Rerouting Trafik, Cara Telkom Pulihkan Jaringan IndiHome-Telkomsel

Jakarta, Gizmologi – Telkom Group memastikan gangguan layanan IndiHome dan Telkomsel telah berangsur pulih. Di mana banyak pengguna mengeluhkan lambatnya akses internet pada jaringan IndiHome maupun operator seluler Telkomsel sejak kemarin, Minggu (19/9) malam.

Vice President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono mengatakan bahwa layanan Telkom Group, baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia sudah berangsur pulih pasca-gangguan sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatra, dan Kalimantan (Jasuka) ruas Batam–Pontianak.

“Sejak terjadinya gangguan kemarin malam, kami segera melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam,” kata Pujo dalam keterangannya, Senin (20/9/2021).

Pujo menjelaskan, Telkom telah melakukan penambahan kapasitas link di beberapa wilayah Indonesia, seperti papua, Kalimantan, dan Jawa. Selain itu, perusahaan juga mengoptimalkan gerbang internasional di Manado untuk memulihkan layanan.

“Fokus kami hanya satu, agar layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala,” sambungnya.

Baca Juga: Netizen Keluhkan Layanan IndiHome & Telkomsel yang Masih Lemot

Gangguan Jaringan

Pulau Sebaru Kecil

Lebih lanjut, Pujo mengatakan, sementara gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 kilometer lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut. Perusahaan telekomunikasi berpelat merah itu berkomitmen untuk melakukan perbaikan secepat mungkin.

“kami segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut dapat segera berfungsi normal. Telkom berkomitmen untuk memberikan akses konektivitas terbaik di seluruh Indonesia, guna memberikan pengalaman digital terbaik bagi seluruh pelanggan,” paparnya.

Diberitakan sebelumnya, banyak pelanggan layanan fixed broadband Indihome dan mobile broadband Telkomsel mengeluh internet mereka lemot sejak Minggu (19/9). Bahkan Indihome dan Telkomsel hingga siang ini masih jadi trending topic di media sosial Twitter.

Telkomsel, dalam keterangan terpisah, dikutip Senin, menyatakan gangguan terjadi di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua. Gangguan hanya berakibat pada layanan internet, sementara layanan telepon dan SMS masih berfungsi normal.

“Kami menyampaikan permohonan maaf atas hal ini, dan kami mengapresiasi kesetiaan pelanggan yang selalu mempercayakan solusi kebutuhan layanan telekomunikasi kepada Telkomsel. Kami akan segara menginformasikan proses pemulihan layanan tersebut secara berkala,” kata Wakil Direktur Komunikasi Perusahaan Telkomsel, Denny Abidin.

Tinggalkan komen