Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Poco X3 Pro & Poco F3 Masuk Indonesia, Bawa Performa Terkencang di Kelasnya

Bukan Poco namanya kalau tidak menghadirkan sebuah produk yang menggebrak segmen pasar smartphone. Mulai dari lini flagship sampai segmen kelas entri harga sejutaan, selalu berikan value atau spesifikasi tinggi. Kali ini, giliran Poco X3 Pro & Poco F3 dihadirkan secara resmi di Tanah Air.

Keduanya sama-sama hadir dengan cip terbaru kelas flagship dari Qualcomm, yaitu seri 800. Meski, memang, salah satu dari kedua smartphone yang dihadirkan kali ini punya tampilan yang identik. Ya, benar, Poco X3 Pro sejatinya hadir seolah seperti versi penyempurnaan minor dari Poco X3 NFC. Maksimalkan performa dengan cip jauh lebih baik.

Sementara Poco F3 hadir seutuhnya baru, di mana sebelumnya diperkenalkan sebagai Xiaomi Redmi K40. Smartphone ini cocok untuk mereka yang mencari pengalaman smartphone flagship dengan harga terjangkau, di mana sudah menggunakan panel layar AMOLED dan tak kalah ngebut. Punya spesifikasi yang bisa dibilang bakal bersaing dengan saudaranya sendiri, Xiaomi Mi 10T.

Baca juga: Xiaomi Mi 10T Pro Hadir dalam Varian Memori 128GB, Harga Lebih Murah

Poco X3 Pro Usung Chipset Jauh Lebih Kencang, Snapdragon 860

Poco X3 Pro

Imbuhan penamaan “Pro” di Poco X3 Pro lebih diutamakan kepada performanya. Kalau generasi sebelumnya gunakan Snapdragon 732G, maka penerusnya kali ini gunakan cip terbaik Qualcomm di tahun 2019, yaitu Snapdragon 860 (dengan arsitektur sama persis seperti Snapdragon 855 Plus). Diklaim punya performa 71% lebih kencang plus skor antutu 45% lebih tinggi.

Supaya tidak panas saat digunakan untuk bermain gim, disematkan sistem pendingin LiquidCool 1.0 Plus yang bisa turunkan suhu sampai 6 derajat Celsius. Dan untuk membuat pengalaman bermain lebih nyaman, Poco X3 Pro hadir dengan layar yang sama persis—6,67 inci full HD+ dengan refresh rate 50 – 120Hz dan touch sampling rate 240Hz.

Secara desain, masih tampil sama persis. Perbedaan hanya terdapat pada aksen warna serta permukaan yang sedikit berbeda. Di mana Poco X3 Pro punya sisi samping doff dengan bodi yang lebih tahan sidik jari. Kapasitas baterai besar 5,160 mAh dapat diisi penuh dalam waktu kurang dari satu jam. NFC? Tetap ada.

Poco F3 Hadir Bawa Snapdragon 870 & Layar E4 AMOLED

Poco F3

Dengan performa yang lebih kencang karena sudah mengusung Qualcomm Snapdragon 870, Poco F3 juga sudah mendukung konektivitas 5G. Hadir sebagai kejutan setelah memperkenalkan Poco X3 Pro, Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia menyebutkan bila masyarakat juga telah menanti-nanti varian yang lebih tinggi ini.

Ia menyebutkan, kehadiran Pocophone F1 cukup menggebrak segmen smartphone kencang, sementara Poco F2 absen di Tanah Air. Untuk itu, Poco F3 hadir sebagai penerus, didatangkan secara cepat dalam peluncuran yang sama dengan Poco X3 Pro.

Lebih baik dari Xiaomi Mi 10T, layar Poco F3 sudah gunakan panel Dynamic AMOLED full HD+ 120Hz, dengan bidang luas sama persis Poco X3. Sudah mendukung HDR10+, kecerahan maksimum 1300 nits, plus lapisan Gorilla Glass 5. Yang sama di antara keduanya adalah penggunaan sensor utama Sony IMX582 beresolusi 48MP f/1.79.

Kapasitas baterainya sedikit lebih kecil di 4,520 mAh, namun masih sama-sama mendukung fitur Hi-Res Audio, Dolby Atmos hingga setup speaker stereo. Dengan modul getar pada bodi yang dibuat sedemikian rupa agar pengalaman bermain gim lebih imersif. Namun tak disebutkan kehadiran sertifikasi tahan cipratan air (IP53) layaknya pada Poco X3 Pro & X3 NFC.

Harga Resmi Poco X3 Pro & Poco F3 di Indonesia

Poco X3 Pro

Sudah tidak sabar untuk membeli jawara smartphone dengan performa kencang dari Poco Indonesia? Hadir sebagai opsi yang lebih murah, Poco X3 Pro dibanderol seharga Rp3,499 juta & Rp3,999 juta, untuk masing-masing varian memori 6/128GB & 8/256GB. Harga yang cukup fantasis untuk sebuah smartphone dengan cip Snapdragon 860. Dijual melalui situs e-dagang Shopee Indonesia.

Sementara Poco F3 bakal dijual di JD.ID, dengan masing-masing harga Rp4,999 juta & Rp5,499 juta untuk varian memori 6/128GB & 8/256GB. Pre-order bakal dibuka pada 22 – 27 April 2021, sementara untuk penjualan perdana (flash sale) dimulai 28 April. Sementara untuk Poco X3 NFC, bakal tetap dijual karena hadir untuk segmen pembeli yang berbeda.

Tinggalkan komen