Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

realme Q2 Series, Lini Smartphone 5G Baru Mulai Rp2 Jutaan

0 3.312

Produsen smartphone asal Shenzhen, China satu ini memang tak henti-henti untuk rilis produk baru. Ya, siapa lagi kalau bukan realme. Besok (14/10), realme Indonesia bakal hadirkan dua smartphone terbarunya, realme 7 Pro dan realme C17 yang masing-masing bawa pengecasan 65W serta memori internal super lega.

Nah, berbeda di negara lainnya, realme baru saja merilis sebuah seri baru di negara asalnya. Rumor akan hal ini memang telah bermunculan sejak beberapa pekan kemarin. Tak hanya satu, tapi tiga seri sekaligus; realme Q2, Q2 Pro dan Q2i. Ketiganya hadir dengan harga murah, bawa teknologi 5G untuk lebih banyak masyarakat.

Dari namanya sendiri, sudah bisa ditebak dong ya, mana varian yang paling terjangkau, kelas menengah dan yang terbaik. Ketiganya hadir dengan chipset MediaTek, alternatif yang banyak digunakan oleh para produsen smartphone untuk hadirkan perangkat 5G murah. Meski Qualcomm mulai mengejar ketertinggalan dengan rilis seri 600-700 terbarunya.

Baca juga: Mengintip Isi Kotak realme C17, Smartphone dengan Memori 256GB

Spesifikasi realme Q2, Q2 Pro & Q2i

realme Q2 Pro

Varian terbaiknya adalah realme Q2 Pro, yang mengusung desain mirip realme 7 Pro, kecuali dengan logo “Dare To Leap” tercetak sangat besar pada bodi belakangnya. Konfigurasinya juga hampir sama, miliki layar 6,4 inci full HD+ dengan panel AMOLED yang mendukung in-display fingerprint sensor. Hanya saja kamera depannya ‘cuma’ beresolusi 16MP f/2.1.

Sensor utama kamera belakangnya beresolusi 48MP f/1.8, dipasangkan dengan sensor 8MP ultra-wide, 2MP hitam putih dan 2MP macro. Chipset MediaTek Dimensity 800U dipadukan dengan RAM 8GB dan memori 128/256GB. Sementara baterai 4,300 mAh-nya sudah mendukung 65W SuperDart Charge.

Kalau realme Q2 Pro mendekati 7 Pro, realme Q2 biasa juga mendekati realme 7. Layarnya sedikit lebih besar di 6,5 inci, namun gunakan panel LCD dengan sensor sidik jari menyatu dengan tombol power. Chipset-nya sama, hanya saja kapasitas RAM lebih kecil di 4/6GB, dengan opsi memori 128GB saja.

realme Q2 Pro

Sensor kamera belakang juga sama, termasuk desainnya. Namun supaya lebih murah, realme Q2 menghapus sensor hitam putih. Juga tulisan pada bodi belakang gunakan nama realme. Kapasitas baterai lebih besar di 5,000 mAh, dengan dukungan fast charger 30 watt.

Menjadi yang termurah, realme Q2i gunakan basis milik realme C15, termasuk varian warna dan pola bodi belakangnya. Sensor sidik jadi terletak di bodi belakang, sementara tampilan depannya gunakan notch dengan layar berukuran 6,52 inci HD+.

Supaya bisa hadir dalam harga yang lebih murah, realme Q2i gunakan MediaTek Dimensity 720, masih mendukung jaringan 5G. Opsi memorinya hanya satu, yaitu 4GB+128GB. Tiga kamera belakangnya masing-masing punya resolusi 13MP, 2MP & 2MP (macro & potret), sementara kamera depannya beresolusi 8MP. Baterai 5,000 mAh hadir dengan dukungan fast charging 18W.

Harga realme Q2 Series

realme Q2 Pro, Q2, Q2i
(Kiri – kanan): realme Q2 Pro, realme Q2 & realme Q2i.

Seberapa murah ketiga smartphone baru realme Q2 series ini? Mulai dari varian tertinggi, realme Q2 Pro dibanderol seharga CNY1,799, atau Rp3,9 jutaan saja untuk opsi memori paling rendah. Di bawahnya lagi, ada realme Q2 yang dijual mulai CNY1,299 (Rp2,8 jutaan).

Yang cukup mencengangkan adalah harga dari realme Q2i. Mungkin bisa dibilang salah satu smartphone 5G termurah saat ini, dijual seharga CNY998 atau sekitar Rp2,1 jutaan saja. Mungkin bisa jaringan 5G sudah tersedia di Tanah Air, ketiganya bakal menarik perhatian konsumen. Mungkin tahun depan, ya.