Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Mengeal Resso, Aplikasi Streaming Musik dengan Fitur Unik dari Pembuat TikTok

0 1.844

Melejit dengan aplikasi TikTok tak membuat ByteDance berpuas diri. Perusahaan teknologi asal China tersebut merilis aplikasi lain yang juga punya peluang untuk menjadi besar. Aplikasi tersebut adalah Resso yang menghadirkan layanan streaming musik sebagaimana Spotify dan Joox, namun dengan konsep berbeda.

Diluncurkan pada bulan Maret lalu, Resso diklaim sebagai platform streaming musik sosial pertama di dunia. Platform ini  menawarkan fitur-fitur produk yang unik serta mudah digunakan untuk bersosialisasi, seperti Vibes, Lyric Quotes dan Comments yang memberi pengguna kemampuan untuk terhubung secara instan dengan komunitas yang lebih besar.

Alasan ByteDance sebagai induk TikTok untuk masuk ke industri ini tentu bukan tanpa alasan. Secara global, industri musik bernilai lebih dari 50 miliar USD. Mereka ingin mendapatkan bagian kue yang manis tersebut. Dirilis saat masa pandemi bukan halangan, bahkan bisa dianggap sebagia peluang bagi Resso.

Selama pandemi Covid-19, industri musik adalah salah satu sektor yang paling terkena dampak. Resso, sebagai platform streaming musik sosial pertama di dunia, telah meluncurkan beberapa inisiatif untuk mendukung para musisi agar tetap terhubung dengan penggemar mereka.

Baca juga: 5 Jenis Musik Ini Mampu Atasi Stres  dan Tingkatkan Fokus Bekerja

Inisiatif Resso di Masa Pandemi

Resso aplikasi musikDengan terdampaknya pertunjukan langsung dan penjualan fisik, hal ini membuat membuat streaming semakin penting di industri musik. Sebuah survei dari McKinsey menunjukkan di mana 37% konsumen membelanjakan lebih banyak untuk hal-hal seperti hiburan. Streaming online juga memperoleh pertumbuhan 9% selama masa pandemi ini dan 74% konsumen berencana untuk melanjutkan perilaku tersebut.

Sejumlah Musisi terkenal Indonesia termasuk Rahmania Astrini, Mira Jasmine, Monica Karina, dan lainnya bergabung dalam sesi tanya jawab langsung (Live Q&A) melalui aplikasi Resso untuk tetap terhubung dengan penggemar mereka.

Christo Putra, Head of Music Resso Indonesia menjelaskan, masa pandemi ini telah menciptakan peluang bagi musisi untuk tetap terhubung langsung dengan penggemar mereka, meski terbatas jarak. “Melalui inisiatif kami, Resso ingin memberdayakan musisi untuk memiliki platform untuk mengekspresikan kreativitas dan terus melibatkan penggemar mereka melalui musik, terutama selama masa yang penuh tantangan ini,” ujar Christo.

Belum lama ini Resso meluncurkan sesi Q&A melalui aplikasinya di mana penggemar dapat berinteraksi langsung dengan musisi favorit melalui kolom komentar di lagu mereka. Beberapa musisi telah bergabung dalam kegiatan ini.

Selain sesi Q&A, Resso sebelumnya mengadakan kegiatan #DiRumahBarengResso. Ini merupakan sesi take-over akun Instagram resmi Resso (@ressoidn) untuk menghibur para pengguna dengan berbagai musisi, seperti Raisa, Andien, Isyana Sarasvati, Eva Celia, The Panturas, Teddy Adhitya, dan Laze. Setiap sesi merupakan memiliki keunikan tersendiri dan tanpa filter, mengungkapkan sisi artis yang banyak penggemar belum pernah mengetahui sebelumnya. Dan seperti penggemarnya, para musisi juga menjadikan kesempatan ini untuk tetap positif dan memiliki harapan tinggi.

Fitur Aplikasi Resso

ressoPlatform musik ini menghadirkan fitur-fitur sosial yang eksklusif serta mudah digunakan. Resso memberikan ruang kepada pengguna untuk dapat terhubung secara instan ke komunitas yang lebih besar. Beberapa fitur yang ditawarkan antara lain:

-‘Vibes’ memberikan kebebasan kepada pengguna untuk mengekspresikan dirinya secara unik dengan membuat video, gif, atau gambar berdasarkan lagu yang dapat dibagikan bersama dengan liriknya.
– ‘Comment’ pun dapat digunakan para penikmat musik dengan selera yang sama untuk saling terhubung dan berinteraksi satu sama lain.
– ‘Lyric Quotes’ menjadi fitur yang mempermudah pengguna dalam memilih dan membagikan lirik favorit yang menggambarkan suasana hati.

Aplikasi Resso menyasar generasi Z dan millenial, sebab menurut mereka musik tidak lagi dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari kedua generasi ini. Melalui aplikasinya, Resso juga menyebut ingin mendorong penikmat musik untuk mengekspresikan diri melalui cara interaktif.

Bagi yang ingin mencoba aplikasi musik baru ini, bisa langsung mengunduhnya secara gratis baik untuk perangkat Android maupun iOS. Namun untuk menikmati fitur lebgkap seperti download dan unlimited skips, serta audio berkualitas tinggi, pengguna harus berlangganan paket premium bulanan seharga Rp49.000 untuk Android dan Rp59.000 untuk iOS. Bagaimana, tertarik Gizmo friends?