Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Qualcomm Hadirkan Cip Snapdragon 780G 5G, Pertama dengan Fabrikasi 5nm

0 2.488

Rasanya dalam beberapa bulan belakangan, Qualcomm seolah seperti sedang ‘cosplay’ layaknya pabrikan smartphone tertentu ya. Nggak mau kalah dengan merilis banyak seri chipset terbaru, yang memang hadir untuk mengimbangi kebutuhan. Giliran Snapdragon 780G 5G yang diluncurkan jelang akhir Maret 2021 ini.

Snapdragon 780G adalah cip pertama dalam seri Snapdragon 700 yang dibangun dalam proses fabrikasi 5nm. Semakin kecil angkanya, semakin efisien daya yang dikeluarkan, berikan dampak positif pada baterai atau masa pakai smartphone sekaligus performa yang optimal. Tentunya juga membawa peningkatan di berbagai sektor lain seperti CPU, GPU, kemampuan kecerdasan buatan sampai ISP untuk kameranya.

Meski tak dapat dipungkiri, kini penamaan dan seri cip Snapdragon bakal sedikit membingungkan. Beberapa waktu lalu, Poco X3 Pro dihadirkan dengan Snapdragon 860, yang ternyata adalah versi penyegaran dari cip rilisan dua tahun lalu. Seri 800, tapi digunakan di smartphone harga kelas menengah terjangkau.

Baca juga: Qualcomm Snapdragon Sound Ciptakan Standar Audio Nirkabel Berkualitas

Snapdragon 780G 5G Gunakan Arsitektur CPU Mirip Seri 888

Qualcomm Snapdragon 780G 5G

Tentu kelas Snapdragon 780G berbeda dengan cip tersebut. Saat ini, kelas maupun performa prosesor tak bisa diukur dari nama dan golongan serinya saja—konsumen juga harus tau spesifikasi lainnya. Seperti chipset terbaru Qualcomm satu ini, yang punya kemiripan dengan sang cip flagship Snapdragon 888, termasuk pada bagian CPU-nya.

Dianggap sebagai penerus dari seri Snapdragon 765G, seri 780G mengusung arsitektur CPU ARM Cortex-A78 sama seperti versi terbaik di 2021. Lebih tepatnya, digunakan dua buah Cortex-A78 dengan clockspeed 2.4GHz dan dipasangkan bersama CPU efisien daya Cortex-A55 enam buah, berjalan di 1,8GHz.

Memiliki embel-embel huruf “G” dalam penamaannya, Snapdragon 780G tentu juga hadir untuk berikan kemampuan gaming terbaik di kelas mid-range. Membawa GPU Adreno 642, dukungan Qualcomm Snapdragon Elite Gaming hadir pada chipset ini. Dengan driver yang bisa diperbarui serta mendukung gim yang pakai visual HDR 10-bit, untuk tampilan memukau mata.

Peningkatan lain yang juga setara dengan flagship adalah integrasi modem 5G Snapdragon X53 di dalamnya. Modem tersebut janjikan kecepatan unduh sampai 3,3Gbps, lewat jaringan 5G Sub-6 GHz. Juga mendukung standar Wi-Fi terbaru, 6E serta konektivitas Bluetooth 5.2.

Performa 40% Lebih Kencang, Hadir Kuartal Kedua 2021

Qualcomm Snapdragon 780G

Selain pertama kali membawa fabrikasi 5nm, Snapdragon 780G juga sudah mengusung sistem triple image signal processor (ISP) dalam seri 700, yaitu Spectra 570. Salah satu kemampuan unggulannya yaitu dapat menangkap gambar secara simultan dari tiga jenis sensor kamera berbeda; wide, ultra-wide serta telefoto.

Digabungkan dengan prosesor khusus AI Hexagon 770 yang berikan performa hingga 12 TOPS, smartphone yang gunakan cip ini bakal dapat menjalankan aplikasi-aplikasi canggih di masa depan dengan lancar bebas hambatan. Bila dibandingkan dengan seri 765G, performa CPU dan GPU diklaim naik masing-masing 40% dan 50%.

Belum ada informasi smartphone apa yang bakal gunakan cip ini untuk pertama kali. Namun pihak Qualcomm janjikan Snapdragon 780G bakal hadir di kuartal kedua tahun 2021 mendatang. Kita nantikan saja informasi tambahan dari para produsen smartphone di bulan depan ya!

Tinggalkan komen