat AIoT yang ada di dalamnya sangat-sangat terbatas. Secara total, saat ini hanya ada tiga perangkat yang baru didukung; smartwatch realme Watch S, alat penimbang badan realme Smart Scale dan kamera keamanan realme Smart Cam 360.

Bahkan realme Buds Air Pro pun tidak bisa ditemukan di dalamnya. Sehingga sangat wajar bila banyak yang kecewa, apalagi sudah diumumkan langsung dari sang CEO. Memang, sejak peluncuran smartwatch pertamanya beberapa bulan lalu, kami sempat menanyakan keberadaan aplikasi ini. Saat itu, Krisva Angnieszca selaku PR Manager realme Indonesia, menjawab bila hal tersebut sedang dikonsiderasikan oleh tim pusat.

Meski pada akhirnya baru terjawab sekarang dengan keterbatasan perangkat yang didukung, setidaknya ini bakal membuka langkah baru bagi realme untuk membuat jajaran produk AIoT-nya bisa digunakan ke banyak pengguna iPhone secara global. Semoga ke depannya, daftar perangkat realme Link di iOS bisa segera ditambah.

Fitur realme Link di iOS Kurang Lebih Sama dengan Android

realme Link iOS

Kami sendiri sudah sempat mencobanya untuk menyambungkan ke realme Watch S. Proses penambahannya memang tidak mulus, harus disambungkan dua kali melalui scan QR. Namun setelahnya sih lancar-lancar saja. Fitur yang disediakan pun hampir sama persis, seperti pelacakan denyut jantung, notifikasi dari smartphone sampai kustomisasi watch face.

Karena berbeda platform, belum ditemukan opsi untuk meng-ekspor data kesehatan yang ada di realme Link iOS ke platform lainnya, sebut saja Google Fit. Alias masih banyak yang harus dibenahi supaya aplikasi ini menjadi layak sebagai sambungan ke perangkat iPhone dan iPad. Kalau fiturnya sudah lengkap, apakah Gizmo friends yang sedang gunakan iPhone tertarik mencoba AIoT dari realme?

Tinggalkan komen