alexa

Rumah Oksigen Gotong Royong Resmi Dibuka, Bisa Dipesan Lewat Halodoc

Jakarta, Gizmologi – Hingga awal Agustus 2021, kurva COVID-19 di Indonesia tak kunjung melandai. Jumlah kasus masih konsisten tinggi tiap harinya, dan tentu lebih banyak pasien yang memerlukan tempat untuk dirawat. Untuk itu, Rumah Oksigen Gotong Royong (ROGR) didirikan secara gratis untuk masyarakat.

Berlokasi di Pulo Gadung, Jakarta Timur, fasilitas kesehatan semi permanen ini diinisiasi oleh GoTo Group, Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, PT Aneka Gas Industri Tbk (Samator Group), Master Steel, Tripatra, Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) dan Halodoc. Sebagai bentuk gotong royonh berbagai pihak untuk hadapi tantangan pandemi COVID-19.

Meski baru diresmikan pada 4 Agustus, sejatinya Rumah Oksigen Gotong Royong sudah mulai dapat menerima pasien COVID-19 sejak 2 Agustus kemarin. Waktu tersebut sudah sesuai target yang disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo, di mana pada awal Agustus, fasilitas kesehatan ini bakal bisa menerima sekitar 500 pasien COVID-19 secara bersamaan.

Baca juga: Google Sumbang Rp14,5 M Buat Penanganan COVID-19 di Indonesia

Khusus Untuk Pasien COVID-19 Bergejala Ringan

Rumah Oksigen Gotong Royong

Operasional dari Rumah Oksigen Gotong Royong bakal dikelola oleh tenaga kesehatan berpengalaman dari RSDC Wisma Atlet, yang merupakan kolaborasi dari TNI, POLRI, IDI dan relawan Kementerian Kesehatan RI. Kapasitas sekitar 500 tempat tidur tersebar dalam empat unit perawatan berbeda, dengan oksigen yang mengalir langsung dari Pabrik PT Aneka Gas Industri Tbk.

Melalui pipanisasi, sebanyak 350 – 400 liter oksigen bakal disalurkan kepada seluruh pasien tiap jamnya. Dalam tahap awal, yang beroperasi baru sebatas dua unit terlebih dahulu. Lantas seperti apa kondisi pasien yang bisa memanfaatkan fasilitas kesehatan gratis Rumah Oksigen Gotong Royong ini?

Dalam sebuah keterangan resmi, Rumah Oksigen Gotong Royong bisa dimanfaatkan oleh WNI yang positif atau terpapar COVID-19 dengan gejala ringan, memiliki saturasi sama dengan atau di atas 90%, serta tidak memiliki komorbid atau komorbid terkontrol. Fasilitas yang disediakan untuk pasien nantinya tergolong lengkap.

Mulai dari tenaga medis dan apoteker 24 jam, poli umum, ruang gizi, rumah isolasi, mini high care unit (HCU) sampai Instalasi Gawat Darurat (IGD). Juga termasuk fasilitas makanan bergizi 3 kali dalam sehari.

Andre Soelistyo, CEO GoTo berharap ROGR bisa membantu mengatasi kendala krisis oksigen medis. Para pasien dengan gejala ringan dan tanpa komorbid bisa dengan mudah mendapatkan perawatan dan akses kepada oksigen medis yang akan mengalir langsung dari Pabrik Samator selama 24 jam penuh. “Kami juga bersyukur atas dukungan berbagai pihak di sektor swasta terhadap Rumah Oksigen, sehingga dengan gotong royong kita semua bisa mewujudkan fasilitas kesehatan ini dalam waktu singkat,” ujar Andre.

Tempat Tidur Rumah Oksigen Gotong Royong Bisa Dipesan Lewat Halodoc

Rumah Oksigen Gotong Royong

Ada dua cara untuk memesan tempat di fasilitas kesehatan Ruang Oksigen Gotong Royong. Selain melalui rujukan dari fasilitas kesehatan, juga bisa secara mudah lewat aplikasi Halodoc. Di mana pengguna dapat mengecek ketersediaan tempat tidur dan memilih waktu kedatangan.

Bila berhasil dikonfirmasi, pasien tinggal datang ke Rumah Oksigen Gotong Royong sesuai jadwal dengan membawa hasil PCR/swab antigen, yang kemudian diverifikasi bersama data pribadi lainnya. Bila tidak memenuhi syarat, maka akan dirujuk ke rumah sakit sesuai kriteria gejala.

Jonathan Sudharta, CEO & co-founder Halodoc mengatakan, kemudahan yang diberikan lewat aplikasi diharapkan membuat masyarakat bisa lebih mudah mendapatkan akses oksigen medis yang dibutuhkan. Dengan keadaan lebih konsusif karena tak perlu antre di lokasi.

“Lewat aplikasi Halodoc, masyarakat juga bisa dengan mudah mengetahui ketersediaan tempat tidur, karena data ketersediaan akan di-update delapan kali sehari,” tutup Jonathan. Di kawasan ROGR, pasien wajib menjaga kebersihan dan menerapkan 5M demi kebaikan seluruh pihak.

[A4] Alur Rumah Oksigen Gotong Royong
Infografik Alur Rumah Oksigen Gotong Royong
Tinggalkan komen