Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

5 Jenis Musik Ini Mampu Atasi Stres & Tingkatkan Fokus Bekerja

0 3.162

Sudah berapa bulan nih, Gizmo friends bekerja dari rumah? Meski sebentar lagi era new normal atau tatanan baru akan segera dimulai, beberapa perusahaan masih menerapkan sistem work from home hingga beberapa waktu mendatang, terutama jika memang masih dimungkinkan untuk tidak bertatap langsung di kantor. Dengan begitu, sumber hiburan untuk mereka yang WFH lebih terbatas.

Begitu pula dengan masyarakat yang harus mulai untuk menggunakan transportasi umum saat new normal sudah dimulai. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan serta menjaga jarak (physical distancing), hal tersebut dapat berikan rasa cemas bagi mereka, terutama kecemasan akan tertularnya virus Covid-19 di ruang publik. Hal tersebut juga dapat menurunkan kemampuan fokus saat bekerja.

Baca juga: OPPO A92 Resmi Dijual di Indonesia, Gantikan Seri A9 (2020)

Musik Dapat Menangkan Pikiran Selama Masa Pandemi

OPPO Enco W11Mereka perlu untuk dapat menenangkan pikiran selama masa pandemi, agar dapat melakukan kegiatan sehari-hari termasuk bekerja secara optimal. Salah satu yang paling mudah adalah dengan mendengarkan musik. Menurut seorang music therapist, Raymond Leone, aktivitas mendengarkan musik cukup efektif untuk mengurangi kecemasan terutama saat menghadapi masa sulit, seperti pandemi yang sedang berlangsung saat ini. Musik juga dapat meningkatkan produktivitas saat bekerja pada seseorang.

Musik dapat bekerja untuk melupakan sejenak kejadian yang terjadi saat ini, juga dapat merelaksasi pikiran untuk menaikkan mood saat bekerja maupun belajar. Berikut adalah lima jenis musik yang cocok untuk didengarkan ketika bekerja atau saat santai di rumah, dikutip dari lifehack.org:

  • Bass Heavy: musik dengan alunan bass berat seperti We Will Rock You dari Queen, dapat membuat kamu lebih semangat bekerja. Musik ini disarankan untuk didengarkan sebelum mengerjakan tugas atau selama istirahat.
  • Constant: musik ambient tanpa lirik ini direkomendasikan untuk fokus bekerja atau belajar. Miliki ritme yang konstan dan tidak rumit, jenis ini dapat membantu untuk merampungkan pekerjaan dengan lebih baik.
  • Klasik: untuk pekerjaan yang sangat menegangkan, musik klasik dapat mengendurkan saraf dan meningkatkan suasana hati, memungkinkan kamu untuk berkonsentrasi dan miliki etos kerja lebih baik.
  • Mozart: dapat diputar untuk meningkatkan pembelajaran dan memori keterampilan. Mozart dinilai cocok untuk didengar ketika memiliki tugas atau pekerjaan yang melibatkan banyak pemikiran dan ingatan.
  • Pop: merupakan genre musik yang paling banyak dipilih oleh orang-orang yang bekerja memeriksa dokumen, karena dapat menurunkan tingkat kesalahan hingga 14%.

Tinggal pilih saja mana jenis musik yang lebih cocok untuk Gizmo friends dengarkan sehari-hari. Tentunya akan lebih maksimal jika dipadukan dengan smartphone yang dapat berikan pengalaman audio terbaik. Salah satunya adalah OPPO A92, yang miliki Dual Stereo Speaker dengan fitur Dirac 2.0, bisa berikan efek suara nyaman bagi telinga.

Smartphone tersebut juga dilengkapi mode layar hitam, sehingga dapat menghemat baterai ketika penggunanya memutar lagu yang ada di YouTube. Sebagai alternatif agar tidak mengganggu teman kerja di kantor, OPPO juga sediakan beberapa seri earphone TWS seperti OPPO Enco M31, W31 dan yang terbaru, OPPO Enco W11.