alexa

Redmi K40 Gaming Edition Gunakan MediaTek Dimensity 1200, Harga Rp4 Jutaan

Makin ke sini, smartphone gaming memang bisa dihadirkan di segmen harga yang jauh lebih terjangkau, alias tak melulu kelas flagship saja. Hal tersebut berkat ketersediaan cip yang lebih murah, serta beberapa faktor lainnya. Xiaomi kali ini hadirkan Redmi K40 Gaming Edition, penawaran lebih murah dari seri Blackshark.

Namun tentu bukan Xiaomi namanya kalau bisa hadirkan smartphone terjangkau dengan spesifikasi yang tinggi, tak terkecuali Redmi K40 Gaming. Seluruh bagian dari smartphone ini dibuat powerful, mulai dari prosesor, layar hingga speakernya yang bekerja sama dengan pembuat perangkat audio kenamaan, yaitu JBL.

Sehingga membuat perangkat seri Redmi agak sulit dibedakan posisinya dengan lini seri Mi, karena tak melulu hadir sebagai smartphone kelas entri atau menengah. Seperti yang kita tahu bersama, Xiaomi Mi 11X di India adalah Redmi K40 di Tiongkok. Yang juga sama dengan Poco F3 di Indonesia. Membingungkan? Agar tak bingung, baiknya kembali fokus ke perangkat gaming terbaru Xiaomi satu ini.

Baca juga: Xiaomi Rilis Mi Curved Gaming Monitor 34 Harga Rp6,9 Juta

Spesifikasi Xiaomi Redmi K40 Gaming Edition

Redmi K40 Gaming

Ini adalah smartphone gaming pertama yang menggunakan penamaan Redmi. Dari tampak luarnya, Redmi K40 Gaming Edition memiliki bodi yang tak dibuat macam-macam, kecuali aksen pada back cover atau bodi belakangnya saja. Pada samping kanan bodinya, disematkan dua tombol khusus sebagai trigger dengan mekanisme magnetik.

Dengan begitu, pengguna tak perlu lagi membeli aksesori tambahan sebagai pintasan dalam bermain gim. Tombolnya juga dirancang lebih awet dari struktur tombol mekanikal biasa, dengan usia hingga 1,5 miliar kali tekan. Kualitas visual dan suaranya juga tak kalah unggul, usung desain layar depan flat berukuran 6,67 inci.

Redmi K40 Gaming

Panel yang digunakan Redmi K40 Gaming sudah berjenis AMOLED, menggunakan teknologi COP agar bezel bawah dapat direduksi hingga 2,7mm. Refresh rate-nya 120Hz, dengan touch sampling rate 480Hz. Sementara setup speaker stereonya dirancang sedemikian rupa agar tak terhalang tangan ketika sedang digunakan secara landscape.

Untuk performa, Xiaomi percayakan cip yang powerful dari MediaTek, yaitu Dimensity 1200 yang punya arsitektur CPU 1+3+4 core, dengan clockspeed paling kencang di 3GHz. Selain kencang, efisiensi dayanya juga diutamakan berkat fabrikasi 6nm, sekitar 25% lebih hemat daripada seri Dimensity 1000+. Dijanjikan gim yang sudah terkenal bisa berjalan lancar di 90fps.

Tak ada kipas pengindin khusus pada smartphone ini, melainkan Xiaomi gunakan sistem pendingin 3D dari lapisan grafit, vapor chamber serta pemancar suhu panas setara pesawat. Dengan desain yang tergolong tipis (8,3mm), baterai 5,065 mAh mampu disematkan dengan pengecasan 67 watt. Dengan begitu, perangkat dapat terisi daya penuh hanya 42 menit saja.

Redmi K40 Gaming Juga Hadir Dalam Edisi Khusus

Redmi K40 Gaming

Redmi K40 Gaming juga dirancang agar tetap aman digunakan meski sedang diisi daya sekalipun. Untuk itu, dalam paket penjualannya, disertakan kabel berbentuk L agar tetap nyaman dalam genggaman. Smartphone ini juga pertama kalinya dirancang dengan tiga antena Wi-Fi yang sudah mendukung Wi-Fi 6, serta tiga mikrofon di bagian atas, bawah dan tengah belakang saat posisi horizontal.

Dijual di China terlebih dahulu, Xiaomi Redmi K40 Gaming Edition hadir dalam empat varian warna; hitam, silver, putih, dan warna kuning khusus Bruce Lee Special Edition. Opsi termurah dengan mmori 6/128GB dibanderol dengan harga RMB1,999 atau Rp4,4 jutaan. Sementara varian paling tinggi dengan RAM 12/256GB dijual RMB2,699 (Rp6 jutaan).

Tinggalkan komen