realme UI 3.0 Berbasis Android 12 Tingkatan UI & Performa, Versi Beta Sudah Tersedia

Jakarta, Gizmologi – Kini pengguna smartphone tak hanya mencari perangkat dengan spesifikasi terbaik. Tidak sedikit bagi mereka, terutama anak muda yang inginkan perangkat dengan software (perangkat lunak) yang terus diperbarui. realme UI 3.0 hadir untuk penuhi keinginan semua penggunanya, yang didominasi oleh anak muda.

Kehadiran realme UI 3.0 memang sudah direncanakan sebelumnya, di mana sebelumnya sudah muncul teaser tampilan baru yang bakal hadir pada pembaruan UI berbasis Android 12 ini. Bila terlihat familiar, maka hal tersebut sangat wajar. Sejak dulu, realme UI memang mirip seperti ColorOS milik OPPO, mulai dari personalisasi sampai aplikasi bawaannya.

Meski memang, pendekatan keduanya berbeda, di mana realme UI lebih mengedepankan kustomisasi sembari membuat tampilannya lebih clean, mendekati Android murni. Lewat realme UI 3.0, fitur keamanan terbaru juga diimplementasikan. Berikan kendali lebih bagi pengguna untuk mengatur akses hardware tertentu, sampai tingkatan tiap aplikasi individu.

Baca juga: realme GT ME (Master Edition) Kini Hadir dalam Opsi 128GB, Harga Lebih Murah

Mengusung slogan “Seamless Fun”, realme UI 3.0 hadir dan disesuaikan dengan kebutuhan anak muda. Palson Yi, Marketing Director realme Indonesia mengatakan bila UI terbaru ini sudah diolah secara mendalam, disajikan lewat fitur yang mendukung kreativitas, sosial dan produktivitas. Serta tingkatkan fitur keamanan yang dibutuhkan oleh anak muda di seluruh dunia.

Tampilan Antarmuka realme UI 3.0 Lebih Ekspresif

v

Untuk dapat ekspresikan diri secara personal, tentu diperlukan tingkat kustomisasi mendalam untuk tampilan antarmuka sebuah smartphone. realme UI 3.0 nantinya bakal dapat mengakomodasi hal tersebut lebih dalam. Secara umum, tampilannya lebih mencolok, hadir dengan ikon aplikasi yang dirancang 3D, supaya terlihat lebih hidup.

Secara umum, layout tiap elemen yang ditampilkan dibuat lebih teratur, dirancang untuk berikan kesan spasial agar tampilan terlihat lebih luas alias tidak terlalu padat. Ukuran font, symbol dan kontras teks juga disesuaikan, berikan kenyamanan lebih ketika dilihat sehari-hari. Lalu bagaimana dengan kustomisasinya?

realme UI 3.0

Android 12 sendiri berikan opsi untuk memilih aksen warna elemen UI mengikuti wallpaper, dan realme UI 3.0 juga bisa berikan opsi serupa. Ada beberapa preset yang bisa dipilih, dan pengguna juga bisa memilih warna sendiri secara manual bila ingin berbeda dari yang lain. Bagi pengguna smartphone realme dengan layar AMOLED, kustomisasinya bakal bisa lebih jauh lagi.

Selain pilihan jam standar, nantinya sang maskot realmeow juga bakal dihadirkan dalam beberapa versi, bakal tampil secara konsisten ketika smartphone sedang standby. Pengguna realme UI 3.0 juga bisa gunakan foto diri, yang nanti ditampilkan dalam bentuk sketsa hitam putih.

Performa Lebih Kencang, Hadir Mulai Akhir 2021

realme UI 3.0

Pengguna juga tidak perlu khawatir bila versi baru realme UI 3.0 bakal memberatkan kinerja prosesor. Lewat penelitian internal, sebagian besar pengguna sudah merasa puas dengan UI versi sebelumnya. Dan lewat AI Smooth Engine, diberikan pengalaman lebih ringan dan cepat bagi para pengguna.

Ada banyak peningkatan yang diberikan, beberapa di antaranya terkait total penggunaan memori, fragmentasi memori dan kompresi memori AI. Hasilnya? Penggunaan memori dapat dikurangi hingga 30%. Kecepatan peluncuran aplikasi meningkat 13%, sembari tingkatkan efisiensi daya baterai sampai 12%.

Terkait keamanan, diberikan opsi untuk mengirimkan gambar dan video favorit secara lebih pribadi. Sebelum media dikirim, realme UI 3.0 beri opsi untuk menghilangkan lokasi foto, data EXIF, sampai stempel waktu hingga model kamera. Tentunya fitur bawaan Android 12 lainnya, seperti opsi untuk tak berikan lokasi secara presisi, juga tersedia.

realme UI 3.0

Tak sabar untuk menjajal realme UI 3.0? Versi beta dari tampilan antarmuka ini bakal tersedia pertama kali untuk realme GT bulan Oktober ini. Untuk pengguna di Indonesia, mulai Desember mendatang tersedia bagi pengguna realme GT ME dan realme 8 Pro.

Menyusul seri lainnya seperti realme X50 Pro 5G, realme 7 Pro, realme 8, realme C25 & C25s pada kuartal pertama tahun 2022. Serta dua seri lainnya, realme X3 SuperZoom dan realme 8 5G pada kuartal kedua. Daftar tersebut adalah daftar khusus untuk perangkat yang hadir resmi di Indonesia, jadi silakan tunggu sampai versi finalnya tersedia ya.

Tinggalkan komen